12 QUICK BITES YANG NGGAK BOLEH DILEWATKAN DI CHANGI AIRPORT

                                                                   
Traveling ke Singapura merupakan salah satu hal yang menyenangkan bagi saya dan mungkin bagi kebanyakan orang Indonesia. Bagaimana tidak, negara tetangga yang berjarak hanya 1 jam 40 menit dengan pesawat dari Jakarta ini menawarkan banyak sekali wisata dari mulai wisata rekreasi, belanja, kuliner dan lainnya yang rasa-rasanya bisa dijangkau kapan saja karena saking dekatnya dengan Indonesia. Juga karena Changi Airport Singapura telah dianugrahkan penghargaan Bandara Terbaik di Dunia versi Skytrax selama lima tahun berturut-turut! Bayangkan aja di dalamnya ada lebih dari 400 retail outlets, taman - taman tematik (udah baca belum review Changi Airport Butterfly Garden aku disini), snooze lounge, bioskop 24 jam, entertainment area, kids playground dan yang paling the best buat aku sebagai foodies sih ada lebih dari 100 pilihan makanan di Changi Airport yang bisa dijelajah. OMG gimanaa nggak cinta coba sama Changi Airport manjain perut banget kan.

suasana di dalam terminal baru, Terminal 4

Aku rasa sih urusan perut pasti sudah jadi hal yang urgent bagi tiap orang apalagi para travelers yang terbang ke atau dari Changi Airport. Kebayang kan berjam-jam di pesawat (apalagi yang transfer flight) terus lapar dan bosan dengan makanan di pesawat pasti pas mendarat ujung-ujungnya cari tempat makan di bandara. Belum lagi kalau harus transit dan transfer pesawat dengan waktu yang lama atau malah singkat, pasti cari tempat istirahat atau belanja, restoran atau kafe sudah pasti paling di cari.


meriahnya thematic gardens di Changi Airport T1 & T2

Nah, beberapa waktu lalu juga banyak teman-teman yang bertanya ke aku, "kalau di Changi Airport ada makanan apa ya, Cha, yang cepet dan enak sambil aku nunggu pesawat?" Malah ada juga yang nanya "gw suka laper abis  terbang, cuma pengen cari cemilan sebelum keluar Changi Airport, bingung tapinya mau makan apa" atau ada juga yang ngeluh "duh gw ga sempet cobain quick bites atau snack Singapura, ada ga sih di Changi Airport?" Hihihi lucu-lucu sih kalau dengar pertanyaan-pertanyaan teman-teman yang suka traveling itu, terutama pertanyaan terakhir tuh, itu masalah banget kayaknya buat orang yang ke Singapura tapi cuma either sebentar, kerja atau nggak punya waktu banyak buat eksplor kulinernya. Tenaaang, di Changi Airport semua kuliner sampai yang ke street food juga ada. Nah, menjawab kegelisahan teman-teman di atas ini aku sharing ke kalian daftar quick bites a.k.a makanan cepat saji (non fast-food) terbaik dan favorit aku di Changi Airport yang mostly famous street food dan yang pasti cocok buat kalian yang sedang in hurry or catching the flight atau sedang ingin nyemil tapi tetap kenyang, (pssst kenapa street food, soalnya buat aku makanan paling cepat ya street food, tapi jangan samakan street food di bandara dengan di pinggir jalan lho ya. Kualitas street food di Changi Airport sudah pasti berkelas dan enak!)
The Social Tree at Terminal 1

Aku sengaja membaginya ke dalam 4 bagian sesuai dengan urutan terminal di dalam Changi Airport, karena di masing-masing terminal punya quick bites andalan masing-masing. So, let's do the street food tour from Terminal 1 to Terminal 4! Psssst, this will gonna be a long post with tons of photos, hope you enjoy. Aku sengaja membaginya ke dalam 4 bagian sesuai dengan urutan terminal di dalam Changi Airport, karena di masing-masing terminal punya street food andalan masing-masing. So, let's do the street food tour fro, Terminal 1 to Terminal 4! 


