Tempura Island at Ten Ten

Betapa senangnya pas mendengar saya dapet kesempatan untuk food tasting di Ten Ten Restoran. Ini resto Jepang baru yang berada di LB Plaza Indonesia tepat di samping Sari Ratu. Resto yang baru dibuka tepat 20 Juli kemarin ini  mengusung Tempura sebagai signature dishes mereka. Rata-rata menu yang disajikan disini memang nggak jauh-jauh dari tempura dan udon.


  
Memasuki area resto semi terbuka ini pangunjung akan dimanjakan dengan warna soft green pada area depan dan cokelat muda pada rata-rata interior dalam. Dengan semi open kitchen yang disekat dengan kaca, Ten Ten memiliki kapasitas sekitar 100 kursi. Di beberapa sudutnya terdapat rak-rak terbuka yang berisi pajangan-pajangan kaleng-kaleng dan toples lucu. Suasana restonya pun semakin nyaman dengan pencahayaan lampu yang tidak terlalu terang. 



Resto yang memiliki icon tempura lucu yang mirip ayam ini menyajikan menu mulai dari light bites, main courses, desserts dan drinks dengan harga bervariatif. Untuk appetizernya mereka punya Ten Ten Hot Dog, Sweet Fried Potato, Ebi Furai Potato Salad, Takoyaki, Oyoza, Miso Soup, dll. Sedangkan, main course terdiri dari single menu, mix menu dan paket.  Mulai dari Kakiage Udon, Kakiage Hotate and Ebi Sakura with Udon, Kakiage Edamame and Corn with Udon, dll. Varian udonnya terdiri dari rasa original dan spicy. Untuk menu tempuranya, terdiri dari Tempura Udon, Tendon, Jo Tendon, Ebi Tendon, dll. Varian menu lainnya seperti Ebi Furai Don, Ebi Yose Katsu Don, Fish Katsu Don, Chicken Katsu Don, Chicken Katsu with Egg, dll. Semua menu tersebut ada yang disajikan lengkap dengan miso soup dan nasi atau tanpa keduanya. Uniknya disini mereka punya 3 rasa tempura yang bisa dipilih original, spicy, dan blackpepper, jadi beda dari konsep biasanya tempura yang dicocol pakai saus.

So here they are the appetizer and drinks I tried:

Ice Matcha Latte


Green tea latte dengan campuran sedikit susu murni ini standar saja buat saya. Manisnya kurang pas dan rasa green teanya pun nggak terlalu terasa. Hambar dan pahitnya nggak berasa. Padahal normalnya green tea latte itu lebih enak agak pahit namun manis pas disesap.

Kyoho Grape Cooler


Minuman perpaduan soda dan sirup anggur ini seger bangeet! Saat sesapan pertama terasa rasa soda yang tajam namun sedikit manis dan pas diaduk bersama sirupnya, rasa sodanya bercampur mnejadi asam manis yang nyegerin banget!

Ten Ten Hot Dog


A hot dog bun filled with potongan selada, kol dan tempura yang dibalut mayonnaise dan ton katsu sauce. Dasarnya sih ini kayak hot dog biasa, rotinya pun biasa saja, apalagi saus ton katsunya yang terlalu asam. Yang unik isinya, kalau bisanya hotdog isinya sosis, hotdog ini berisi tempura udang enak yang banget. Udangnya disini dicacah terlebih dahulu baru digoreng bersama kulitnya. Jadi jangan heran tekstur udangnya jadi mirip daging nugget dan kulitnya lepas dari udangnya. Kulit tempuranya sendiri crunchy banget!  

Fried Sweet Potato


Ini ubi manis yang digoreng garing. Teksturnya cukup lembut dan rasanya maniiiss bangeet. Cukup lumayan buat dijadiin makanan pembuka.

Then, here they are the main course I tried:

Jo Tendon


Jo Tendon ini merupakan sebutan dari tempura donburi berupa nasi putih di dalam mangkuk yang disiram dengan saus kental bernama tare, campuran kecap asin, gula dan mirin yang rasanya gurih dan asin.  Diatas nasi diletakkan tempura udang dan bayam dan disajikan miso soup. Tekstur kulit tempuranya sendiri very crunchy. Saya memesan tempura dengan rasa spicy. Rasa pedasnya itu sedikit terasa di bagian luar kulitnya. Sayang banget saya kira benar-benar pedas ternyata hanya seperti taburan bubuk cabe yang menyatu dengan kulit tempura. Untuk menghilangkan rasa hambar tempura yang nggak pedas, menyeruput hangatnya miso soup bisa jadi pilihan bagus. Misonya sangat terasa gurih dan aromanya pun khas miso dengan tahu yang lembut di dalamnya.

