Namindeu, Hidangan Seru Khas Makassar

Kali ini saya jalan-jalan ke daerah Kota Wisata Cibubur nih. Kebetulan banget teman saya ngajak makan di salah satu tempat makan enak di daerah Fresh Market Kota Wisata, Cibubur. Nama tempat makannya Namindeu. Sepintas namanya mirip nama khas Sunda sih, tapi tempat makan ini menyajikan masakan khas Makassar ternyata.



Saya datang kesini di malam hari setelah hujan besar. Pas memasuki resto kecil ini saya terheran-heran kok sepi banget ya, apa karena habis hujan besat. Soalnya teman saya juga bilang biasanya disini rame banget sampai duduk aja susah. Memasuki tempat ini saya tambah aneh lagi karena ternyata tempat ini digabung dengan toko aksesoris dan stationery dan toko kue. Jadi, meja dan kursi makannya hanya ada di sisi sebelah kanan pintu. Sedangkan sisi kirinya ada lemari kue dan lemari berisi beragam stationery.

 Yang lebih unik lagi resto ini dapurnya terpisah ada di lantai dua ruko. Jadinya, kalau nggak niat lihat dapurnya nggak akan percaya deh kalau ini tempat makan hehehe...

Berhubung ini makanana khas Makassar dan saya sudah sering nyobain Coto Makassar ataupun Sop Konro, kali ini saya memesan Mie Titie yang juga jadi recommended dishes disini. Here it is:

chopstickMie Titie.


Sepintas mie ini mengingatkan saya pada Ifumie. Memang iya sih hanya bedanya kuahnya nggak kental dan mienya pun di cacah gak dalam bentuk gumpalan. Untuk isinya mie Titie ini dilengkapi dengan baso, udang, cumi, telur orak-arik, sawi hijau, dan daging ayam. Hmmm, kuahnya gurih bangeet, mienya pun krenyes-krenyes dan nggak keras. Enak banget nggak kalah sama Ifumie!

Berhubung penasaran juga sama Coto Makassarrnya akhirnya saya memesannya juga hehehe...here it is

chopstickCoto Makassar Namindeu


Sayangnya, buat saya soto ini seperti kurang garam dan merica. Jadinya kuahnya nggak terlalu gurih dan sedikit hambar. Padahal isinya lengkap daging sapi, paru dan jantung. Dagingnya pun empuk semua. Satu yang bisa menyelamatkan cotto ini hanya tambahan sambal dan garam yang banyak sih.


Untuk dessertnya, saya nyobain kue khas Makassar.

chopstickBarongko.




Kue ini terbuat dari telur, gula, pisang dan santan kemudian dikukus dan dibungkus daun pisang. Mirip dengan kue pisang khas Sunda. Eits, tapi ini beda karena kue ini nggak ada pisang sebagai isinya. Semua bahan dicampur jadi satu dan menghasilkan adonan lembut yang kaya akan rasa pisang. Kue ini disajikan dingin jadinya pas dimakan lembut-lembut dingin gitu. Seru!

Selain menu di atas ada juga Sop Konro, Konro Bakar, dan aneka Nasi Goreng. Sedangkan minumannya yang khas ada Es Palubutung dan Es Pisang Ijo. Untuk harga jangan panik, disini murah banget kok dibandingkan resto khas Makassar pada umumnya yang udah ternama. Makanan start from 15 - 25 ribu, minuman 2 - 15 ribu, dan dessertnya seperti Barongko, Buras, Emping hanya 2 - 3 ribu saja.

Opini:

Buat saya makan disini seperti makan di rumah sendiri soalnya tempatnya kecil, bangku-bangkunya juga terbatas. Makanya harus buru-buru kesini menjelang jam maka malam. Soalnya pasti penuh banget. Bener aja pas saya datang sepi, eh gak lama tempat ini jadi rame banget! Makanan dan harganya pun sesuai. Pelayanannya pun ramah dan cepat.

Recommended Dish(es):Mie Titie
Spending: Approximately IDR 20000 (Dinner)

Namindeu

Fresh Market Kota Wisata Cibubur
Jakarta Timur

2 comments

  1. wah asik juga nih bisa makan enak, murah, dan dapet pengalaman makan makanan khas Indonesia. :D

    ReplyDelete
  2. hai shiva,,thanks for visiting...iya luamyan nih makan disini, Mie Titinya aja yg enak, coto makassarnya so so deh...salam kenal...

    ReplyDelete