TERMINAL 1

1. TIP TOP
If you’re looking for the best Curry Puff, you should try Tip Top Curry Puff. Curry Puff disini menurut saya salah satu yang terbaik di Singapore and thanks God ada di Changi Airport. Bentuknya kalau di Indonesia mirip seperti kue Panada khas Manado, namun isinya berupa potongan ayam dengan bumbu kari yang sangat pekat, gurih, sedikit spicy dengan aroma rempah yang kuat. Aroma dan rasa kari-nya langsung menyeruak ke mulutku sejak gigitan pertama dan surprisingly very very good! Ukurannya pun cukup besar untuk sekedar cemilan menurut saya, jadi 2 pcs pun kenyang untuk mengganjal perut sebelum terbang.


Lokasi: Terminal 2, di belakang Omega Store, sebelah Killiney Kopitiam
2. OWL TRANSIT

Kalau lagi di Terminal 1 wajib banget nih aku saranin kamu cobain minuman di gerai Owl Transit ini. Kopi disini terkenal banget, tapi karena sedang mengurangi minum kopi, aku cobain rekomendasi dari waiternya, Es Gula Melaka The. Based-nya sih ini teh pakai susu dengan gula Melaka atau gula aren kalau di Indonesia. Rasanya asli enak dan segar banget, manis gula aren-nya itu beda banget sama gula aren di Indonesia. Terasa ada aroma dan rasa kelapa sangria gitu. Cocok banget diminum kalau habis lelah jalan dari arrival gate sampai ke shopping area nih hahaha…



Lokasi: Terminal 1, Lantai 1, sebelah Sakae Sushi

TERMINAL 2

3. TUNGLOK TEA HOUSE

When you are in hurry in catching your flight di Terminal 2 dan kepengen dim sum, wajib banget mampir ke TungLok Tea House ini. Mereka punya dim sum terenak se-Changi Airport menurut aku. Pilihannya banyak mulai dari siaw mai, hakau, chicken feet, custard bun, dll. Favorit-nya disini Siaw May dan Salted Egg Custard Bun. Aku pun langsung mencoba kedua menu favorit tersebut dan OMG, indeed they’re the best ever! 



Untuk Salted Egg Custard Bun-nya, look at that melted salted egg, meleleh-leleh asik gimanaa gitu kaan. Tekstur bun-nya pun lembut dan fluffy banget, dan salted egg-nya nggak amis, cenderung agak manis tapi after taste-nya tetap berasa salted egg. Sementara si Siaw Mai-nya empuk dan lembut banget adonannya, pas digigit juga terasa renyah dan nggak terlalu padat adonannya. 



Lokasi: Terminal 2, Transit Area, seberang Godiva, sebelah Irvins Salted Egg stall
4. OLD CHANG KEE

Siapa sih yang nggak kenal Old Chang Kee. Gerai street food snack khas Singapura ini sudah merajai pasar Indonesia juga. Hampir di tiap mall di Indonesia pasti ada Old Chang Kee, but why not nyemil Old Chang Kee di Negara asalnya kan. Pilihannya pun banyak dan menggiurkan semua. Favorit saya pastinya Fish Ball, Fried Gyoza dan Squid Head. Semuanya enak buat aku dan cocok banget buat quick bites apalagi bisa masuk tas dan makan di pesawat hahaha…



Lokasi: Terminal 2, Transit Area, sebelah O’Leary’s Sports Restaurant. Terminal 3, Public Area, dan Terminal 4, Transit Area
5. PARIS BAGUETTE

When in Terminal 2 and need something sweets wajib banget mampir ke Paris Baguette . Disini seperti surganya pastry and cakes buat siapa saja yang craving for sweets. Ada aneka jenis kue, pastry sampai aneka sandwich dan burger yang bisa kamu pilih baik makan di tempat ataupun take away. 

Nih aku pamerin isi etalase mereka yang menggiurkan!



