Showing posts with label Resep. Show all posts
Showing posts with label Resep. Show all posts

[Recipe] Chicken Nugget Salad with Peanut Butter Sauce

0 komentar


Akhir-akhir ini si hubby ngeluh kalau dikantornya susah banget cari sayur dan buah, akbatnya sering sembelit deh dia. Nah, berhubung weekend lalu ada waktu buat masak-masak, akhirnya saya buatkan dia salad sayur dan buah yang simpel dan bisa disiapkan di pagi hari juga buat dibawa ke kantor. Salad ini terinspirasi dari Huzarensla salad namun dressing-nya saya ganti dengan selai kacang plus lemon yang ternyata lebih gurih, creamy dan seger lho! Untuk lebih mengenyangkan secara dia minta untuk makan siang, maka saya tambahin naget dan sosis juga hihihi...Monggo disimak resepnya di bawah ini:
Chicken Nugget Salad with Peanut Butter Sauce
.
Bahan:
1 buah apel
1 buah nanas
1 buah paprika merah
1 buah kentang (rebus)
selada secukupnya
1 cup peanut butter
1 buah jeruk lemon
3 sdt madu
1 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
Chicken Nugget & Sosis Sapi (saya pakai Sunny Gold)

Cara membuat:

1. Goreng SG Chicken Nugget & Sosis Sapi hingga matang, tiriskan

2. Potong dadu semua bahan buah, sayur, nugget dan sosis

Cara membuat salad dressing:

1. Campurkan selai kacang, madu, gula, garadan perasan jeruk lemon ditambahkan dengan sedikit air hingga teksturnya mengental namun tidak terlalu encer.
2. Cicipi hingga terasa asam manis dan segar. Kalau saya suka sedikit asam makanya jeruk lemonnya agak banyak namun semua sesuai selera
3. Siapkan piring saji, tata semua nugget, sayur dan buah lalu siram dressing diatasnya dan aduk hingga rata. Siap dinikmati




Hmmmm....suka banget deh sama dressing saladnya soalnya lebih gurih, creamy, ada manis-manisnya dan juga asam-segar dari perasan lemonnya dan pastinya lebih menyehatkan sih dibanding mayonnaise (tapi tetep jangan kebanyakan juga hehehe). Kalau kalian nggak terlalu suka asam, takaran perasan jeruk lemonnya bisa diatur sesuai selera. 

Thank you for reading my simple recipe! 


[RECIPE] SCHOTEL TAHU KEJU PANGGANG

0 komentar


Resep ini merupakan resep all-time favorit keluarga saya kalau lagi bingung mau masak apa sih hehehe. Biasanya sih mama saya menyebutnya pepes tahu karena beliau membuatnya dikukus menggunakan daun pisang, namun saya membuatnya dengan versi lebih modern plus ditambhakan melted cheese kesukaan anak saya (soalnya apapun yang dibuat dengan keju pasti dilahap habis sama Arga hihihi). Respenya saya dapat original dari mama dengan tambahan sesuai selera saya. Yuk ibu-ibu masak lagi!

Bahan:

1 buah tahu cina besar, haluskan
1 buah wortel, cincang halus
100 gr daging sapi cincang atau sesuai selera
2 butir telur kocok lepas
1 buah bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
100 ml susu full cream
Merica bubuk secukupnya
Garam secukupnya
Kaldu ayam bubuk secukupnya (saya pakai Alsultan yg non MSG)
100 gr keju cepat leleh (untuk adonan dan taburan)

Cara Membuat:
- Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum lalu masukkan wortel dan daging masak hingga setengah matang,sisihkan
- Campur bahan tumisan di atas dengan susu, telur, tahu, keju dan garam serta merica. aduk rata dan cicipi rasanya sesuai selera
- Masukkan ke pinggan tahan panas dan panggang dalam suhu 150 dercel selama kurang lebih 45 menit. Tes tusuk untuk memastikan dalamnya sudah matang.
- Taburkan keju cepat leleh di 15 menit terakhir biar ga gosong soalnya cepat leleh sekali
- Angkat dan dinginkan

FYI, foto yang ada di postingan ini saya buat nggak lama setelah schotel tahunya selesai dipanggang dan langsung saya potong jadi masih terlihat lembek dan basah. Aslinya, kalau didiamkan dulu sekitar 30 menit akan jadi lebih padat hihihi dan schotel tahu ini tahan hampir 1 minggu di kulkas lho. Jadi, lumayan kan irit bahan makanan, tinggal keluarin dari kulkas, hangatkan, santap deh. Selamat mencoba!




