Kedai Ramen Ling Ling


Setiap pecinta makanan Jepang pasti sudah hapal seperti apa rasanya ramen. Mie khas Jepang ini semakin banyak dijual bahkan sampai ke kelas kedai kaki lima yang rasanya tak kalah dengan restoran Jepang kelas atas. Mampir ke daerah Cihampelas, Bandung minggu kemarin, saya berkesempatan mengunjungi Kedai Ramen Ling Ling yang terkenal banget dengan ramen dan mango dessertnya. Saya penasaran dating kesini karena kata banyak orang, kedai ini walaupun di pinggir jalan tapi antrian pembelinya nggak ketulungan.

Kedai Ramen Ling Ling ini terletak di depan sebuah toko cemilan khas Bandung (saya lupa namanya) sederetan dengan Sapulidi resto, tapi nggak akan susah kok nyarinya soalnya kedai berwarna merah ini kelihatan dari pinggir jalan. Uniknya, kedai ini tidak memiliki lokasi khusus untuk pengunjung duduk, mereka hanya menyediakan meja dan kursi plastic yang diletakkan di depan kedainya, jadi kamu akan merasakan sensai makan beratapkan langit-langit. Yang repot kalau hujan harus makan di emperan depan toko cemilan.


Kerepotan masalah duduk bukanlah hal yang penting bagi penggemar ramen Ling Ling ini, buktinya kedai ini nggak pernah sepi sepanjang saya mengantri pesanan saya dating. Si kedai bergambar gadis Chinese berkepang memakai topi koki ini menyajikan tiga macam menu yaitu appetizer, main dish, dan dessert. Untuk appetizer mereka punya Takoyaki, Okonomiyaki, dan Kuro Takoyakii. Sedangkan main dish-nya terdiri dari Hot and Spicy Shoyu Ramen, Katsu Ramen, Spcial KLL Ramen, Tako Ramen, Chicken Katsu, Japanese Curry with Rice, Tempura Udon, Kare Udon, dan masih banyak lagi. Untuk dessertnya, mereka memanjakan lidah pecinta masakan Jepang dengan aneka fruit dessert. Jangan keliru, dessert disini dispesialkan sama mereka berupa jus buah yang disajikan dengan jelly dan agar-agar warna-warni tersedia mulai dari mango, vanilla, lychee, banan rose, strawberry, blackberry, dan wildberry. Ada juga es kriuk, mochi ice cream, dan aneka minuman lainnya.

Berhubung penasaran sama ramennya, saya pun mencicipi Special KLL Ramen. Gak tau kenapa dinamakan KLL ya. Lucu aja namanya. Seporsi ramen ini hanya disajikan dengan kuah pedas. Isinya terdiri dari kuah telur pedas dengan miso, ayam cincang pedas, telur, baso, chikua, naruto dan sayuran. Kuahnya kurang pekat buat saya untungnya rasa soyunya begitu terasa dan gurih, tapi pas dicampur dengan bumbu ayam cincang pedasnya, lidah saya langsung terbakar. Pedesnya gak nahaaan! Tekstur mie ramennya sendiri cukup lunak standar seperti ramen pada umumnya. Cuma saja karena pedesnya yang nggak nahan, saya sampai nggak bisa menikmati nikmatnya ramen ini, soalnya sibuk ngipasin mulut hehe...


Selain ramen, saya juga mencicipi Katsu Kare, Seporsi Katsu Kare terdiri dari nasi, chicken katsu dan kari Jepang isi ayam, kentang, dan wortel. Rasa karenya pedas manis. Pas dilidah. Katsunya standar aja. Cukup enak buat kelas kare kaki lima.


Nah, untuk mengobati lidah saya yang kepedesan, saya akhirnya pesan Thai Green Tea dan Strawberry Dessert. Thai Green Tea-nya lagi-lagi hanya bubuk green tea yang dicampur terlalu banyak gula dan susu, akhirnya malah seperti minum susu dikasih wewangian green tea. 

 

Yang juara emang Strawberry Dessertnya, jus strawberrynya asem-asem seger plus jelly-mya yang manis bikin lidah saya langsung berasa manis dan lupa sama kepedesan yang tadi hehehe…


Untuk soal harga, semua makanan dibanderol cukup murah appetizer mulai dari Rp15.000 – 17.000; main dish Rp18.000 – 25.000; dessert dan minuman Rp7.000 – 15.000. Pelayanannya agak lama sih, soalnya ngantri banget. Tapi pelayannya sigap dan ramah banget.

Ramen Bar Kedai Ling Ling

Jl. Cihampelas No. 101
Bandung

Jl. Geusan Ulun No.1
Sultan Agung (D’loops Distro)
Bandung

6 comments

  1. Wahh kayaknya enak ya. Nggak buka cabang ya di Jakarta hehehhe


    ohmygoodfood.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. wah sepertinya sih ga ada di jakarta,smaunya di bandung hehe...yg enak sih dessertnya menurut gw, klo ramennya selera lidah masing2 kyaknya ya hehehe

    ReplyDelete
  3. "Berhubung penasaran sama ramennya, saya pun mencicipi Special KLL Ramen. Gak tau kenapa dinamakan KLL ya. Lucu aja namanya."

    ---> KLL = Kedai Ling Ling, mbak... (-_-)

    ReplyDelete
  4. @mas anonim..haha gak kepikiran klo KLL itu Kedai Ling Ling..makasi infonyaa

    ReplyDelete
  5. mba mau nanya kedainya itu dekat apa ya? hehe makasih

    ReplyDelete
  6. Hai, kalo yg di Cihampelas si Ling ling ini disebelahnya Tahu Yun Yi, di seberangnya resto Ampera...keliatan kok kedai warna merah gitu

    ReplyDelete