Favorit saya Almond Croissant dengan kulit yang super flaky, crunchy dan isian almond custard yang manisnya tidak berlebihan dan Cheese Custard yang cheesy banget custard-nya, terasa asam, segar dan kulit pastry-nya juga renyah sekali! 


Location: Terminal 2, Public Area, Arrival Hall, Level 1


TERMINAL 3

6. HEAVENLY WANG


Kepengen sarapan a la Singaporean? Cobain deh mampir di Heavenly Wang. Kafe street food ini sudah terkenal seantero Singapura sebagai kafe yang menyediakan street food tradisional khas Singapura dengan Kaya Butter Toast-nya yang terkenal enaknya. 




Ketika mendarat pagi hari di Terminal 3 Changi, saya langsung mengincar Kaya Butter Toast mereka untuk sarapan. Saya pesan Wang's Signature Package, paket komplit Kaya Butter Toast dengan 2 Telur Rebus dan pilihan kopi atau teh (saya pilih es kopi). Frankly speaking, Kaya Butter Toast mereka memang DA BOMB! Tipis, garing, selai kaya-nya lembut dan padat dan nggak bikin tenggorokan gatal hahaha...ditambah telur rebus dan es kopi yang nikmat, wah saya sudah sah nih menjadi orang lokal hihihi...



Lokasi: Terminal 3, Transit Area & Public Area, Level 1

7. SUBWAY

Selama ini penasaran banget kayak apa sandwichnya Subway, padahal udah berapa kali ke beberapa negara yang ada Subway dan baru kemarin pas mendarat di Changi Airport aku sempetin nyobain Subway saking penasarannya haha...Aku nyobain deal package mereka, 1 sandwich, 1 minuman dan 1 cookies. 




Pilihanku Chicken dengan selada, pickles, tomat dan honey mustard dan BBQ dressing. Suka sama saus honey mustardn-ya yang manis dan sedikit getir, ditambah rosemary bread yang empuk, Subway ini menurutku cocok banget buat travelers yang pengen quick bites tapi ngenyangin...



Lokasi: Terminal 3, Transit Area, Level 2 di dalam Singapore Street Food

8. HONG KONG SHENG KEE DESSERT

Penasaran banget saat lihat gerai Hong Kong Sheng Kee Dessert ini dipenuhi antrian. Kalau dilihat dari nama gerai-nya sih saya menduga ini gerai yang menjual dessert semua, eh ternyata enggak juga lho. HK Sheng Kee Dessert juga punya aneka street food khas Singapura seperti HongKong Noodle dan Carrot Cake, tapi aneka pencuci mulut mereka juga salah satu yang terbaik di Changi Airport. Sayangnya, karena pelayannya bilang hampir semua makanannya non-halal, jadi saya memutuskan untuk mencicipi makanan pencuci mulut-nya saja. Lagian nggak tahan juga deh liat aneka es serut dan pudding yang menggoda hihihi...


Aku mencoba Mango Shaved Ice dan Mango Sago Pudding. Keduanya menarik banget buatku dan ternyata memang enak. Mango Shaved Ice-nya super duper lembuuut, sampai nggak nyangka kalau itu es serut lho saking halusnya. Mango Pudding-nya juga lembut banget dengan kuah mangga yang tidak terlalu manis tapi nagihin banget! Asli the best dessert stall in Changi Airport for me. Make sure you don't miss this HK Sheng Kee Dessert when you are in Changi Airport. Nggak akan nyesel deh!

Lokasi: Terminal 3, Transit Area, seberang Heavenly Wang

9. HELLO KITTY ORCHID GARDEN CAFE

Kalau kamu Hello Kitty Lovers dan suka banget cakes, wajib banget mampir kesini karena buat aku ini adalah restoran dengan tema Hello Kitty terkeren di Changi Airport. Gimana nggak keren, mulai dari interior, furniture, pajangan sampai ke piringnya pun ada ukiran Hello Kitty-nya. Makanan yang disajikan pun semua berukirkan kepala Hello Kitty yang khas dengan pita-nya hihihi...