[RECIPE] DORY FISH SOUP

0 komentar

Berhubung besok wiken dan malam ini Jakarta hujan seharian, jadi aja ngabisin stok bahan dikulkas. Masih ada sisa ikan dori dan sayur-sayuran akhirnya kepikiran bikin Sup Ikan Dori Tahu Sutra buat makan malam si #babyarga (tapi ayah bundanya ikutan makan sih hehehe) a la Maminya Kenzie, mba @ichantiks yang aku dapat resepnya dari blognya ceritamamikenzie.blogspot.co.id. Thanks mba resepnya enyaak hihi! Resepnya aku modifikasi mengikuti persediaan bahan-bahan aku hehe...Yuks yg mau makan hangat-hangat boleh dicoba!



Bahan:

500 gr ikan dori potong kotak 
100 gr sawi putih (aku ganti wortel potong kotak kecil2)
1 bungkus tahu sutra
1 sdt air jeruk lemon
1/2 sdt garam
2 siung bawang putih, memarkan
2 sdt hebi sangrai, haluskan (aku gak pakai)
1 bh tomat, potong-potong
1 sdt garam
1/4 merica bubuk
1 sdt gula pasir
2 btng daun bwng, potong-potong
Air untuk kuah
1 sdm minyak untuk menumis (aku pake unsalted butter buat Arga)
10 grm bwng putih goreng untuk taburan (aku gak pakai)
2 sdm jagung manis pipil (aku ganti telur puyuh biar ada proteinnya hehe)
5 butir bakso ikan (tambahan aku)

Cara membuat:

- Lumuri ikan dori dengan jeruk lemon dan garam diamkan kurang lebih 20 menit.
- Tumis bawang putih hingga harum, tambahkan air biarkan mendidih. 
- Masukkan ikan dori, wortel, tahu sutra, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata. 
- Tambahkan daun bawang dan telur puyuh, masak sampai matang. 
- Sajikan selagi hangat dengan taburan bawang putih goreng.


[RECIPE] CHICKEN EGG TOFU

1 komentar


Sejak sering masak MPASI berbahan dasar tofu buat Arga, makanan untuk konsumsi saya dan suami pun jadi ikut-ikutan pakai tofu hehehe...soalnya selain murah dan bergizi, tofu juga bisa divariasikan dengan bahan apa saja. Kali ini buat makan malam saya memasak Chicken Egg Tofu dengan tambahan ayam cincang. Semoga suka! 

Bahan:
2 buah tahu telur, potong bulat, tebal 2 cm, goreng hingga berkulit
100 gr ayam cincang
1 bungkus penyedap rasa
3 siung bawang putih, memarkan
½ buah bawang Bombay, cincang kasar
2 tangkai daun bawang potong serong 1 cm
½ ruas jari jahe, iris korek api
1 sdm saus tiram
1 sdt gula pasir
1 sdm kecap asin
¼ sdt lada
100 ml air
½ sdm margarin untuk menumis

Cara Membuat:
- Tumis bawang putih dan jahe hingga harum dengan margarin
- Tambahkan bawang bombay dan ayam  tumis hingga berubah warna
- Setelah tumisan tidak berair, tambahkan penyedap rasa, saus tiram, lada, kecap asin, gula pasir,      
  tumis hingga layu
Tambahkan air, daun bawang dan tahu. Masak sebentar dan air agak mengental. Angkat dan sajikan

[RECIPE] TUMIS POKCOY BAKSO SAPI

0 komentar


Kalau ditanya sayur apa selain sayur sop dan sayur bayam yang paling gampang dibuat kilat, ya si sayur pokcoy ini. Kebetulan saya dan keluarga memang lebih suka pokcoy dibandingkan sawi hijau. Lebih enak dan kriuk-kriuk aja gitu teksturnya. Cara memasaknya pun gampil surampil dan paling gampang ditumis dengan tambahan beragam isian. Kali ini saya punya stok bakso, jadi tinggal tumis-tumis cemplung-cemplung deh! 

