Sate Maranggi & Es Kelapa Muda Cibungur

Selasa, 16 November 2010

Kalau misalnya kalian sedang berpelesir ke daerah Jawa Barat dan melewati daerah Purwakarta, jangan lupa mampir ke the hottest sate in town "SATE MARANGGI CIBUNGUR". Minggu lalu saya berkesempatan mampir ke tempat yang heboh banget di omongin ibu saya ini. Katanya sate maranggi dan es kelapanya T.O.P B.G.T deh! 

Akhirnya setelah perjalanan panjang dari Subang, setelah menghadiri pernikahan sahabat saya, saya dan keluarga mampir kesini. Ternyata tempatnya luas banget, dari jauh asep udah ngepul kemana-mana. Walaupun lokasinya di pinggir jalan, tapi tempatnya lumayan nyaman buat makan, karena mejanya besar-besar gitu. 




Ini suasana kedai satenya...gede bangeettt..parkirnya juga luas lho!




Langsung pas kami datang, segelas es kelapa segar langsung disajikan di gelas melamin. Es kelapanya suegeeeeerrr banget! Manisnya pas…sumpah deh baru kali ini saya minum es kelapa dengan rasa yang enaak banget, manisnya bener-bener ga berlebihan, ga juga hambar karena rasa air kelapanya.


Lalu, kami memesan sate maranggi kambing dan sapi. Uniknya sate ini adalah dari tekstur dagingnya. Kalo sate pada umumnya Cuma berupa irisan daging kambing atau sapi tapi kalo sate ini merupakan adonan daging kambing atau sapi yang sebelumnya di kasih bumbu-bumbu khas sate maranggi. Lalu, disajikan dengan sambel tomat yang pedasnya juga bisa diminta dan nasi putih yang dibungkus daun pisang. Disini nggak ada istilah bumbu kacang seperti pada sate biasa, karena bumbunya sudah tercampur di adonan. Dan ternyata bener kata ibu saya, pas saya coba, rasa satenya mantaaaappp...dagingnya halus banget plus sambelnya pedasnya pas dilidah...saya ampe mesen 3 porsi isi 15 tusuk lho! ahahaha....sekali-kali deh secara jarang-jarang mampir ke Purwakarta.



Ada juga sop kaki sapi yang super gurih kuahnya…




Selain, sate maranggi ini ada juga booth makanan ringan lho, kayak rujak, gorengan, gado-gado dan yang paling terkenal adalah combro maranggi. Wah, maav saya lupa memotretnya. Yang jelas combro disini enak banget, sampai-sampai ibu saya dulu pas ngidam adik keempat saya bela-belain kesini demi beli combro hahaha….


Untuk harga jangan ditanya, harganya murah dan standar harga sate pada umumnya, kok. Seporsi sate maranggi kambing atau sapi isi 10 tusuk dihargai Rp15.000, nasi putih Rp4.000, Sop sapi Rp12.000 dan es kelapanya segelas Cuma Rp10.000. Oya, es kelapanya ini untuk per orangnya satu kelapa lho, jadi wajar harganya sepuluh ribu… puas deh…



Pokoknya, buat kamu yang suka pulang kampung atau sedang bepergian ke daerah Purwakarta, jangan lupa mampir kesini ya. Nyesel kalo nggak mampir deh!

No comments