Aku datang kesini kebetulan dengan perut kenyang, jadi sengaja hanya mencicipi dessertnya. Aku cobain best seller cakes disini, Cat In Paradise, cake dengan based mango yang super moist, tidak terlalu manis, creamy, segar dan berasa banget mangganya. Enak banget luar dalam! You should try this when visit Changi Airport, guys! 



Lokasi: Terminal 3, Public Area, Level 1

10. SINGAPORE FOOD STREET - FOOD COURT


Senangnya di Changi Airport itu mereka punya food court yang buka 24 jam. Jadi nggak perlu khawatir kalau menunggu penerbangan malam, dijamin perut aman! Kalau di Terminal 3, ada Singapore Street Food yang buka 24 jam. Tempatnya pun luas sekali dengam banyak tempat duduk juga. Untuk bertransaksi di sini kita diharuskan membeli kartu yang bisa diisi ulang dan dikembalikan dan direfund. Minimum isi ulang juga murah kok SGD10 saja.

Dari beberapa review yang saya baca, saya penasaran mencicipi Odeon Beef Noodles. Katanya mie ini merupakan salah satu mie legendaris di Singapura. Saya memesan Beef Noodles dan surprisingly porsinya super big hahaha...mangkuknya aja besar sekali, cukup untuk 2 orang ini sih! Mie-nya sendiri tipis dan lembut, mudah diseruput dengan kuah agak manis dan gurih dan potongan daging yang super generous. Nggak ngerti lagi deh ini the best noodles I've ever tried di Changi Airport! 

Location: Terminal 3, Transit Area, Level 2

TERMINAL 4

11. FOOD EMPORIUM - FOOD COURT

Terminal 4 merupakan terminal baru di Changi Airport yang baru saja beriperasi November 2017 lalu. Terminal 4 ini nggak kalah kerennya dengan 3 terminal di Changi Aiport lainnya. Desainnya pun menurut saya lebih modern dan dinamis, dengan fasilitas yang sama canggihnya bahkan lebih canggih karena mereka punya mesin self check-in. Jadi, di Terminal 4 ini traveler sangat dianjurkan untuk mengurus check-in-nya tanpa perlu antri di counter. Di Terminal 4 traveler juga dimanjakan dengan adanya food court yaitu Food Emporium. Berlokasi di lantai 2, food court dengan nuansa hitam-putih minimalis ini menyajikan beraneka ragam kuliner dari berbagai negara dengan kapasitas kursi yang banyak dan asiknya mereka punya viewing area yang luas jadi sambil makan bisa melihat pesawat yang sedang tinggal landas. Seruu kan!


Saking besarnya food court-nya aku sampai bingung mau nyobain apa hihihi, akhirnya aku memutuskan mencicipi Chicken Rice dengan Nasi Hainam dan Iced Kachang. Ada pepatah yang menyebutkan "When in Singapore, Eat Iced Kachang" atau "Belum ke Singapura kalau belum makan Chicken Rice-nya", Akhirnya, saya mampir ke salah satu gerai Chicken Rice dan memesan paket bersama nasi hainam dan sayur tauge, serta Iced Kachang dari gerai khusus minuman dan dessert (btw, khusus minuman dan dessert memang dijadikan satu tempat dan dikelola oleh Food Emporium sendiri)


Here it is my Chicken Rice Package. OMG! Honestly, this is the best Chicken Rice I've ever had in Changi Airport or maybe in Singapore! Ayamnya super moist dengan kuah yang gurih manis dan ada rasa khas yang saya bingung menjelaskannya, sepertinya itu aroma jahe yapi ah enak banget sumpah. Ditambah dengan Nasi Hainamnya yang harum dan lembut serta sayur tauge, waaah sepaket Chicken Rice ini was very well worth my money!




