JCF 2010 : Food Blogger's Dinner

Beberapa bulan lalu tepatnya Desember, saya mendapat undangan untuk mengikuti Food Blogger’s Dinner di Pop Up Resto & Lounge, 5th floor, Grand Indonesia. Acara ini merupakan salah satu rangkaian Jakarta Culinary Festival 2010. Senang banget bisa kumpul bareng semua food blogger yang notabenenya emang doyan makan dan doyan mengabadikan a.k.a motion makanan hehehe…

Selain ada talkshow tentang food photography, portal goorme.com dan demo membuat sushi, acara yang paling ditunggu oleh semua blogger adalah Food Dinner-lah! Waktu pertama kali dapet udangannya aja saya mau pingsan, bener-bener amazed bakalan dinner bareng food blogger, eh pasti dikasih tau akan tasting 7 menu dari chef-chef terpilih-nya JCF 2011, saya bukannya mau pingsan lagi, mau terbaanggg….subhanallaah *mata melotot *mulai ngeces #lebay ahahaha…

That’s a lifetime experience banget bisa nyobain 7 menu yang super luxurious dan heavenly delicious. Sebelum dinner, semua undangan duduk di meja panjang dengan semua peralatan perang…halah…peralatan makan nan segudang…gilaaa males banget deh makan aja rempong hihihi…untungnya mas-mas pelayannya baik ngajarin cara makan gaya bangsawan itu. Dan saya baru tahu susunannya itu di mulai dari garpu terluar. Ya ya ya, table manner saya kudu diasah ini kayaknya. Setelah itu datanglah bergantian makanannya. 
 


Makanan pembukanya adalah Balinese Chicken Salad with Coconut Vegetable and Sambal Matah by Fahmi Widarte - Corporate of Rotaryana Prima. Pertama kali masuk mulut yang muncul di otak saya adalah ‘ini urap atau salad’ (maaf sense makanan mahal saya lagi gak jalan hehehe) tapi benar ini mirip banget urap rasanya. Pedas, tekstur kelapanya sangat pekat bercampur dengan bau kunyit yang anyir setelah ditelan.

Makanan pembuka kedua adalah Braised Wagyu Cheek in Sweet Miso by Hugo Adrian - Executive Chef of Blowfish Kitchen & Bar. You know this is what I said the luxurious food! This food was great! Daging wagyu-nya empuuuuuuuukkk naujubillah deh! Seperti mengunyah daging ayam aja. Rasanya perpaduan manisnya kecap dan sedikit bumbu grilled. Lobak putihnya pun sangat lembut dengan rasa manis di lidah dan sedikit asin saat meluncur di tenggorokan. Pas banget rasanya!
 

Meluncur ke menu pembuka ketiga, kami disuguhkan Authentic Sultan's Tomato Cream Soup by Agus Ishermawan - Head Chef of Ismaya Group. Oke kali ini saya bilang ‘maaf’ untuk makanan ini. Saya tahu ini mahal tapi lidah nggak bisa bohong #korbaniklan. Tekstur krim tomatnya terlalu pekat dan rasanya pun sangat asam. Tambahan Foie Grass-nya lebih membuat perut saya mual. Mungkin kalau ada sedikit rasa gurih akan lebih netral di lidah. 

Setelah hampir ingin muntah gara-gara sup krim tomat (teman saya juga banyak yang merasa mual ahahaha) tadi, perut saya sedikit terobati dengan hidangan main course pertama, Red Shell Pasta with Duck Ragout, Pine Nut and Rocket Salad by Gianfranco Beltrame - Italian Chef De Cuisine at Casa D'Oro, Hotel Indonesia Kempinski. Pastanya kenyal, sausnya cenderung seperi campuran carbonara cuma terlalu pekat. Manis dan sedikit asam pas masuk tenggorokan. Pine nut-nya menjadi penetral rasa asam sausnya, karena cukup renyah dan gurih. 

Main course kedua yaitu Chilean Sea Bass by Sofyan Joshua - Technical Culinary Chef of Sukanda Djaya. I couldn’t say it in words, this dishes was great. A heavenly fish with a glorious taste!
 

Next main course is Short Rib, Truffle Demi Glaze, Charcoal Oil, Glazed Carrots, Potato Hot Foam and Nuts Fake Cous Cous by Ignacio Virgen Jimenez - Chef De Cuisine of Potato Head. Saya tahu tidak ada yang lebih heavenly selain nyobain daging rib yang super kenyal! Dagingnya super lembut dengan saus truffle yang sedikit berbau bakaran dan saus kentang yang pekat. Entah kenapa yang paling menarik buat saya itu adalah Glazed Carrotsnya, super manis, empuk, kayak makan permen aja rasa wortelnya!
 

The last is the dessert, Green Tea Cake Ala Tropicale by Rinrin Marinka - Artistic Chef. Cake ini benar-benar pengobat perut saya setelah dijejali dengan 6 makanan dengan beragam rasa yang mengocok perut saya hehehe. Lembut, green tea-nya terasa pahit saat gigitan pertama, tapi pas dikunyah rasa manisnya langsung memenuhi mulu saya. Yummmmmmmmmyyy!!! What a  heavenly cake

Ini dia para food blogger setelah kenyang hehehe!

 
 
 
Setelah puas makan, semua undangan boleh memesan minuman yang disediakan diantaranya Red Wine, White Wine, Lychee Martini, atau Mineral Water. White Wine was really completes my day that night! Dan semua food blogger pun saling bertukar blog, kartu nama dan foto bersama. What a great night! Great dinner! Thanks for Goorme.com. Wish I get the same invitation in JCF 2011 hehehe. Amin

1 comment