[PRODUCT REVIEW] Samsung Galaxy J5 - Saatnya Tunjukkan Momen Terbaikmu!


Memiliki smartphone adalah hal yang lumrah untuk setiap orang saat ini. Ribuan merk dan seri smartphone telah dipasarkan massal ke masyarakat yang kini semakin melek teknologi. Kalau dulu smartphone dibangga-banggakan bisa mendukung aktifitas sosial seseorang melalui media sosial, kini tak hanya itu, smartphone sudah dibekali dengan beragam fitur dan aplikasi yang mendukung hobi masing-masing pemiliknya. Saya termasuk orang yang pemilih dalam memilih smartphone, ya termasuk memilih smartphone yang bisa mendukung hobi saya, food photography. Sebagai seorang food blogger yang memiliki passion dalam memotret dan mereview makanan, memiliki smartphone sama seperti memiliki rumah kedua setelah kamera DSLR kesayangan saya. 

*isi dalam box Samsung Galaxy J5

Hal paling utama yang saya cari saat memilih smartphone tentunya kecanggihan kameranya. Memang banyak smartphone yang menjanjikan kamera dengan resolusi bagus tapi kadang banyak yang kasih janji-janji palsu ;-). Beruntungnya saya bertemu Samsung, salah satu raksasa smartphone asal Korea ini selalu berinovasi dengan smartphone-smartphone terbarunya. Sudah sekitar tiga tahun saya memakai smartphone keluaran Samsung dan selalu puas dengan fitur-fitur kamera yang ditanamkan, apalagi baru-baru ini Samsung menggebrak pasar smartphone dengan keluaran terbarunya Samsung Galaxy J5 yang membuat saya makin kepengen. Gimana nggak kepengen, Samsung Galaxy J5 ini memiliki spesifikasi yang bikin ngiler walaupun kelas-nya masih bisa dibilang ‘mid-end’. Let’s take a look the specs below! 


Saya langsung shock pas melihat spesifikasinya kameranya. Rear camera-nya 13MP dengan  aperture F1.9 which is dengan bukaan selebar itu, saya bisa memotret dengan cukup cahaya dalam keadaan minim cahaya sekalipun. OMG!!! Mau sujud syukur aja rasanya akhirnya ketemu dengan smartphone yang mengerti kegalauan para food blogger kalau motret makan malam di resto remang-remang *ups hahaha! Setidaknya dengan adanya fitur secanggih ini, saya bisa terselamatkan saat tiba-tiba ada food tasting dadakan di malam hari atau minim cahaya dan tidak bawa kamera DSLR, kan! Hasil foto-nya pun cukup memuaskan hati. Pertama kali mencoba kamera Samsung Galaxy J5 ini, yang saya tuju adalah memotret sesuatu yang berwarna putih, karena kalau di tempat minim cahaya, pasti warna putihnya akan terlihat kekuningan dan buram, but thanks GOD, the F1.9 really works on that. Yippie!! Saat memotret dalam keadaan cahaya kuning pun, kamera Galaxy J5 ini mampu memudarkan sedikit cahaya kekuningan pada objek fotonya. That’s simply coolIni beberapa hasil foto makanan saya di restoran yang kebetulan minim sekali cahaya. Everything still looks good, clear, bright and of course tempting! Notes: I guarantee semua contoh foto yang ada disini MURNI hasil jepretan Samsung GALAXY J5 & NO EDIT! 

foto dengan cahaya sangat minim di sebuah coffee shop

foto dengan cahaya kekuningan di sebuah resto sushi ternama. 
daging salmonnya tetap terlihat juicy dan segar 

foto di sebuah food festival dengan cahaya kekuningan dan cenderung gelap. Lihat tetesan air pada botolnya deh,
 jernih dan tajam banget kan!

 foto dengan cahaya matahari alami di teras depan rumah. Jernih dan tajam!

Eits, jangan takjub dulu dengan rear camera-nya. Mari menengok front camera-nya yang tidak kalah canggihnya. They built-in LED Flash on the front camera yang membuat siapa saja yang doyan selfie, termasuk saya hahaha, mampu memotret dengan hasil memuaskan saat minim cahaya. Hellloo bye bye selfie gelap-gelapan. Fitur Front Flash Camera ini juga mendukung kita untuk berfoto dalam keadaan terlalu banyak cahaya, misal berfoto dengan sunset, tanpa backlightKerennya lagi, front camera pada Samsung Galaxy J5 ini juga dilengkapi dengan fitur ‘Palm Selfie’ yang memudahkan kita memotret selfie hanya dengan mengarahkan telapak tangan ke kamera, jadi nggak usah repot-repot mencet tombol kamera deh. 


