MAGAL (MAPOGALMAEGI) KOREAN BBQ HOUSE, KELAPA GADING

0 komentar


Korean BBQ is always a good idea ketika kepengen makan banyak bersama keluarga. Dua tahun lalu aku anti banget makan di Korean BBQ kayaknya ribet (padahal sering banget nonton drama Korea dan sering liat cara orang Korea makan BBQ hahaha). Tapi sejak suatu waktu diajak teman makan di Korean BBQ dengan side dishes yang banyak dan free refill, wah aku jadi ketagihan hahaha...Sudah beberapa kali mencoba beberapa Korean BBQ dan yang satu ini masih jadi juaranya. Yup, Magal Mapogalmaegi Korean BBQ juaranya. 


Outlet yang aku coba ini yang di Mal Kelapa Gading 3. Kelihatan banget kok restonya dari depan lobby utama. Aku datang kesini niatnya mau cobain All You Can Eat-nya ternyata belum tersedia di outlet MKG 3 ini, yaah kecewa sih, tapi nggak papa deh tetep nyobain ala carte mereka. Dan kebetulan aku udah punya membership Zomato Gold, jadinya lumayan banget bisa dapet Buy 1 Get 1 untuk semua menu makanannya yeaay! 

Untuk menu ala carte-nya, mereka punya beberapa pilihan beef, pork atau chicken. Nih contekan menu daging sapi dan pork-nya. Quite surprise karena harga daging sapi dan pork, beda jauh banget hahaha (pantesan yang pork laku banget disini). Hufy, sayangnya saya nggak boleh makan pork hehe, jadi ya tetap pilih sapi. Ternyata oh ternyata, harga segitu porsinya besar banget wkwkwk...Kebayang dong aku cuma makan berdua sama suami, pesen dua jenis daging sapi yang Beef Skirtmeat dan Marinated Beef Boneless Short Rib pas di bakar banyaaaaak banget, asli cukup banget ini porsinya untuk makan sekeluarga 4-6 orang deh! 


Ini penampakan aslinya si So Galmagei a.k.a Beef Skirtmeat. Daging sapi-nya tidak dimarinasi, jadi mengandalkan cocolan saus banget kalau yang ini. Dagingnya potongannya tipis tapi banyak banget!


Nah kalau ini penampakan si Kkotsal Jumulleok a.k.a Marinated Beef Boneless Short Rib. Gede-gede banget potogannya dan lebih manis dibandingkan So Galmaegi karena sudah dimarinasi. Nggak perlu cocol saus lagi setelah dibakar kalau ini, langsung hap udah enak. 


Nah, setelah aku pilih menu daging, aku tinggal nunggu waiter-nya menyiapkan perlengkapan grilled BBQ-nya dan menyajikan Banchan (Korean appetizer) atau sering disebut Korean Side Dish. Surprise banget disini side dish-nya buanyaaaak banget! YES, you hear me, sebanyak itu dan REFILL (catat sodara-sodara refill for free yaaa!). Aduh bahagia banget deh makan di Magal Korean BBQ ini, di beberapa Korean BBQ resto yang pernah aku coba side dish-nya memang free tapi nggak sebanyak ini, disini ampe bingung ngabisinnya hahaha...Side dish-nya beragam banget, ini aku kasih bocoran yang enak banget menurut lidah aku ya:

Fresh Salad with Black Sesame Dressing

Salad unik yang disiram dengan black sesame dressing yang gurih dan manis. Suami aku suka banget sama salad ini. Seladanya segar banget dan dressingnya belom pernah nyobain eh malah ketagihan dia hihihi...


Kimchi, Lobak Kimchi, Korean Pickle Garlic

Astagaaa, kimchi disini enak banget! Segar dan asam pedasnya pas. Nggak terlalu nyengat banget juga di lidah. Buat yang suka kimchi, asli ini wajib di refill. Aku pun refill berkali-kali sampai nggak kehitung wkwkwkw...Lobak kimchi-nya juga sama enaknya dan yng unik sih suiran daun bawang dengan gochujang sauce. Suami sih yang suka, katanya makan daun bawang buat ngobatin panas dalam hihihi...


