[RECIPE] CHICKEN EGG TOFU

1 komentar


Sejak sering masak MPASI berbahan dasar tofu buat Arga, makanan untuk konsumsi saya dan suami pun jadi ikut-ikutan pakai tofu hehehe...soalnya selain murah dan bergizi, tofu juga bisa divariasikan dengan bahan apa saja. Kali ini buat makan malam saya memasak Chicken Egg Tofu dengan tambahan ayam cincang. Semoga suka! 

Bahan:
2 buah tahu telur, potong bulat, tebal 2 cm, goreng hingga berkulit
100 gr ayam cincang
1 bungkus penyedap rasa
3 siung bawang putih, memarkan
½ buah bawang Bombay, cincang kasar
2 tangkai daun bawang potong serong 1 cm
½ ruas jari jahe, iris korek api
1 sdm saus tiram
1 sdt gula pasir
1 sdm kecap asin
¼ sdt lada
100 ml air
½ sdm margarin untuk menumis

Cara Membuat:
- Tumis bawang putih dan jahe hingga harum dengan margarin
- Tambahkan bawang bombay dan ayam  tumis hingga berubah warna
- Setelah tumisan tidak berair, tambahkan penyedap rasa, saus tiram, lada, kecap asin, gula pasir,      
  tumis hingga layu
Tambahkan air, daun bawang dan tahu. Masak sebentar dan air agak mengental. Angkat dan sajikan

[RECIPE] TUMIS POKCOY BAKSO SAPI

0 komentar


Kalau ditanya sayur apa selain sayur sop dan sayur bayam yang paling gampang dibuat kilat, ya si sayur pokcoy ini. Kebetulan saya dan keluarga memang lebih suka pokcoy dibandingkan sawi hijau. Lebih enak dan kriuk-kriuk aja gitu teksturnya. Cara memasaknya pun gampil surampil dan paling gampang ditumis dengan tambahan beragam isian. Kali ini saya punya stok bakso, jadi tinggal tumis-tumis cemplung-cemplung deh! 

Bahan:
350 gram pokcoy, dipotong 3 bagian
5 buah bakso sapi, rebus dahulu, potong-potong
3 siung bawang putih, dicincang halus
1/2 sendok teh kecap asin
1/4 sendok teh kaldu ayam bubuk
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir
100 ml air
2 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:
- Panaskan minyak. Tumis bawang putih sampai harum.
- Masukkan bakso. Masak sebentar lalu masukkan pokcoy. Aduk rata.
- Tambahkan kecap asin, kaldu ayam bubuk, garam, merica bubuk, dan gula. Aduk sampai matang.

Sampai di resep home cooking berikutnya!

XOXO
@ichakhairisa

[RECIPE] TUMIS TEMPE KECAP

0 komentar


Ini dia resep turun-temurun yang super gampil surampil dan bisa dimasak kapan aja apalagi pas akhir bulan ahahaha....Oseng tempe kecap atau tumis tempe ini kayaknya udah jadi menu seluruh keluarga deh. Saya aja paling suka masak ini karena luamyan bisa bertahan hingga 2 hari hihihi...Yuk coba bu ibu!

Bahan-bahan:


250 gram tempe. Potong korek api ukuran 3 cm, lalu goreng ½ matang

25 gram cabe merah, potong serong

15 gram bawang putih, iris tipis

25 gram bawang merah, iris tipis
2 potong lengkuas
2 lembar daun salam
1 sachet Royco bumbu masak All in One

2 sendok makan kecap manis Bango

4 sendok makan minyak

200 ml air



Cara Masak:


- Panaskan minyak, lalu tumis bawang putih dan bawang merah hingga matang.

- Masukkan lengkuas, daun salam, serta cabe, lalu masak hingga matang.

- Masukkan tempe, air, bumbu masak Royco All-in-One, dan kecap manis.

- Masak hingga bumbu meresap ke dalam tempe dan air agak mengering.


[RECIPE] POTATO SCHOTEL

1 komentar



Kepikiran pengen buat macaroni schotel buat nyemil tapi nggak punya stok makaroni, cuma ada banyak kentang di kulkas jadinya dibuat aja Skotel Kentang yang resepnya sebenarnya mirip-mirip sih. Menu ini bisa dimakan buat seluruh keluarga lho! Arga juga doyan sih cuma kentangnya masih harus saya tumbuk lagi hehehe...