*photo credit to Samsung Indonesia

Hasil fotonya pun dipercantik dengan fitur ‘Beauty Face Mode’ yang memberikan sentuhan digital pada wajah kita. Nah, kalo yang ini sih bye bye Camera 360 hahaha...  


*photo credit to Samsung Indonesia

Let’s take a look the samples on my photo. Maap ya numpang selfie sebentar hehehe…

ini contoh kalau foto dengan banyak cahaya, ceritanya sih sunset hahaha, 
tapi lumayan hasilnya gak terlalu backlight kaan ;-)

Selain fitur di atas, front camera Samsung Galaxy J5 ini juga memiliki fitur 'Wide Selfie' yang memudahkan kamu untuk berfoto dengan banyak orang tanpa perlu repot-repot pasang 'tongsis' atau tripod! Ditambah lagi dengan beberapa fitur andalan Samsung Camera seperti 'Panorama' untuk memotret pemandangan yang lebar; 'Pro' untuk memotret ala DSLR dengan pengaturan ISO dan White Balance; 'Sport' untuk memotret objek bergerak, dan lain-lainnya. Ah nggak salah deh Samsung Galaxy J5 bertagline #TunJukkanMomenmu, soalnya setiap momen berharga kita bisa ditangkap dengan segala cara oleh Samsung. 


Untuk memudahkan aktivitas berfoto, lagi-lagi Samsung juga membantu penggunanya dengan adanya fitur 'Quick Launch Camera'. Jadi, kamu hanya perlu menekan tombol di bagian tengah handphone sebanyak dua kali, langsung deh masuk ke menu kamera. Nggak perlu repot-repot buka aplikasi kameranya lagi, deh!  


Keseruan menangkap momen-momen berharga kita juga didukung oleh besarnya internal memory storage hingga 8GB dan hingga 128 GB jika kamu ingin menambahkan external microSD card. Wow, buat saya sih benar-benar lebih dari cukup apalagi saya kemana-kemana kerjaannya motretin makanan hihihi...Duh, rasanya bahagia bisa menemukan smartphone yang tepat seperti Samsung Galaxy J5 ini, sangat mendukung hobi saya dan pastinya membuat saya selalu update momen-momen penting di keseharian saya. Masih banyak lagi kehandalan Samsung Galaxy J5 ini, tapi saya nggak akan bahas di satu postingan ini (bisa jadi satu novel kalau dibahas disini semua hihihi). Tunggu postingan saya berikutnya tentang kerennya sAMOLED Screen yang bikin momen menonton video atau membaca digital magazine makin seru! 

*photo credit to Samsung Indonesia

Sambil menunggu postingan berikutnya, kamu bisa cek twitter @samsung_ID, instagram @samsung_id atau Facebook Samsung Mobile Indonesia untuk update terbaru mengenai Samsung Galaxy J5 dan ikutan upload momen terbaikmu dengan menggunakan hashtag #tunJukkanmomenmu. 

Keep reading, capturing and #tunJukkanmomenmu

*This review was sponsored by Samsung

11 comments

  1. Iya yah.... Samsung selalu keren, dan no wonder kalau dia menjadi salah satu brand terfaforit di dunia.

    ReplyDelete
  2. Kalo j7 udah keluar belum di indonesia?

    ReplyDelete
  3. Hasil jepretan kamera belakang saya tidak fokus tidak jernih seperti punya mbak loh.. Kenapa ya kira2 yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mba uci...wah masa sih? coba kamera belakangnya dibrrsihkan pake tissue atau lap basah mba..bisa jadi ada kabut disitu jadi keliatan ga bersih hasilnya hehe...

      Delete
  4. J7 kalah dengan j5 saat di test water

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas Gusma...wah iya gitu..maksudnya tes anti air? emangnya water resistant ya J5? haha says gak tau malah

      Delete
  5. Kok hp j5 ku gak bisa palm selfie

    ReplyDelete
  6. J5 saya kok gak bisa palm selfie?tolomg dong

    ReplyDelete
  7. ini camera belakang hp samsung j5 saya kok ngeblur dan gak fokus ya ...
    tolong dong di bantu ..

    ReplyDelete
  8. ini hp samsung j5 saya camera belakangnya kok ngeblur ya dan ga bisa fokus ..
    tolong dong di bantu ...

    ReplyDelete
  9. ini camera belakang hp samsung j5 saya kok ngeblur dan gak fokus ya ...
    tolong dong di bantu ..

    ReplyDelete