Koh e Noor : Icip-Icip Pakistani Food

Masakan negara-negara Middle East memang tidak pernah ada matinya. Selalu saja ada yang berbeda dari tiap masakannya di tiap negara. Kali ini saya mencicipi restoran Koh e Noor yang merupakan Pakistani dan Indian restoran. Restoran ini terletak di lantai dasar Plaza Festival Kuningan disebelah 711. Dari luar restoran ini terkesan sanngat privat karena tertutupi tirai. Pencahayaannya pun redup dengan lampu-lampu hias kuning namun menimbulkan kesan romantis dan hangat. Di dominasi warna merah pada furniturnya, saya bersama teman-teman penasaran ingin mencicipi seperti apa menu ala Pakistan. Masuk ke dalam restorannya, interior berubah menjadi dominasi merah mulai dari sofa hingga napkin-nya. Lampu-lampu hias juga masih menghiasi langit-langit restoran di pinggir-pinggir jendelanya. Beberapa pigura berukir emas juga tampak di beberapa sudut dinding.

Saat saya kesini restoran ini sedang sepi, beruntunglah tidak sampai 1 menit pelayannya memberikan buku menu. Menu yang mereka tawarkan disini rata-rata mirip dengan masakan India hanya ada perpaduan juga dengan menu Pakistan. Sebut saja Chicken Tikka, Briyani Rice, Roti Prata menjadi jualan utama disini. Ada juga beberapa menu Pakistan yang tidka familiar di telinga aya, misalnya Daal, Paneer dan lainnya. Karena penasaran akhirnya saya mencoba beberapa menu Pakistan seperti berikut ini:

Daal Makhni (50K)

Ini berupa lentil (sejenis kacang-kacangan) yang dimasak dengan butter dan special bumbu sindhi masala. Agak rumit memang membaca bahan-bahannya tapi pas disajikan, makanan ini terlihat seperti bubur bayi berwarna kuning. Ewww awalnya saya nggak berani mencobanya, tapi pas dicicpi ini seperti bubur kari saja. Enak, rasa karinya begitu terasa namun nggak terlalu pekat dan ada sedikit remah-remah lentilnya yang sebenarnya sedikit mengganggu tenggorokan saya. 


Paneer Sagwala (55K)

Ini lebih aneh lagi penyajiannya. Hanya disebuah cawan kecil dan tekstur makanannya lagi-lagi seperti bubur bayi. Tapi ternyata ini memang bayam yang diblender bersama keju. Teksturnya lebih lembut dari Daal Makhni dan tidak menimbulkan rasa aneh di tenggorokan. Rasanya sih dominan bayam dengan rasa gurih dan sedikit asin. Tapi buat saya ini nagih banget loh.


Chicken Briyani (70K)

ini sebenarnya sudah sangat biasa buat saya. Nasi Briyani India ini terbuat dari beras basmati dengan ukuran lebih panjang dari beras Indoneisa. Warnanya juga kuning keoranye-an dan biasanya dimasak dengan aroma kari dan disajikan dengan chicken atau lamb. Nasi Briyani yang saya makan ini aroma dan rasa karinya sangat menyengat bahkan hingga kedalam daging ayamnya.


Chicken Tikka Makhanwala (70K)

Menu ini tidak pernah ketinggalan tiap kali saya pesan masakan India. Disini bumbu chicken tikka-nya sangat pekat bahkan sampai bagian kulit daging ayamnya dibuat berwarna merah yang membuat aroma dan rasa campuran kari dan bumbu masala sangat menyengat namun tidak pedas sama sekali.


Untuk dessertnya, saya mencicipi sesuatu yang unik juga. Ini dia:

Gajar Halwah (25K)

Pernah membayangkan wortel dijadikan dessert? Nah jangan heran, menu ala Pakistan ini berupa wortel yang diparut kemudian dicampur dengan susu cair, jadilah si Gajar Halwah ini. Enak banget! Tekstur wortelnya sudah sangat halus dan menjadi sedikit kaku karena dicampur dengan susu kental manis. Meskipun menggunakan susu kental manis, tapi rasa wortelnya manisnya pas dan tidak membuat eneg.


Gulab Jamun (22K)

Dessert yang ini lebih aneh lagi, saya pikir awalnya ini mocha ternyata ini berupa fried milk balls yang disajikan dengan sirup manis dan ditaburi dengan parutan almond dan kacang-kacangan. Jadi, kalau kata pelayannya ini berupa susu skim yang dibentuk bulat dan digoreng kemudian disiram dengan sirup manis dan beraroma vanilla. Duh, mendengarnya saja sudah membuat saya merinding, nggak kebayang manisnya dan ternyata benar saja, cukup dua suapan saya menyerah. Too much sweet!


Harga makan disini cukup high dan porsinya juga menurut saya kecil jadi lebih baik dinikmati dengan makan bersama, jadi bisa pesan makanan kecil banyak untuk rame-rame. Rangenya mulai dari Rp33.000 - 85.000 untuk makanan sedangkan minuman mulai dari Rp15.000 - 30.000

Overall, saya suka sekali dinner disini, selain sepi dan terkesan private, makanannya pun unik-unik. Pelayannya juga ramah dan dengan snenang hati menjelaskan pada saya bahan-bahan yang terkandung dalam makanan Pakistan yang unik dan aneh-aneh itu hihihi…Buat yang suka kulineran, wajib banget nyobain masakan disini, apalagi carrot dessertnya! 

Koh e Noor
Indian & Pakistani Restaurant

Plaza Festival GF 03-04,

Jl. HR Rasuna Said Kav. C-22

Kuningan



No comments