Iced Kachang-nya juga tipikal Singapura dengan es serut yang lembut dan banyak, ditambah topping kolang-kaling, cincau hitam, cincau hijau dan uniknya ada jagung pipil bersalut krim manis di atasnya. Seger banget dimakan siang-siang ini.



Lokasi: Terminal 4, Public Area, Level 2

12. LONDON FAT DUCK

Quick bites paling enak yang pernah saya coba di Terminal 4, Changi Aiport adalah ini, si hitam Blackpepper Duck Bun dari London Fat Duck Restaurant. Kebayang nggak daging bebek lada hitam ada di dalam isian bakpau yang lembut di dalam dan garing di luar. That's why you should try the Blackpepper Duck Bun. Satu aja nggak cukup dijamin. Aku sampai take away untuk bawa pulang. Harganya juga terjangkau banget, cuma SGD5.80 dapat 3 pcs.


Lokasi: Terminal 4, Public Area, Level 2, seberang Sushi Goshin

Well, that's all 12 quick bites yang bisa aku rekomendasikan ke kalian menurut pengalaman aku kulineran di Changi Airport beberapa waktu lalu. Sebagian berlokasi di transit area dan sebagian di public area. Namun nggak usah khawatir, kalau kalian ingin mengunjungi tempat-tempat tersebut terutama yang ada di dalam transit area, kalian bisa tetap menjelajah dengan menggunakan fasilitas Skytrain yang ada di Transit dan Public Area. Untuk tempat makan yang lokasinya di dalam Transit Area pastikan saja saat kalian mendarat, jangan keluar imigrasi dulu. Gunakan saja Sky Train yang ada di dalam masing-masing Transit Area. Kecuali untuk menuju Terminal 4, harus menggunakan shuttle bus yang tersedia di Terminal 2

Contoh 1: Aku mendarat di Terminal 3 lalu kepengen makan dim sum di Tunglok Tea House Terminal 2. Aku tinggal naik sky train dari transit area Terminal 3 ke Terminal 2.

Contoh 2: Aku mendarat di Terminal 3 lalu kepengen minum Es Gula Melaka Teh di Terminal 1. Aku naik sky train dari transit area Terminal 3 ke Terminal 2, lalu dari Terminal 2 aku lanjut lagi naik sky train ke Terminal 1

Contoh 3: Aku mendarat di Terminal 3 lalu ingin take away Blackpepper Duck Bun-nya London Fat Duck, aku naik sky train ke Terminal 2, lalu menuju Arrival Gate 1 dan tunggu bus-nya. Bus akan turun di gate 3 dan 4 di Terminal 4.

Tenang saja, Changi Aiport itu bandara terbaik dalam segi fasilitas dan pelayanan, dijamin nggak akan tersesat kalau hanya ingin naik skytrain atau shuttle busa karena petunjuk arahnya sangat jelas. Pun staff-nya dengan ramah menjawab semua pertanyaan kita ;-) Ah #ChangidiHati aku banget deh pokoknya!

So, apakah kalian punya quick bites atau street food favorit di Changi Airport juga yang belum ada di daftar ini? Kalau ada, yuk share ke aku dan Changi Airport dan jangan lupa ikutan juga kampanye #ChangidiHati dengan mengikuti kontes foto yang hadiahnya trip ke Korea gratis. Wow! Caranya gampang banget:

1. Copy paste link ini di browser-mu bit.ly/changidihati-ik
2. Upload fotomu dengan sticker atau gesture hati *iniWAJIB 
3. Tulis caption yang melukiskan seberapa cintanya kamu sama @changiairport dengan hashtag #ChangidiHati
4. Post sebanyak-banyaknya yaa karena hadiahnya sepasang tiket PP ke Korea, 2 pasang tiket PP Singapura dan hadiah menarik lainnya lho!
6. Periode kontes sampai 31 Maret 2018

Contoh foto dengan sticker hati:



Yuk, jangan tunda share foto kamu dan jadi bagian dari indahnya kampanye #ChangidiHati! 

1 comment