 Korean Omelette

Omelette unik yang dimasak berbarengan dengan dibakarnya daging. Jadi, adonan telurnya disiram di pinggiran alat pemanggangnya gitu. Nggak sampai 5 menit omelette sudah jadi dan porsinya banyak banget hahaha...aku sampai take away lho! 



Masih ada beberapa Banchan lagi seperti sauteed broccoli dengan gochujang sauce, pajeon (pancake daun bawang) dan beberapa yang nggak sempat aku foto. Kira-kira sebanyak ini deh di mejaku.


Nah, let's talk about the Korean BBQ. Oiya, di Magal kalau kamu merasa agak repot untuk memanggang, staff mereka siap lho membantu memanggangkan semua pesananmu, jadi kamu tinnggal duduk manis dan makan. Karena aku juga sambil motret, jadi aku lebih memilih meminta staff Magal untuk memanggang dimejaku hihihi...

So Galmaegi/Beef Skirtmeat - 298K

As I told you earlier, beef skirtmeat ini potongan tipis dan kecil-kecil, tapi banyak. Dagingnya somehow not too juicy dibanding Kkotsal Jumulleok. Kalau dibiarkan terlalu lama langsung terasa agak chewy. Makanya aku langsung secepatnya menghabiskan daging ini, dicocol ke gochujang sauce atau sesame oil di wrapped pakai selada, langsung nikmat!


Kkotsal Jumulleok/Marinated Beef Boneless Short Rib - 298K

Nah ini favorit aku dan suami. Rib-nya super juicy dengan potongan tebal dan panjang pula! Dagingnya lebih manis dari So Galmaegi, lebih enak dimakan pakai nasi kalau menurut aku hihi...dicocol gochujang sauce juga sama enaknya kok. Pokoknya daging ini lebih recommended dan lebih cepat abisnya hihihi...





Ttukbaegi Bulgogi/Bulgogi Soup - 89K

Buat si Arga, aku pesenin Bulgogi Soup. Surprisngly porsinya besar banget dan bulgogi beef-nya banyak banget hahaha...ini sih daging dikasih sup, bukan sup isi daging wkwkwk...Ini super enak banget menurutku. Kuahnya gurih manis gitu. Dagingnya juga juicy meskipun mostly lebih banyak bagian lemak-nya sih, tapi gimana yaa suka aja gitu hahaha...


Well, overall aku suka banget makan Korean BBQ di Magal Mapogalmaegi ini. Porsinya besar, banchan-nya nggak kira-kira banyaknya dan pelayanannya juga super helpful banget. Nggak nyesel sih sekali-sekali makan besar disini, apalagi kalau bisa ajak keluarga, lebih worthed lagi sih buat harganya menurut aku. Next time mau nyobain all you can eat-nya ah, pasti makin kalap lagi deh ini! Oiya, sekalian info ini, buat kamu yang belum cobain Zomato Gold ayuk cepat daftar. Pakai kode promo aku "ANNU23495" dan kamu bisa beli membership Zomato Gold ini seharga 160 ribu aja (normal 200 ribu) untuk setahun. 

Untungnya apa sih? Banyak. Dengan punya member Zomato Gold seharga 160 ribu kamu bisa makan di almost 2000 restoran yang sudah jadi rekanan Zomato Gold (list-nya bisa langsung dlihat di aplikasi Zomato) dengan promo beragam mulai dari Buy 1 Get 1 on Food atau Buy 2 Get 2 on Drinks. Contohnya, pas makan di Magal ini, aku beli So Galmaegi seharga 298K, lalu dengann menunjukkan Zomato Gold, aku dapat free Kkotsal Jumulleok seharga sama. Lumayan banget kan kamu cuma bayar 1 harga untuk dua menu. Yuk cobain Zomato Gold! 


