RESEP MPASI 8M - NASI PANGGANG SALMON


Masa mengenalkan MPASI adalah masa-masa paling challenging dalam perjalanan hidup seorang ibu. Bagaimana tidak, setiap hari saya dituntut untuk mencari ide makanan baru supaya anak lahap makan. Belum lagi kalau anak mendadak GTM alias melakukan Gerakan Tutup Mulut. Duh Gusti! Rasanya mau nyerah aja deh jadi ibu kalau melihat anak disogok sendok kosong pun nggak mau hahaha. Untungnya jaman sekarang akses ke sosial media sangat mudah, ada beribu-ribu konten tentang resep MPASI anti GTM yang di share banyak ibu di dunia dan saya pun ikut mencobanya. 

Anak saya, Sakha, sekarang berumur 8 bulan dan sedang GTM parah. Jadi saya mulai mencari beragam resep MPASI supaya dia mau makan. Resep Nasi Panggang Salmon ini salah satu yang berhasil membuat dia mau makan. Yuk Moms yang lagi kebingungan karena anak GTM, boleh dicoba resep ini. Cara membuatnya mudah, anak pun suka.

Oiya, FYI, untuk mengukus dan mencincang semua bahan MPASI, saya menggunakan Oonew Food Processor karena food processor ini punya beragam mode salah satunya mengukus sayur dan ikan. Untuk mode blend pun, food processor ini bisa menggunakan mode 2 pisau untuk cincang kasar dan 4 pisau untuk menghaluskan (membuat puree). Jadi nggak usah capek-capek mencacah sayur dengan pisau deh, cukup cemplungin ke Oonew Food Processor langsung jadi bagus cincangannya!



Bahan:

- Secukupnya ikan salmon. 

- Nasi lembek

- 1 bh Wortel, kukus

- 5 kuntum Brokoli, kukus

- 1/2 tofu ayam

- 1 siung baput, cincang halus

- 1 siung bamer, cincang halus

- Secukupnya bawang bombai, cincang halus

- Secukupnya oregano flakes

- Keju belcube/keju cheddar

- Kaldu ayam secukupnya

 

Cara membuat:

- Masak nasi sampai lembek

- Kukus salmon, brokoli dan wortel sampai empuk (aku tambahin jahe geprek  supaya nggak terlalu amis ikannya).

- Lalu cincang sampai halus semuanya. - tumis baput, bamer dan bombai lalu tambahkan kaldu sedikit.

- Setelah air kaldu surut masukkan cincangan wortel, brokoli, salmon dan tambahkan oregano

- Susun nasi lembek dan tumisan sayur serta ikan di wadah aluminium foil

- Tambahkan keju belcube di atasnya yg sudah di suir kecil-kecil. Aku pakai keju cheddar Prochiz quickmelt juga biar sekalian nyobain ke Sakha suka atau enggak-nya

- Kukus selama kurang lebih 10 menit (saya menggunakan panci pengukus dengan api sedang). 

- Sajikan hangat dan penuh cinta

Alhamdulillah Sakha abis 1/2 cup. Lumayan lah apalagi pas GTM begini, Melihat dia buka mulut aja udah terharu bundanya. Nggak ada reaksi alergi dan pup seperti biasa setelah makan keju cheddar. Jadi, setelah ini akan sering-sering pakai keju cheddar yg lebih menambah rasa. Oiya, bayi usia 8 bulan ke atas sudah boleh ya Moms mencoba keju cheddar. 

No comments