Bahan:

2 buah kentang ukuran sedang
75 ml susu cair tawar
1 butir telur
secukupnya wortel
200 gr daging cincang (saya pakai sosis sapi dicincang hehehe)
1/4 butir Bawang bombay
secukupnya garam
secukupnya lada bubuk
secukupnya keju cheddar parut 


Cara Membuat:
 
1.        Potong-potong kentang jadi dadu (ukuran sesuai selera). Rebus atau kukus kentang setengah  
        matang. Sisihkan.
2.        Rebus wortel lalu cincang halus
3.        Tumis bawang bombay sampai harum. Tambahkan daging cincang dan wortel. Masak sampai daging matang
4.        Tambahkan kentang dan susu cair.
5.        Bumbui dengan lada dan garam sesuai selera Lalu masak hingga susu meresap. Sisihkan
6.        Kocok telur. Bumbui dengan sedikit lada dan garam.
7.        Siapkan wadah dan campurkan kocokan telur dengan tumisan. Aduk rata
8.        Tuang adonan di atas ke dalam pinggan tahan panas / mug / tempat aluminium foil
9.        Taburi atasmya dengan keju cheddar parut.
10.    Panggang selama 20 - 25 menit pada suhu 175 derajat hingga keju terlihat kecoklatan. Tes tusuk untuk memastikan adonan sudah tidak basah lagi.

 Tips: Saya pakai api bawah terlebih dahulu supaya keju di bagian atas tidak gosong, di 10 menit terakhir baru saya pakai api atas.



[RESEP MPASI] DORI & CORN CREAM SOUP - 1y+

0 komentar


Minggu ini Arga lagi kena batuk flu dan makannya susah banget karena ada lendir kali ya di tenggorokannya. Buka-buka internet cari resep sup krim, dapet deh resep Sup Krim Dori Jagung ini. Lumayan lahap makannya karena teksturnya yang lembut kali ya jadi gampang di telan pas tenggorokan lagi sakit hihihi...

Bahan:

150 gr fillet ikan dori (haluskan)
1 buah jagung (rebus, haluskan)
1 buah kentang (rebus, haluskan)
150 ml susu putih cair
1/2 buah bawang bombay kecil 
2 siung bawang putih
3 sdm tepung terigu
secukupnya keju cheddar parut
secukupnya garam dan gula
unsalted butter utk menumis
.
Cara Membuat:

1. Tumis bawang putih & bombay. setelah harum masukkan ikan dori, masak sampai dagingnya 
    putih & kaku.
2. Masukkan terigu sedikit-sedikit, sambil diaduk-aduk supaya ga menggumpal. Tambahkan susu 
    cair, aduk rata.
3. Tambahkan kentang & jagung, masukkan bumbu-bumbunya beserta keju parut dan cek rasa. 
    Angkat bila sudah mengental.

Resep ini sih menurut saya bisa juga applicable buat anak bayi usia 8-10 bulan mommy cuma mungkin tanpa penambahan garam dan gula ya atau penggunaanya sedikit saja. Kalau Arga memang sudah 1 tahun dan sudah nggak mau lagi makan sup krim yang plain hehehe....

[RECIPE] TRIPLE CHOCO BROWNIE

0 komentar


Tomorrow is my third little sister birthday and I'm thinking about making simple cakes for her. Berhubung cuma ada sisa bahan-bahan ovo-brownie kemarin, jadilah saya bikin lagi browniesnya hahaha....but now, saya ganti cokelatnya dengan choco chips dan tengahnya saya tambahkan lelehan selai cokelat Mariza, jadi hasilnya fudgy dan ada melted chocolatenya gituuu hehehe...Resepnya sama seperti ovo-brownies yang sudah saya posting disini. Hanya ada sedikit penambahan teknis saja. Yuk bikin brownies!

Bahan

6 butir telur
400 gr gula pasir 
200 ml minyak goreng
1 sdt vanila bubuk
200 gr coklat blok atau dark cooking chocolate (DCC), cincang dan lelehkan, sisakan sedikit untuk hiasan di bagian atas kue
400 gr tepung terigu protein sedang ( saya pake tepung segitiga biru)
50 gr coklat bubuk (saya pake Java)
1 sdt baking powder
Selai cokelat secukupnya, lelehkan biar nggak terlalu pekat (saya pakai Mariza)
Choco chips untuk taburan di dalam dan di atasnya