Magal Mapogalmaegi Korean BBQ House
Mal Kelapa Gading 3, Ground Floor
Jalan Boulevard Raya, Kelapa Gading
Jakarta Utara
Rsvp. +62 21 21889061 ext. 263
Opening hours: 10 AM - 10 PM

7 Tips Mendekati Rusa di Ranca Upas, Ciwidey, Bandung

0 komentar


Nama Ranca Upas sudah sering aku dengar jauh sebelum sering ke Bandung. Lokasi wisata ini terkenal di kalangan kaum pecinta alam karena lokasinya memang berupa hutan terbuka yang dijadikan tempat berkemah a.k.a camping ground. Belakangan ini Ranca Upas makin terkenal bukan hanya karena lokasi camping-nya tapi penangkaran rusa-nya yang bikin orang berbondong-bondong kesana, plus jadi spot foto prewedding yang kece. Beberapa influencers juga aku lihat ada yang mengambil foto-foto kece mereka berlatar gunung dan hutan yang cantik. 


Wuih, jadilah aku pengen kesana kan sekalian ngenalin Arga sama rusa di tempatnya langsung. Kalau dari kota Bandung kita hanya tinggal naik tol menuju kota Soreang. Dari Soreang tinggal ambil arah ke Ciwidey. Sejak dibukanya tol Soreang, perjalanan dari tengah kota Bandung ke Ciwidey dapat ditempuh hanya dengan 1.5 jam saja dari sekitar 2,5 jam sebelum ada tol. Lokasi Ranca Upas atau Kampung Cai Ranca Upas berada disebelah kanan jalan, 100 meter setelah Kawasan Wisata Kawah Putih. Masuk Ranca Upas dikenakan biaya 20 ribu per orang saja. Area hutannya luas banget dan terhitung lengkap fasilitasnya , mulai dari camping ground dengan pemandangan langsung ke danau dan gunung, kolam renang mini, lapangan tembak, penangkaran rusa, dan warung-warung makan.


Penangkaran Rusa-nya sendiri lokasi-nya agak masuk ke area dalam dekat dengan area menembak. Untuk masuk kesini tidak dikenakan biaya lagi, cukup membeli pakan rusa berupa wortel atau kangkung seharga 10 ribu (kangkung dapat 3 ikat, wortel seikat isi 5). Area penangkarannya cukup luas dengan beberapa jenis rusa jantan dan betina, yang bertanduk dan tidak berkeliaran sebebasnya. Jumlahnya nggak banyak menurut aku sih, sepertinya hanya 1/2-nya dari populasi rusa di Istana Bogor deh. Mungkin karena penangkaran ini dikhususkan untuk rusa-rusa jenis tanduk yang besar-besar ya (kalau di Istana Bogor kan banyakan rusa kecil ya, CMIIW)


Nah, kemarin pas aku posting foto bersama rusa bertanduk yang lagi duduk manis nan syantiik di Instagram banyak banget yang nanya "kok bisaa?" "emang nggak diseruduk?" "kok bisa rusanya nurut dan diem di foto?" hahaha banyak pertanyaan lucu yang masuk ke komen sampai bingung jawabnya. Hmmmm, mungkin rusanya emang suka melihat cewek cantik jadi dia nurut aja sama aku hahaha *kidding. Sebenarnya nggak ada trik khusus sih hanya butuh sedikit usaha buat membuat rusa-rusa itu "berdamai" dan mau diajak foto sama kita. Berikut aku rangkum tips dan trik mendekati rusa di Ranca Upas berdasarkan hasil pengamatan dan pendekatan aku langsung sama mereka:

Rusa di Ranca Upas itu banyak tapi nggak semuanya berkelompok. Beberapa rusa bertanduk besar terlihat lebih senang menyendiri di pojokan *kasian nggak punya temen wkwkwk atau duduk-duduk manis di pinggir kubangan air. Diantara sekian banyak rusa, nggak kelihatan mana yang galak atau enggak. Menurut aku mereka sih nggak galak, tapi agresif kalau liat orang bawa pakan. 

