Kuliner Surya Kencana Bogor

Karena bingung mau ngapain lagi setelah begadang abis nonton Java Jazz Festival 2011, akhirnya saya dan teman saya pagi harinya nekat jalan ke Bogor gara-gara tercetus ide gila sarapan pagi di Bogor.  Ya walaupun akhirnya gak jadi ‘sarapan’ karena macet dan nyampe baru jam 8an, kita tetap nyampe di Bogor dan wisata kuliner di Jalan Surya Kencana.

Jalan Surya Kencana ini dikenal sebagai kawasan pecinannya Bogor. Mirip-mirip sama kawasan kota tua gitu deh. Arsitektur rumah-rumahnya juga masih bergaya etnis Tionghoa gitu. Dan banyak banget seliweran orang-orang Tionghoa pas saya menusuri jalan tersebut.

Menyusuri Jalan Surya Kencana kamu pasti banyak banget nemuin rumah makan dan yang lebih seru itu di pinggir trotoar-nya banyak banget penjual makanan kaki lima. Tapi saya nggak mencoba semuanya. Saya hanya mencoba beberapa yang memang ‘konon katanya’ makanan dan jajanan yang udah turun temurun terkenal enak dan laku banget di kawasan ini.

Soto Kuning 417


Di Jalan Surya Kencana memang banyak yang jualan soto kuning, tapi nggak semuanya terkenal. Nah, ini salah satunya yang udah hampir 20 tahun mangkal disini. Soto Kuning ini sekilas seperti soto biasa, namun penyajiannya beda. Pembeli boleh memilih daging apa saja yang diinginkan. Daging yang ada sih hanya daging sapi. Tapi disini dihitung per potongan gitu. Sepotongnya Rp5000. Lumayan besar kok ukurannya, jadi kalo dipotong kecil-kecil pun cukuplah buat semangkuk porsi soto. Isi sotonya memangn Cuma potongan daging dan kuah kuning plus nasi atau gorengan untuk tambahan. Soal rasa, kuahnya terasa sedikit manis dengan aroma kunyit yang sedikit menyengat namun guriiihh banget di lidah. Dagingnya pun kenyal banget. Seger banget apalagi saya makannya pas hujan gitu kemarin, Jadi bikin badan anget hehehe… Total harga seporsi soto Rp5000 dan nasi Rp2000. Jadi kami cuma menghabiskan Rp7000 saja! Lokasinya ada tepat di seberang penjual Pangsit Penganten dan Ngohiang Bogor.



Toge Goreng Pa Raisan


Nah, ini toge goreng pas banget disamping soto kuning 417 tadi. Penjualnya bapak tua berkopiah putih bernama Pak Raisan. Si Bapak yang senyumnya manis wlaupun sudah tua ini ternyata sudha berjualan dari tahun 1982 lho! Wow, sudah 29 tahun toge goreng ini mangkal berarti. Toge goreng jadi salah sata penganan khas Surya Kencana juga dan ini ‘konon’ merupakan salah satu yang paling laris dan terenak. Toge goreng sendiri rasanya segar dan sedikit asam dengan campuran tauco dan kacang kedelai untuk bumbunya, sedangkan isinya pasti toge yang direbus ditambah dengan tahu kuning, bihun dan lontong. Seporsinya hanya Rp7000 saja. Cocok banget buat sarapan pagi.



Es Pala Mangga Sirsak Aming

Emang enak kalau habis makan yang pedas-pedas itu minumnya es yang seger-seger. Nah, mengingat salah satu rekomendasi temen tentang Es Pala yang jadi khasnya Bogor, saya nekatlah menelusuri Sura Kencana sampai mentok dan nemu Gang Aut dan penjual Es Pala yang penjualnya menggunakan gerobak biru bertuliskan ES PALA MANGGA SIRSAK AMING TANPA BIANG GULA.


Buah pala sendiri memang katanya jadi buah khas kota hujan Bogor bahkan menurut beberapa sumber manisan buah pala sudah terkenal sejak zaman Belanda yaitu ketika banyak petinggi-petinggi VOC berdiam di kota ini.


Nggak susah menemukan gerobak biru dengan penjualnya bapak bertumbuh tambun dengan wajah khas Tionghoa-nya. Gerobaknya di pinggir jalan deket De Paris Bakery & Cake. Harga seporsi Es Pala, Mangga dan Sirsak yang dibungkus cuma Rp4500. Kalau diminum pakai gelas dan tambah es jadi Rp5000. Rasanya segeerr bangeet. Agak menyengat dan sedikit asam, kalau yang sering makan pala pasti tau dong gimana rasanya. Buahnya pas digigt juga jadi krenyes-krenyes gitu dan nggak terlalu pahit lagi. Seger dan bikin semriwiiing apalagi pas hujan-hujan minumnya!

Kue Rangi


Hahaha ini sih emang bukan makanan khas kota ini. Cuma saya amazed aja pas nemu ini gerobak kue di sini.Saya langsung loncat-loncat ampe temen saya heran banget liat saya segitu girangnya nemu ini kue. Secara udah lama banget nggak makan kue khas Betawi ini. Langsung aja saya beli dan seporsinya cuma Rp5000. Kelapanya renyah dan gula merah melted-nya benar-benar melting bangeeett di mulut saya! Yaaayy….

1 comment

  1. jadi ngiler deh pagi2 liat jajanan dibogor, dulu pernah kesitu beberapa kali sama temen2 tapi semenjak jarang ngumpul jarang kesitu lagi deh

    ReplyDelete