Bahan:
350 gram pokcoy, dipotong 3 bagian
5 buah bakso sapi, rebus dahulu, potong-potong
3 siung bawang putih, dicincang halus
1/2 sendok teh kecap asin
1/4 sendok teh kaldu ayam bubuk
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir
100 ml air
2 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:
- Panaskan minyak. Tumis bawang putih sampai harum.
- Masukkan bakso. Masak sebentar lalu masukkan pokcoy. Aduk rata.
- Tambahkan kecap asin, kaldu ayam bubuk, garam, merica bubuk, dan gula. Aduk sampai matang.

Sampai di resep home cooking berikutnya!

XOXO
@ichakhairisa

[RECIPE] TUMIS TEMPE KECAP

0 komentar


Ini dia resep turun-temurun yang super gampil surampil dan bisa dimasak kapan aja apalagi pas akhir bulan ahahaha....Oseng tempe kecap atau tumis tempe ini kayaknya udah jadi menu seluruh keluarga deh. Saya aja paling suka masak ini karena luamyan bisa bertahan hingga 2 hari hihihi...Yuk coba bu ibu!

Bahan-bahan:


250 gram tempe. Potong korek api ukuran 3 cm, lalu goreng ½ matang

25 gram cabe merah, potong serong

15 gram bawang putih, iris tipis

25 gram bawang merah, iris tipis
2 potong lengkuas
2 lembar daun salam
1 sachet Royco bumbu masak All in One

2 sendok makan kecap manis Bango

4 sendok makan minyak

200 ml air



Cara Masak:


- Panaskan minyak, lalu tumis bawang putih dan bawang merah hingga matang.

- Masukkan lengkuas, daun salam, serta cabe, lalu masak hingga matang.

- Masukkan tempe, air, bumbu masak Royco All-in-One, dan kecap manis.

- Masak hingga bumbu meresap ke dalam tempe dan air agak mengering.


[RECIPE] POTATO SCHOTEL

1 komentar



Kepikiran pengen buat macaroni schotel buat nyemil tapi nggak punya stok makaroni, cuma ada banyak kentang di kulkas jadinya dibuat aja Skotel Kentang yang resepnya sebenarnya mirip-mirip sih. Menu ini bisa dimakan buat seluruh keluarga lho! Arga juga doyan sih cuma kentangnya masih harus saya tumbuk lagi hehehe...

Bahan:

2 buah kentang ukuran sedang
75 ml susu cair tawar
1 butir telur
secukupnya wortel
200 gr daging cincang (saya pakai sosis sapi dicincang hehehe)
1/4 butir Bawang bombay
secukupnya garam
secukupnya lada bubuk
secukupnya keju cheddar parut 


Cara Membuat:
 
1.        Potong-potong kentang jadi dadu (ukuran sesuai selera). Rebus atau kukus kentang setengah  
        matang. Sisihkan.
2.        Rebus wortel lalu cincang halus
3.        Tumis bawang bombay sampai harum. Tambahkan daging cincang dan wortel. Masak sampai daging matang
4.        Tambahkan kentang dan susu cair.
5.        Bumbui dengan lada dan garam sesuai selera Lalu masak hingga susu meresap. Sisihkan
6.        Kocok telur. Bumbui dengan sedikit lada dan garam.
7.        Siapkan wadah dan campurkan kocokan telur dengan tumisan. Aduk rata
8.        Tuang adonan di atas ke dalam pinggan tahan panas / mug / tempat aluminium foil
9.        Taburi atasmya dengan keju cheddar parut.
10.    Panggang selama 20 - 25 menit pada suhu 175 derajat hingga keju terlihat kecoklatan. Tes tusuk untuk memastikan adonan sudah tidak basah lagi.

 Tips: Saya pakai api bawah terlebih dahulu supaya keju di bagian atas tidak gosong, di 10 menit terakhir baru saya pakai api atas.



 
  • Eating Until Die © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes