Berburu Mie di Jakarta Fashion & Food Festival 2010

Wah, akhirnya saya berhasil menjajal kuliner di Jakarta Fshion and Food Festival 2010. Acara tahunannya Mal Kelapa Gading ini memang selalu happening dan been waiting tiap bulan Mei. Di acara ini nggak hanya festival fashion tapi juga festival makanan. Mulai dari acara wine and cheese tasting, promo dsikon semua gerai makanan, lomba makan, sampai yang paling ditunggu itu Kampoeng Tempoe Doeloe-nya yang bertema beda-beda. Kampung Tempo Doeloe berlokasi di area taman outdoor-nya La Piazza, Kelapa Gading.

Di kampung ini suasananya benar-benar dibikin seperti jaman kampung Betawi jaman dulu. Lengkap dengan food stall bergaya Betawi jadul dan aksesoris seperti gerobak-gerobak makanan Betawi jaman dulu. Tema kuliner tahun ini 'MIE NUSANTARA' jadi rata-rata makanan yg ditawarkan ya mie dari seluruh Indonnesia...

Ckckck saya salut sama Indonesia, udah beragam budaya, beragam juga kulinernya, bayangkan mie aja bisa macem-macem bentuk dan rasanya, padahal kalau dipikiripikir ya ini makanan cuma mie, kayak mie rebus aja yang sehari-hari kita makan, tapi cuma di Indonesia mie bisa dijadiin beragam cita rasa khas daerah di Indonesia.

Yang sempet saya cobain itu MIE JUHI asli DKI Jakarta...


dan MIE ACEH pastinya dari DI. ACEH dunkz hehehe...



Dua-duanya rasanya benar-benar beda. Kalau mie juhi itu mie kuning, ditambah kentang, selada, tauge dan sayuran lain, terus ada kayak kerak apa gitu (saya jg bingung mendefinisikannya ehehe) terus disiram sama kuah asinan betawi. Sebenarnya jadi kayak makan asinan aja sih asem-asem pedes gimanaa gitu...but delicious enough!

Sedangkan,  mie aceh, pedasnya agak tajam,  bau rempah-rempahnya terasa banget, seinget saya sih isinya sama kayak mie juhi, mie kuning tapi agak besar-besar plus sayuran dan kuah pedas itu...(ada gosip kalo bau rempah dan pedes yang menyengat itu berasal dari ganja lhoo...emang sih setau saya di aceh sana ganja memang dipakai buat penyedap masakan) ya tapi emanng enak sih selama ga disalahgunakan hihihi...
Selain varian mie dari seluruh daerah di Indonesia, di Kampoeng Tempo Doeloe ini juga ada beragam jajanan  dan jajanan tempo dulu seperti kue rangi, bola ubi, es campur, kerak telor, es lilin, es roti, dan lain-lain deh.

See you at Jakarta Fashion & Food Festival 2011, gurls!

No comments