Soto Ngawi Karsito

Minggu ini saya dan teman-teman kuliah saya berkesempatan mengunjungi Depok lagi sambil mengikuti launching buku di UI, nih! Sudah lama banget nggak muter-muter cari tempat makan di Depok. Dulu sih jaman masih kuliah sering banget main kesini, sekarang jadi bingung karena makin banyak aja tempat makan baru. Nah, salah satu tempat makan yang saya dan teman-teman kunjungi kali ini namanya Soto Ngawi Karsito. Ini rumah makan udah lumayan lama ada disini. Dulu saya pernah sih mencoba sekali, cuma sudah lupa seperti apa makanannya. Nah karena penasaran akhirnya saya kesini lagi soalnya rumah makan ini nggak pernah sepi pengunjung sih.


Memasuki rumah makan ini kita akan diingatkan dengan suasana khas Jawa Timur, dengan interior serba kayu dan ukiran-ikiran dindiing mirip dengan keraton Solo. Di sudut ruangan bisa terlihat ada gerobak sate khas Jawa Timur yang antik banget. Ruangan makannya terbagi dua, ada area dengan meja dan kursi dan area lesehan. Kapasitas rumah makan ini mampu menampung 80 orang paling maksimal. Agak sedikit panas sih karena hanya dilengkapi kipas angin besar saja. Tapi cukup nyaman kok.



Untuk masalah makanan, rumah makan ini menyajikan menu khas Indonesia especially khas Jawa Timur. Mulai dari aneka soto Ngawi, gulai, tengkleng, sate, dan ada juga menu standar seperti gorengan dan aneka nasi goreng.  Kami pun langsung memesan menu andalan di rumah makan ini soto Ngawi, tengkleng, gulai dan sate ayam. Here it is our menus:

Soto Ngawi Sapi – 11 ribu

Disini ada dua jenis daging untuk soto Ngawi, sapi dan ayam. Dari presentasinya aja saya udah takjub banget pas pertama kali liat soto ini. Penuh banget isinya. Pas saya aduk-aduk ternyata isinya ada bihun, kentang, potongan tomat, daging, kecambah tauge, dan yang seru ada kacang sangrainya. Kuahnya gurih banget dan sedikit kental dengan rasa lada dan pala.


Tengkleng Kikil – 15 ribu

Si masakan asli Solo ini terkenalnya karena mirip gulai tapi bedanya kalo tengkleng biasanya isinya bukan daging, tapi tulang yang masih ada dagingnya. Nah, disini ada varian tengkleng yang isinya kikil juga. Presentasinya mirip sama soto Betawi, warna kuahnya agak kuning kecoklatan gitu tapi pas dimakan, wuih rasanya mantab, campuran manis dan pedas gitu. Isinya si tengkleng ini ada kikil, irisan tomat hijau, kol, dan cabe rawit.


Gulai Sapi – 14 ribu

Makanan khas Indonesia yang terkenal karena warna khasnya kuning yang berasal dari kunyit ini juga disajikan cukup enak disini. Namun sayangnya kuahnya terlalu encer, jadinya malah seperti soto. Biasanya kalau santannya banyak, gulai itu pasti pekat teksturnya. Tapi so far enak, kuahnya gurih dan aroma khas rempah-rempah Indonesianya – kunyit, jahe, pala terutama – terasa banget. Daging sapinya pun empuk sekali.


Sate Ayam – 16 ribu

Naahh ini baru namanya masakan Indonesia. Sumpah ya ini jujur bukan opini saya aja tapi teman-teman saya pun bilang ini sate JUARA BANGET! Tau apa yang bikin juara? Bumbu kacangnya! Bumbunya kental, pekat dan berasaaa banget kacangnya. Baru kali ini deh saya nemuin sate dengan bumbu kavang yang asli, biasanya mah bumbu kacang yang agak encer dan rasa kacangnya nggak terlalu terasa. Jadinya bumbunya mirip bumbu kacang gado-gado yang masih belum ditumbuk lho hihihi. Dagingnya pun full daging ayam, nggak ada tuh sisipan kikil atau tetelan kayak di tukang sate pinggir jalan. Mantab!


Fanta Susu, Es Teh dan Es Jeruk – 3 & 6 ribu

Minuman yang seru buat ngelengkapin makan siang kami. Fanta susunya seger deh!


Untuk masalah harga,  disini very reasonable and cheap! Aneka soto Ngawi dibanderol  Rp10000 untuk ayam dan Rp11000 untuk sapi. Aneka tengkleng dibanderol Rp15000, Gulai Sapi dan Ayam Rp14000, Sate Ayam dan Kambing Rp16000, aneka nasi goreng Rp10000 – 14000. Untuk cemilan seperti gorengan, empek-empek, tahu goreng dibanderol Rp2000 – 7000 sedangkan untuk minuman seperti es teh manis, soft drink, kopi hanya Rp2000 – Rp7000.

Jam operasi rumah makan ini dari jam 10.00 – 22.00 WIB. Parkiran agak sempit karena halamannya di pinggir jalan, tapi kamu bisa parkir paralel sih di pinggir jalan. So, buat kamu yang suka makanan khas Indonesia langsung saja meluncur ke daerah Depok, tepatnya di Jalan Margonda No. 404, tepatnya diseberang Universitas Gunadarma, Depok. 

Soto Ngawi Karsito

Jl. Margonda No. 404
Depok

0 komentar:

Post a Comment

 
  • Eating Until Die © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes
    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...