Sop Duren Margonda, Nagih Bangeet!

Saya pecinta durian a.k.a duren akut. Segala jenis penganan dari durian atau buahnya itu sendiri bagai surga buat saya. Ketika beberapa waktu lalu mampir ke depok dan mendengar ada kedai Sop Duren mata saya langsung bersinar-sinar.

Si sop duren ini lokasinya di Jalan Margonda Raya No. 1, tepatnya di lampu merah Ramanda, sebelah kanan kalau dari arah ITC depok. Kedainya emang kecil dan nggak terlalu keliatan sih, tapi kalau jeli pasti nemu deh. Sop Duren disini memiliki variasi penyajian, ada yang disajikan dengan roti, ketan, kacang hijau, sampai brownies! Ada juga yang berupa campuran dua topping seperti BeriTa (Stroberi - ketan), Karoke (kelapa -roti - ketan), Rotan (roti - ketan), dll. Buah durian yang dipakai seringnya durian lokal, tapi kalau sedang tidak musim, durian monthonglah yang dipakai.


Saya memesan sop duren dengan brownies dan roti. Jadi sop duren disini itu berupa kuah durian, dicampur durian asli yang yelah diblender, ditambah toppingnya dan es batu. Rasa kuahnya sendiri tidak terlalu manis mungkin untuk mengimbangi durennya yang sudah sangat manis. Durian yang diblender itu sangat lembut, semakin terasa nikmat diseruput bersama kuahnya dan renyahnya brownies cokelat. Ada sensasi rasa manis dan sedikit pahit menendang lidah saya. Luar biasa segar dan nagih! 


Sedangkan untuk sop durian yang memakai roti, roti yang dipakai berupa roti tawar pandan yang berwarna hijau. Rotinya meleleh bersama duriannya, dan menetralkan rasa durian yang manis. Sama nikmatnya dengan sop durian brownies. 

Variasi minuman di kedai sop duren ini memang hanya durian berkuah yang diisi dengan beragam toppping. Harag yang ditawarkan juga sangat terjangkau mulai dari Rp9.000 - 11.000 saja. Suasana kedainya cukup nyaman untuk kelas kedai pinggir jalan. Memang agak pengap karena hanya ada 1 kipas angin, tapi terlihat lebih luas karena diseluruh dindingnya dipasangi cermin. Pelayannya juga melayani dengan ramah dan cekatan, walau agak sedikit lama sekitar 20 menit karena pada saat kesana sedang ramai pembeli.

Huah, rasanya dua gelas sop duren tidak cukup untuk hari ini. Will be back for sop duren ketan yang kata adik saya lebih juara dari yang lain. 




6 comments

  1. ka numpang repost ya, buat tugas kuliah
    nanti aku sisipin source nya ko
    makasih

    ReplyDelete
  2. wah, ada sop duren di deket jakarta :D weekend ini mau berburu ah XD

    ReplyDelete
  3. Asli emang nih sop duren margonda ajiib pake bangett ga nanggung deh makan sop duren disono,pancake durennya juga dagingnya tebel n cukup murah ketimbang pancake di tmpat lain.Recomended..

    ReplyDelete
  4. kalo durian yang biasa dugunain durian jenis apa ya min? durian jawa apa durian asal pulau sumatera? thanks
    Inzanami

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai thanks for blogwalking...wah saya taunya mereka pakai durian lokal sih cuma nggak tau durian asal mana hehehe...

      Delete