Sakura Anpan Cake Shop

Booming toko kue akhir-akhir ini sedang melanda beberapa kota besar di Jakarta. Sejak macaroon dan red velvet mulai tersaji di berbagai restoran kelas atas yang kemudian turun di beberapa toko kue yang tadinya mati kemudian hidup kembali setelah semua orang ribut mencari makanan pemanis lidah tersebut, toko-toko kue baru pun mulai lahir selayaknya booming boyband dan girlband, sebuah budaya 'ikut-ikutan' a la orang Indonesia yang akhir-akhir ini happening.

Tapi tengoklah sebuah toko kue di daerah ujung jalan Sabang, tak jauh dari sebuah toko kue baru yang juga sedang happening saat ini. Saya tak sengaja menemukan toko ini karena saya memang jarang sekali ke daerah sini. Toko kue ini menarik perhatian karena di papan nama tokonya tertulis 'modern bakery' tapi yang saya dapatkan adalah sebuah toko kue klasik yang sangat jelas terlihat dari etalase kue-kuenya. Kemudian saya mengintip ke dalamnya dan wow, saya rasa ini memang toko kue jadul yang sudah berada disini sejak lama. Ternyata benar toko ini memang sudah ada sejak 31 tahun lalu. 


Melihat-lihat kedalamnya, toko kue ini juga merangkap bakery yang menjual beraneka roti. Toko kue ini mengingatkan saya pada kue-kue yang sering hadir di acara arisan-arisan jaman saya masih kecil. Sepintas mirip kue-kue di pasar kue subuh Senen. Di dalam etalasenya pun kue-kue itu di tata apik dalam nampan plastik jadul bukan dalam fountain cake tier. Terlepas dari penampilan jadulnya, yang membuat saya amazed adalah mereka punya banyak jenis cake mulai dari birthday cake, wedding cake, pudding, mini cake dan agar-agar yang bahkan semua dummy-nya pun dipajang di etalase. It's really made me drooling apalagi pas mendengar harganya yang MURAH BANGET! Rata-rata kue per slice-nya dibanderol mulai dari Rp3.000 - 5.000 saja, sungguh seperti belanja di pasar subuh Senen.

Terlepas dari harganya yang murah, saya nggak menemukan bahwa kue disini juga 'murah' rasanya. Empat kue yang saya cicipi kali ini Orange Roll, Fruity Orange Jelly, Blackforest, dan Chocolate Peanut Roll. Satu hal yang bikin saya kaget semua tekstur kuenya keras banget. Awalnya saya pikir ini kue bantat. Tapi pas saya gigit semuanya empuk dan lembut sekali! How come how come they made it?! Rasa jeruk yang ada di Orange Roll dan agar-agarnya sangat tidak biasa, ada wangi pemanis jeruk yang khas dan seolah membuat nafsu makan saya meningkat. Sungguh enak! Cokelat dan kacang di kedua cake Blackforest dan Peanut Roll pun sangat kencang namun tidak membuat eneg perut saya.


Mungkin Sakura Anpan ingin ikut bersaing dengan toko kue lain yang lebih modern makanya mereka menamakan toko kuenya dengan embel-embel 'modern bakery'. Padahal saya lebih suka mereka tetap mempertahankan gaya klasiknya, karena saya tahu mereka tetap bertahan sampai sekarang. Terbukti dari teman-teman pecinta makan seperti saya yang juga pecinta produk kue dari sini. Saya memang boleh telat mengetahui keberadaan toko kue ini, tapi saya nggak pernah telat mencintai produk Indonesia. Ah, nggak sabar ingin berkunjung kesini lagi!



Sakura Anpan Modern Bakery & Cake Shop

Jl. KH. Agus Salim No. 25-25A
Jakarta (kawasan kuliner Sabang)
Telp. 021 -  3144253, 3900093

9 comments

  1. Oh I miss an old style cakery like in Rasa Jl Tamblong Bandung and Aroma Jl Braga Bandung

    ReplyDelete
  2. Ini toko kue jaman dulu ... Ibu saya pembuat kue, tapi hampir setiap Natal kita selalu beli kue juga di sini. Rasanya sederhana, tapi ennakkk. Rotinya juga enak, model roti jaman dulu, sejenis Tan Ek Tjoan gitu. Interior toko ini tidak berubah sejak dulu lho, termasuk contoh-contoh kue tart yang mengingatkan pada model kue tahun 1980-an :D

    ReplyDelete
  3. Mengingat jaman kecil dulu, kalo setiap gajian mama selalu ngajak beli Roti di toko ini. Saya paling suka roti Sosisnya :)))) *ah jadi kepengeeeennnn :((

    ReplyDelete
  4. Jadul abis nih toko kue...masih exist ya ternyata....

    ReplyDelete
  5. Masih ada toh toko kue ini....semoga bs bertahan....

    ReplyDelete
  6. Jaman dulu, Sakura Anpan memang sudah jadi 'Modern Bakery'. Biasanya sekretaris kantor saya suka pesan buat meeting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai thanks for blog walking to mine mbak..iyanih aku malah nggak tau kalo ini cake shop udah dari jaman dulu hihi...tapi enak bangeet, apalagi agar2nya...sukaaa

      Delete
  7. Kirain udah tutup tokonya :)
    balckforestnya enak bgt, bolunya lembut dark cherrynya banyak.
    Toko kue jadul tp rasanya ttp sama dari jaman dulu

    ReplyDelete
  8. aq suka rotinya padat gak cm ngembang2 kaya kue skrng aroma susu menteganya sangat terasa saat dicium hummm

    ReplyDelete