Cara membuat
1. Panaskan oven 190 C. Alasi loyang dengan kertas roti, sisihkan.
2. Kocok telur, gula pasir, vanila dengan mixer kecepatan rendah, berhubung saya nggak punya mixer jadi saya pakai hand-whisker dan aduk sampai rata saja. 
3. Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk dan baking powder. Tambahkan ke adonan sedikit demi sedikit sambil aduk rata ngaduknya, saya pakai spatula cuma sekitar 4x aduk sampai rata aja semuanya. Pokonya jangan kelamaan ngaduk nanti ngembang banget kayak kue bolu hehehe....
4. Tuangkan coklat DCC leleh, aduk rata dengan spatula. 
5. Masukkan minyak, aduk rata lagi
6. Tuangkan setengah adonan ke loyang. Lalu, tuangkan lelehan selai cokelat ke bagian tengah secara memanjang, taburkan choco chips kemudian tutup dengan sisa adonan lagi. Tuangkan sisa DCC ke bagian atas sambil membuat motif sungai. Taburkan lagi choco chips di atasnya.
7. Panggang di rak atas selama 25 menit untuk mendapatkan shiny crust yang cantik. Setelah 25 menit, segera pindahkan ke rak bawah dan turunkan suhu menjadi 150 C. Panggang lagi selama 20-25 menit. Angkat dan dinginkan.

Btw, resep di atas adalah 2x dari resep saya sebelumnya karena kali ini saya menggunakan loyang kotak ukuran 24x24 yang lebih besar dari loyang panjang brownies standar. Jadi adonannya pun harus 2 resep, nggak boleh lebih nggak boleh kurang loh harus semuanya di kalikan dua hehehe...


Tadaaa ini hasilnya hahaha...agak-agak melenceng dari perkiraan soalnya sungai cokelatnya jadi berantakan karena saya nuanginnya asal-asalan hihihi...tapi kue-nya tetap fudgy dan melted di dalam. Saya lupa memotret bagian tengahnya karena kalau dipotong semuanya besok kasian adik saya dong, kuenya nggak surprise lagi hehehe....Anyway, til my next baking!


[RECIPE] TOFU SIRAM SAUS TIRAM

0 komentar


Ceritanya ini karena masih ada sisa 1 tofu di kulkas dan Arga sudah cukup minggu ini makan tofu hehehe, akhirnya I made it for dinner. Got the recipe from my fav food blogger and home-cooker +Mullie Marlina in her personal blog mulliechan.com, so here it is Tofu Siram Saus Tiram.

Bahan:

2 buah tofu telur merk Kong Kee rasa ayam
2 siung bawang putih, cincang halus
150ml kaldu ayam (saya ganti dengan kaldu bubuk Alsultan yang non-MSG itu dicampur dengan air)
1 sdm kecap asin
1 sdm saus tiram
1/4 sdt gula pasir
garam dan merica bubuk secukupnya
1 1/2 sdm tepung maizna, larutkan dengan 2 sdm air
Daun bawang secukupnya untuk taburan

Cara Membuat:

- Tumis bawang putih hingga harum dan masukkan kaldu ayam, kecap asin, saus tiram, gula pasir, garam dan merica. 
- Tambahkan tepung maizena, masukkan perlahan sambil di aduk hingga saus mengental. Sisihkan.
- Tata tofu di piring saji kemudian siram dengan bahan saus yang sudah jadi. Taburi dengan daun bawang

Simpel, mudah, hemat hehehe...Selamat mencoba!

[RESEP MPASI] SUP TOFU TELUR PUYUH - 1y+

0 komentar


Selain sup yang creamy, Arga juga paling gampang kalau di 'sogok' makan pakai yang berkuah dan berhubung yang paling gampang di buat dan juga lembut dimakan hanya tahu/tofu, akhirnya bunda masak Sup Tofu Telur Puyuh deh. Gampang tinggal cemplung-cemplung hehehe...

Bahan:

- 1 buah egg tofu (saya pakai merk Kong Kee rasa ayam)
- Telur puyuh secukupnya
- 1 siung bawang putih
- 1/2 siung bawang bombay
- Daun bawang cincang secukupnya
- Garam dan gula secukupnya
- 1/2 sdt kaldu ayam non MSG (saya pakai AlSultan)
- 200 ml air
- Unsalted butter untuk menumis

Cara Membuat:

- Rendam tofu dalam air panas kurang lebih 5 menit kemudian potong kira-kira 2cm
- Didihkan air sambil tumis bawang bombay dan bawang putih dengan mentega tawar hingga harum dan layu kemudian masukkan ke air
- Tambahkan potongan daun bawang, gula, garam, kaldu ayam hingga terasa gurih (cek rasa sesuai selera saja. kalau Arga memang sudah nggak bisa makan yang plain hehehe)
- Jika sudah mendidih airnya baru masukkan tofu dan telur puyuh. Masak sebentar kira-kira 3 mnit. Angkat dan sajikn dengan nasi atau nasi lembek.

Hasilnya, lahaaaap....Arga paling juara kalau makan tofu, padahal giginya sudah 8, tapi malas banget nih anak maunya ngunyah yang lembut-lembut ahahaha....

Selamat Mencoba. Til my next post!

 
  • Eating Until Die © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes