[RECIPE] DORY FISH SOUP

Berhubung besok wiken dan malam ini Jakarta hujan seharian, jadi aja ngabisin stok bahan dikulkas. Masih ada sisa ikan dori dan sayur-sayuran akhirnya kepikiran bikin Sup Ikan Dori Tahu Sutra buat makan malam si #babyarga (tapi ayah bundanya ikutan makan sih hehehe) a la Maminya Kenzie, mba @ichantiks yang aku dapat resepnya dari blognya ceritamamikenzie.blogspot.co.id. Thanks mba resepnya enyaak hihi! Resepnya aku modifikasi mengikuti persediaan bahan-bahan aku hehe...Yuks yg mau makan hangat-hangat boleh dicoba!



Bahan:

500 gr ikan dori potong kotak 
100 gr sawi putih (aku ganti wortel potong kotak kecil2)
1 bungkus tahu sutra
1 sdt air jeruk lemon
1/2 sdt garam
2 siung bawang putih, memarkan
2 sdt hebi sangrai, haluskan (aku gak pakai)
1 bh tomat, potong-potong
1 sdt garam
1/4 merica bubuk
1 sdt gula pasir
2 btng daun bwng, potong-potong
Air untuk kuah
1 sdm minyak untuk menumis (aku pake unsalted butter buat Arga)
10 grm bwng putih goreng untuk taburan (aku gak pakai)
2 sdm jagung manis pipil (aku ganti telur puyuh biar ada proteinnya hehe)
5 butir bakso ikan (tambahan aku)

Cara membuat:

- Lumuri ikan dori dengan jeruk lemon dan garam diamkan kurang lebih 20 menit.
- Tumis bawang putih hingga harum, tambahkan air biarkan mendidih. 
- Masukkan ikan dori, wortel, tahu sutra, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata. 
- Tambahkan daun bawang dan telur puyuh, masak sampai matang. 
- Sajikan selagi hangat dengan taburan bawang putih goreng.


No comments