1. SODORKAN PAKAN LANGSUNG DI DEPAN MUKANYA

Supaya Rusa mendekat ke kita sodorkan pakan-nya di depan mukanya TAPI jangan langsung depan mulut. Itu Rusa KEMARUK SUMPAH!! 🤣 Adik aku nyodorin seiket kangkung depan mulutnya langsung lah dilahap itu seiket!!  RAIB lah 10 ribu pertama (kebayang kan kalau kamu beli 10 iket x 10 ribu terus habis dalam 3 detik. si Mama langsung heboh pas melihat rusa-rusa tsb disodorin kangkung bisa langsung makan satu ikat hahaha, mendingan bawa kangkung sendiri dari rumah katanya hahaha). Begini contoh cara ngasih kangkungnya:


2. SODORKAN PAKAN PAKAI GAYA TARIK ULUR

Sodorin depan muka rusa pakan-nya pakai gaya TARIK ULUR macam kamu mau ngegaet gebetan yee kaan. Trik ini berhasil soalnya semakin kita ngiming-ngimingin itu rusa sama makanan, dia bakalan mendekat ke kita. Nah supaya lebih irit pakan, aku pakai trik ngasih kangkungnya satu batang per rusa (hahaha pelit banget, tapi kan daripada 1 rusa dikasih 1 iket, bisa-bisa 100 ribu habis buat pakan rusa, bisa buat bikin sayur kangkung 1 bulan itu dirumah hahaha jiwa ibu-ibunya keluar). Atau kalau pakai wortel potong jadi 2 aja. As simpel as that, si rusa tetap semangat kok melihat makanan yang kita tawarkan.



3. GET YOUR CAMERA READY

Saat berniat berfoto sambil ala-ala ngasih makan rusa, kamu juga harus bersiap dengan kameramu. Kalau bisa sih ya teman kamu yang pegang kamera. Jadi, pas rusa sudah mendekat dengan dua trik yang aku kasih di atas, saat mereka masih terlena dengan rayuan tarik ulur kamu, siapin deh kamera sampai itu rusa sudah mendekati kita dan hap! cekrek! jadi deh foto sama rusanya hehehe...


4. JANGAN LENGAH

JANGAN LENGAH sodara-sodara saat bawa pakan terutama kangkung yang terlihat "menjuntai-juntai". Rusa itu penciumannya tajam dan matanya jeli. Ngeliat kangkung menjuntai di tanganku aja, langsung dong aku dikejar 😁😁 (beneran dikejar guys dan aku ampe LARI!). Tips aku, jangan lari pas kamu dikejar karena itu rusa bakalan lari ngejar kamu juga (tapi ga kenceng sih larinya, I mean mungkin mengikuti terus bahasa halusnya haha). Pas dikejar, langsung umpetin pakannya. Pasti langsung nyerah deh itu rusa.


6. FOTO RUSA SAMBIL DUDUK

Ini sebenernya untung-untungan sih. Kalau kamu nyuruh rusa duduk rasanya mustahil. Tapi kalau kamu nyuruh Rusa lagi duduk terus diam ditempat BISA. Kebetulan aku ketemu rusa besar yang lagi malas-malasan,  terus aku deketin sambil di elus-elus. Ealaaaah murahan banget itu rusa di elus-elus manjyaah aja dia diem dan dapet deh foto manja-manjaan ama Rusa sambil duduk 😁😁 .


7. FOTO dengan KAWANAN RUSA

Gampang! Sebar aja pakan-nya sebanyak-banyak-nya di depan kawanan rusa. Niscaya mereka semua FREEZE tidak bergerak kemanapun. (Aku ngeliatin crew foto prewedding sih ini, mereka ngelempar potongan wortel kecil-kecil buat ngegiring rusa berkumpul di depan si calon manten hehehe). Nih contoh toto adikku dengan beberapa rusa di depannya. Sebelumnya aku lempar wortel kecil-kecil di bawah kaki adikku, dan semua rusa langsung berkerumun di dekat adikku hehehe...


Well, segitu aja tips singkat dari aku buat kamu yang berniat foto dengan rusa tapi masih merasa takut-takut. Semoga bermanfaat untuk menambah koleksi fotokamu sambil menutup tahun 2018 ini ya kan hihihi...Happy Holiday ya guys!

Kampung Cai Ranca Upas
Jalan Raya Ciwidey - Patengan KM 11
Patengan, Rancabali
Bandung, Jawa Barat
Telp: +62 227808996

Sherlock Common Space, Riau, Bandung

0 komentar


Bandung emang paling juara-nya deh memanfaatkan space kosong untuk dijadiin spot foto yang instagrammable, salah satunya kayak yang aku kunjungi kemarin nih, Sherlock Common Space. Seperti namanya “common space”, Sherlock ini memang area terbuka dengan beberapa tenant seperti food and fashion. Ya simple-nya ini food court sih. Area-nya luas banget dan the whole area di desain super cute a la kafe-kafe European style gitu. 