Tempura Udon


Tempura Udon rasa original ini lagi-lagi tidak special bagi saya. Mungkin tekstur udang dan kulitnya memang sangat sempurna, namun rasa udang dan kulitnya yang original benar-benar hambar. Satu-satunya yang bisa menolong untuk membuat tempura ini terasa enak dimulut adalah mencelupnya ke dalam udon yang saya pesan dengan rasa spicy. Rasa kuah udon yang pedas terasa pas di lidah dan sangat gurih. Tekstur udonnya seperti pada umumnya udon Jepang besar, tebal dan kenyal. Enak sekali dinikmati ketika masih hangat.

Kakiage Totate & Ebi Sakura with Udon


Ini varian lain tempura berupa campuran berbagai jenis sayur diantaranya bawang Bombay, daun mitsuba, wortel yang digoreng sempurna dengan udang sakura yang berukuran kecil-kecil. Sepintas Kakiage mirip seperti bakwan udang kalau di Indonesia. Tekstur gorengannya sih sangat crunchy, namun sayang lagi-lagi rasanya hambar. Dan konsep disini tidak memakai saus sambal untuk pelengkapnya. Padahal kalau dimakan dengan mencelupnya ke saus sambal, rasanya akan sedikit tertolong daripada makan gorengan tapi nggak ada rasanya sama sekali. Asinpun nggak berasa! Again, udon lah yang menolong saya menghabiskan menu ini. Udon untuk kakiage ini saya pesan yang original. Rasa kuahnya walaupun original tetap gurih, sedikit asin tapi tetap worth it! Enak buat dimakan campur kakiage.

Huuaah, setelah saya cukup merasa sedikit nggak tertolong karena main coursenya yang biasa-biasa saja, saya memesan dessert yang manis-manis biar netral lidah saya.

Here they are the desserts:

Kakigori Kyoho Grape


Kakigori itu sebuatn lain untuk es serut khas Jepang. Tekstur esnya lembuut dan haluus banget serutannya. Pas masuk ke mulut berasa sedikit tajam serutannya namun langsung lumer dengan rasa susu yang manisnya pas! Ditambah dengan sirup anggur yang aromanya hmmm menggugah selera banget dan jelly anggur yang berasa banget rasa anggurnya. Lengkap banget deh rasa dessert ini. Suka banget sama manis dan aroma anggurnya!

Choco Vanilla Parfeit


Bagi yang sering makan di beberapa restoran Jepang pasti sudah sering dengar menu es krim ini. Parfeit ini terdiri dari campuran oreo, kacang almond, corn flakes yang ditutup dengan vanilla es krim yang di balut dengan saus cokelat. Hmmm…cukup seru paduan isi dan es krim vanillanya. Di aduk lama-lama jadi es krim cokelat yang sedikit pahit tapi meluncur manisss ke tenggorokan. Perfect!

Jam buka restoran ini dari jam 10.00 - 22.00 WIB. Pelayanan ramah dan sigap banget. Dilihat-lihat sih pelayan disini banyak banget padahal restonya kecil. Satu hal yang disayangkan konsep tempura mereka yang disajikan tanpa saus sepertinya kurang cocok dengan lidah orang Indonesia. Tempura model seperti itu sebenarnyabisa saya temukan dimana saja, jadi kalau mereka mau membuat konsepnya unik ada baiknya pilihan rasa spicy dan blackpeppernya benar-benar dibuat pedas dan berasa sehingga bisa menggantikan porsi saus sambal dan tidak membuat makanan terasa hambar semuanya. However, at least buat yang pengen mencoba atau pecinta makanan khas Jepang yang hambar resto ini bisa jadi pilihan tepat untuk sekedar mengisi perut. Masih ada varian udon dan dessertnya yang menggoda perut banget!

Ten Ten Resto

Plaza Indonesia LB
Jl. MH. Thamrin
Jakarta
(sebelah Sari Ratu resto)

No comments