Mie Koba Iskandar - Pangkal Pinang, Bangka

Berkunjung ke Bangka tidak lengkap rasanya tanpa mencoba kuliner khasnya. Setelah searching beberapa a must visit place based on Trip Advisor & Food Blogger recommendation, akhirnya tempat pertama yang saya kunjungi adalah Mie Koba Iskandar. Kedai mie khas Bangka yang pemiliknya bernama Pak Iskandar ini berlokasi di Jalan Balai, Koba, kota Pangkal Pinang. Tanya saja pada supir taksi mereka pasti tau Mie Koba Iskandar saking legendarisnya. Yup, Mie Koba ini aslinya sudah berdiri sejak 20-an tahun yang lalu. Resepnya pun asli turun temurun dan buatan tangan. Mie-nya asli handmade tanpa menggunakan mie kiloan yang biasa kita temukan di kedai-kedai mi pinggir jalan di Jakarta.

Saya datang kesini di pagi hari karena menurut rekomendasi dari resepsionis hotel, menikmati Mie Koba lebih baik di pagi hari karena tidak terlalu ramai. Benar saja ketika saya sampai disana sekitar pukul 9 pagi, kedai Mie Koba Iskandar ini sudah ramai dengan para pecinta mie ini. Mie ini ternyata juga dijadikan sarapan oleh penduduk Pangkal Pinang lho! Kedainya sendiri hanya kedai kecil di area garasi rumah pemiliknya. Namun, meskipun kecil area makannya memiliki beberapa meja makan untuk kapasitas 20 orang.



Apa istimewanya Mie Koba ini? Mie-nya sendiri menurut saya super tipis, lembut dan tidak kenyal, tapi nggak juga langsung hancur saat diseruput. Kuahnya sendiri terbuat kaldu ikan tenggiri yangsudah dicampur rempah-rempah seperti cengkeh, pala, kayu manis, ketumbar, kembang pala dan gula aren asli. Pantas saja saya nggak mencium bau amis pada kuah ikan ini. Uniknya lagi meskipun disebutnya kaldu, namun kita masih bisa menikmati serat-serat dari ikan tenggiri yang telah ditumbuk sampai halus. Keseluruhan rasa dari mie ini ada asin, gurih dan manis. Dan kamu cukup mengeluarkan Rp12.000 saja untuk seporsi Mie Koba ini. Murah banget kaaan! Wajib banget dicoba kalau pengen tau bedanya mie ala Jakarta dan Bangka hehehe…


Mie Koba Iskandar
Jalan Balai, Koba, kota Pangkal Pinang
Bangka Tengah


No comments