A Tavola : A Short Culinary Travel to Italy



"A Place where to gather, taste, and appreciate the original Italian cuisine enjoying the slow food philosophy according to the old Italian life style."

Itulah makna dari sebuah nama resto Italia yang berlokasi di Kemang Selatan Raya, A Tavola. Sepintas saya merasa mernding bacanya seolah resto ini akan benar-benar membawa saya menjelajahi negeri Italia yang terkenal akan kejunya itu. Waktu undangan food testing mendarat di email saya pun, saya langsung melonjak kegirangan soalnya penasaran seperti apa authentic Italian cuisine yang mereka bawa. Terlahir dari curiousity Mr. Davide Lomanto, yang berkebangsaan Roma, untuk memadukan traditional Italian culture dengan original Italian product diketatnya persaingan restoran di Jakarta, A Tavola membawa penikmat masakan Italia mencicipi authentic Italian home cooking dengan home made pasta dan variasi Italian salami dan keju.

Tidak hanya authentic Italian dishes yang kental, tapi juga nuansa resto Italia dicoba dihadirkan pada dekorasi A Tavola yang terlihat very romantic and cozy. Sepintas dari luar resto ini seperti resto semi fine dining, tapi saat memasukinya saya merasa kesan homey langsung merayapi semua indera saya ditambah dengan alunan lagu Italia membuat saya seolah dibawa terbang langsung ke Italia. Walaupun tatanan meja ditata selayaknya resto classic fine dining, A Tavola menghadirkan beberapa perabotan kuno yang merupakan koleksi asli pemiliknya dan beberapa frame serta hasil liputan media di setiap sudut dindingnya plus lampu gantung cantik yang membuat kita seolah tetap berada dirumah sendiri. Hanya saja meskipun A Tavola berpikir menaruh frame sebanyak itu di dinding aga lebih mirip dengan dekorasi kebanyakan resto/kafe di Italia, bagi saya itu sedikit mengganggu pemandangan mata hehehe....Padahal suasana restonya sudah terkesan lux dan classic, tapi frame yang terlalu banyak dan tak beraturan malah membuat resto ini hilang konsep dan berantakan ditambah TV Plasma di tengan-tengah dinding juga...ah sangat disayanngkan lah. 

Meskipun begitu, saya begitu menikmati menit demi menit mencicipi menu yang dihadirkan malam ini, dimulai dari appetizer berupa  Cheese Platter dilanjut dengan Bruschetta Pomodoro & Funghi. Cheese Platter sendiri merupakan menu pembuka yang lazim ada di tiap hidangan orang Italia. Cara makannya itu dari yang paling soft ke yang paling keras. Kalau berdasarkan susunan itu dari keju paling kiri ke keju paling kanan. Dalam satu cheese platter terdiri dari (ki-ka) Bel Paese, Asiago, Mozarella, Grana Padano, dan Gorgonzola dengan pelengkap olive oil, tomat, dan roti. Keju yang mild seperti Bel Paese dan Asiago rasanya memang agak hambar dan cenderung aneh untuk lidah saya yang Indonesia banget ini hehehe....sedangkan Mozarella kalian pasti taulah seperti apa rasanya. Grana padano teksturnya lebih keras dari mozarella dan rasanya cenderung pahit atau bisa dibilang ini keju tua yang biasa dipakai untuk membuat adonan cookies, terakhir Gorgonzola teksturnya cream dan rasanya juga mild dan hambar.

Setelah pembuka yang sedikit mengagetkan lidah saya, Bruschetta Funghi bersalut jamur dan lelehan keju mozarella mengembalikan taste bud saya. Bruschetta Pomodoro yang bersalut potongan tomat dan olive oil lagi-lagi terasa hambar dan biasa saja bagi lidah saya. But overall, I love the bread, it's very crunchy!


Perjalanan singkat ke menu-menu Italia dilanjutkan dengan menyantap Ravioli Di Manzo. Ravioli disini dibuat home made dengan filing pumpkin, ricotta dan beef disajikan dengan tomato sauce. Tekstur raviolinya sendiri cukup lembut namun menurut saya malah terkesan terlalu lembek dan lagi-lagi I'm not into tomato sauce yang tipikal Italian asli, hambar dan lidah saya masih nggak bisa berkompromi hehehe...


Beda dengan Ravioli Di Manzo, Ravioli Con Funghi lebih memiliki 'rasa' buat lidah saya. Apalagi taburan keju mozarella yang begitu banyak membuat cream sauce, jamur, dan keju menjadi satu rasa asin dan gurih yang membuat saya ketagihan. 



Masuk ke main course, saya memilih Tagliata di Manzo. 200 gr New Zealand sirloin beef yang dipotong tipis-tipis disajikan dengan potongan jamur beserta creamy mushroom sauce, mozarella cheese dan sayuran. I love the topping so much. Keju mozarella dan mushroom sauce-nya meleleh di mullut saya. It's soooo heaven! Sayangnya, daging yang dimasak medium-well ini kok terasa alot yah, sampai susah memotong dan menggigitnya...saya sedikit bertanya-tanya. Apa yang salah dengan daging ini padahal dimasak medium well.


Huah, rasanya perut saya sudah terisi penuh, tapi pas makanan terakhir berupa cake saya nggak pernah nolak hehehe... Booming red velvet ternyata masih hangat disini, A Tavola memiliki Red Velvet Cake yang menurut saya one of the best! Teksturnya sangat moist dengan cream cheese yang tidak terlalu pekat dan topping kacang sangrai di atasnya. Karena kepekatan creamnya cukup baik, saya tidka merasa eneg sama sekali makan kue ini, hanya saja lama-lama kok cream cheesenya kurang terasa cheesy yah, malah after taste-nya seperti makan cake dengan cream kacang hihi...Mungkin A Tavola bisa menambahkan rasa cream cheesenya lebih kuat biar mirip dengan tipikal Red Velvet pada umumnya, atau memang ini ciri khas mereka. No problem. I love both of them anyway!



Overall, I love to have a short Italian culinary journey here. Harga yang dihadirkan A Tavola juga sangat-sangat affordable untuk kelas authentic Italian cuisines. Untuk appetizer seperti insalate, zuppa, antipasti, dan sandwiches di tag dengan range dari Rp18.000 - 65.000. Pizza dan Pasta mulai dari Rp48.000 - 55.000. Main course baik meat, fish, dan chicken bisa dinikmati mulai dari Rp65.000 -75.000 dan dessertnya hanya sekitar Rp25.000 - 34.000. 

Huah, if the cheap Italian food can be found here, why you should go far away to Italia?! It's me, how about you, eaters...do not hesitate to share your Italian culinary journey here...Thanks @atavolakemang dan mas @donnydewanto for the invitation. Really enjoy the fun nite with you and the food! See you soon.




A Tavola Italian Gourmet

Jl. Kemang Selatan Raya No 125
Jakarta Selatan
(021) 71793580
@atavolakemang
atavola.kemang@gmail.com

opening hours
sun - thu : 11.00 - 23.00
fri -sat : 11.00 - 01.00

No comments