Foodpanda: Breakthrough Online Delivery Food Portal


Suka merasa malas keluar makan siang kalau lagi banyak kerjaan? Atau suka tiba-tiba kelaperan tengah malam dikosan atau rumah? Atau suka kesal dengan layanan delivery dari restorannya itu sendiri? Tenang. Coba deh intip www. foodpanda.co.id yang akan kasih win win solution buat semua permasalahan kamu di atas.  Foodpanda ini merupakan sebuah portal online delivery 24 jam yang siap melayani rasa lapar kamu semua dengan pilihan makanan dari lebih 150 restoran yang menjadi partnernya. Portal online delivery ini juga nggak akan menyusahkan kalian dengan segala kesulitan dalam pemesanan. Apalagi sampai perlu login terlebih dahulu untuk memesan. Tidak. Di Foodpanda semuanya menjadi mudah.
Beberapa hari lalu, saya berkesempatan menjajal delivery service Foodpanda. Caranya cukup mudah kok, hanya dengan masuk ke website www.foodpanda.co.id selanjutnya akan ada tahapan-tahapan yang nggak ribet sama sekali. Untuk lebih jelasnya nih seperti ini:

Masuk ke http://foodpanda.co.id. Tanpa perlu login. Kemudian akan muncul di layar tampilan seperti di bawah ini:


Kemudian masukkan area/lokasi resto yang kamu inginkan di kolom yang bertuliskan 'MASUKKAN AREA'. Misalnya, kamu berkantor di daerah kuningan, maka ketik keyword 'KUNINGAN' kemudian secara otomatis website akan membawamu ke kumpulan resto di sekitaran daerah Kuningan. Tapi jika kamu juga kepingin resto di daerah lain, misalnya daerah Thamrin, cukup lakukan hal yang sama. Kalau sudah nanti  akan keluar tampilan seperti berikut ini: 


Lalu, pilih restoran yang kamu mau pesan. Saya sendiri akhirnya memutuskan memilih Alex's Pizze e Pasta yang berlokasi di Epicentrum Walk karena sangat dekat dengan kantor saya di Menara Imperium. Kalau sudah memilih restonya, kemudian klik 'LIHAT MENU' untuk memilih menu.


Nah, lalu muncullah sederet menu Alex's Pizza e Pasta yang dapat dipilih. Pada tampilan ini juga tertera dengan jelas lokasi resto, jenis makanan, biaya pengiriman, perkiraan waktu pengiriman, dan cara pembayaran. Klik icon (+) jika ingin menambahkan pesanan ke keranjang pesanan.


Jika sudah pasti dengan pilihan kamu, cek kolom sebelah kanan untuk melihat kembali menu yang dipesan beserta jumlah harga yang harus dibayar seperti di bawah ini, kemudian kalau sudah oke klik 'PESAN SEKARANG'.


Selanjutnya akan keluar formulir pengisian data untuk pengiriman pesanan. Isilah selengkapnya agar jelas dimana lokasi kamu berada. Kalau sudah terisi semua, klik lagi 'PESAN SEKARANG.' Setelah itu akan keluar pemberitahuan kalau pesanan kamu sudah di proses dan untuk konfirmasinya kamu akan dikirimkan PASSCODE melalui SMS ke nomor handphone yang kamu isi di formulir tadi. Kalau sudah menerima passcode-nya, masukkan passcode tersebut ke kolom layar yang bertuliskan 'MASUKKAN KODE DISINI'. (maaf lupa foto gambarnya hehehe)


Setelah passcode sudah dimasukkan, selesai deh proses pemesanan makanan. Foodpanda akan mengirim konfrimasi selanjutnya via email seperti di bawah ini:



Nah, setelah itu tinggal tunggu deh pesanan datang. Yang membuat saya sedikit terkejut adalah pihak restonya pun juga ikut mengkonfirmasi pesanan saya melalu telepon lho. Sepertinya mereka menginginkan pelanggan puas dengan konfirmasi pesanan yang sesuai. 30 menit kemudian, pesanan saya datang ke kantor. Hooray! Ternyata datangnya tepat waktu sesuai dengan perkiraan waktu yang tertera di website. Ditambah lagi berhubung sedang promo, saya mendapatkan diskon 12% untuk tiap makanan yang saya pesan. Jadi tambah irit, deh!

Nah, ini dia nih pesanan saya dari Alex's Pizza e Pasta. Pizza Al Salmone dan Penne Con Pollo Al Pesto Genovese. Untungnya porsi pizzanya besar jadi bisa dimakan rame-rame sama teman-teman kantor deh hehehe....

Secara keseluruhan hadirnya Foodpanda ini bisa jadi pilihan yang tepat bagi para foodies yang males jalan buat cari makan. Hanya saja Foodpanda mungkin harus semakin jeli melihat pangsa pasarnya. Kadang tidak semua orang menyukai jasa delivery yang harus membuka website seperti ini terlebih dahulu. Kebanyakan orang lebih memilih memesan langsung ke restorannya. Foodpanda juga ditantang untuk merambah tidak hanya resto-resto yang menyediakan delivery, sebuah tantangan jika Foodpanda berani merambah resto-resto kelas menengah yang kadang tidak mau melayani delivery menjadi tertarik bergabung. Karena ada kecenderungan pecinta resto-resto tersebut juga ingin menyantap masakan mereka tanpa perlu ke tempatnya. Apalagi di awal pembukaan ini Foodpanda baru memiliki rekanan sekitar 143 resto, harus ada kemampuan untuk minimal setiap bulannya daftar resto yang berekanan semakin banyak apalagi di Jakarta resto dan kafe sangat tidak terhitung banyaknya, mungkin bisa ribuan lebih.

Namun setidaknya, langkah awal Foodpanda untuk memudahkan para pecinta makan di Jakarta dan sekitarnya patut diacungi jempol. Kita tunggu saja gebrakan-gebrakan Foodpanda selanjutnya. Semoga semakin memuaskan hasrat para foodies akan resto-resto yang sulit dijangkau juga.

Have you ever tried the Foodpanda's delivery, eatersuntildiee? If any, do not hesitate to share with me. Happy delivery, eatersuntildiee!

1 comment

  1. wah, nice info. jadi gampang nih kalo mau pesan makanan enak.
    thanks for posting, salam kenal :D

    ReplyDelete