Tenant yang ada disini diantaranya Starbucks, Ma Ma Yu Rice Bowl, Terminale Gelato, Sald.Co, Harum Manis Bakery, Kare Curryhouse dan tenant fashion seperti 62 Ninja. Saat aku kesini menjelang jam makan siang terlihat agak sepi mungkin karena aku kesininya juga pas weekday ya dan beberapa tenant fashion juga masih tutup. Karena kepengen quick and healthy lunch aku pilih makan di Sald.Co dan untuk Arga aku pilihin rice bowl dari Mamayu. Yuk intip detilnya:

Salad by Sald.Co

Sebenernya tujuan ke Sherlock ini ya karena masih dalam misi makan sehat dan enak di Bandung demi promil. Eh hasil searching ketemu lah si Sald.Co ini. Tempatnya sendiri juga nyaman banget, di bagian depannya ada sofa dan meja kecil untuk kita makan dan adem dibandingkan meja dan kursi yang tersebar di area Sherlock (maklum tengah hari bolong kan panas ceunaah haha)...Salad di Sald.Co ini pilihannya lumayan banyak dan murah. All menu cuma 35K aja. Ih bahagia deh aku! Menunya sendiri terbagi tiga range:

1. Signature Range:  menu signature salad-nya Sald.Co
2. Body Range: menu salad khusus untuk membantu mempertahankan bentuk tubuh, dan diet 
    seimbang. Cocok buat yang diet nih!
3. Antioxidant Range: menu yang kayak akan antioksidan untuk menangkal radikal bebas.


K-Pop Salad - 35K

Aku pilih K.Pop salad selain favorit ini juga masuk kategori Body Range, ceritanya dalam rangka ngempesin perut yang makin kayak balon ini hahaha...K-Pop Salad sesuai dengan namanya a la Korea memang menggunakan Korean Beef, timun Jepang, selada, tomat ceri, bulgogi vegetarian aioli, edamame, telurdan kentang dengan sesame dressing dressing. Super love the juicy beef bulgogi dan sesame dressing-nya yang ringan tapi nutty dan segar. Untuk ukuran salad-nya juga besar. Super worthed lah harga 35 ribu!


Emoji - 35K

Salah satu Signature Range-nya Sald. Co. Isinya selada, jamur, japanese sesame aioli, kol merah, nori dan crispy pangsit dengan sesame dressing. Ini sama enaknya dengan K-Pop apalagi ada tambahan kriuk-kriuk pangsit.


Ma Ma Yu Rice Bowl

Chicken Teriyaki Rice Bowl - 25K

Kalau pengen makan berat tapi cepat dan simpel, bisa nih pilih aneka rice bowl di Ma Ma Yu. Favorit aku Chicken Teriyaki-nya, karena selain ayam-nya juicy, saus teriyaki-nya juga enak banget. Ada aroma dan rasa jahe manis yang kuat tapi nggak bikin eneg dan nagih. Arga suka banget rice bowl ini. 


Nah, segitu aja review singkat aku di Sherlock Bandung. Overall, suka banget sih sama konsep common space begini. Tenant-nya banyak dan tempatnya juga kece abis buat foto-foto, plus lokasinya masih di tengah kota. Saran aku kalau mau kesini enakan pagi banget sekitar jam 7 ataupun sore hari. Karena kalau siang ya memang terasa panasnya, kecuali mau duduk manis aja di area dalam tenant-nya. Kalau mau foto-foto juga lebih enak pas sepi kan hihihi...Oiya, nggak semua tenant juga buka dari pagi sih yang buka dari pagi setau aku hanya Breakfast & Brunch dan Starbucks ya. 


Sherlock Common Space
Jalan Riau No. 217
Bandung
(sebelah Cafe Bali)
IG: @sherlockbandung

 
  • Eating Until Die © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes