Nikmatnya Sumsum Khas Rumah Sumsum

Saat memasuki resto yang terletak sebelum Istana Batutulis, Bogor ini mata saya disuguhkan dengan dekorasi bernuansa hijau, dari mulai dinding, sudut kasir, dan sudut dapur, sayangnya kursinya nggak hijau hihihi. Kapasitas ruangannya cukup besar, mampu menampung sekitar 100 pengunjung. Di sudut meja kasir terdapat begitu banyak pigura berisikan foto dan tandatangan selebritis yang sudah pernah mampir kesini. Wah emang terkenal banget ini resto ya!




Langsung saja saya dan teman-teman memesan menu untuk disharing. Ini dia menu yang kita pesan:

Sop Sumsum Sapi




Takjub banget pas ngeliat mangkuk yang gede berisikan tulang kaki sapi yang super gueedeeee! Wah ga kebayang gimana makannya. Ternyata namanya juga sop sumsum, jadi ya kita cuma nikmatin sumsumnya. Caranya nyedot sumsumnya langsung pake sedotan. Sluuurrpp...pas disedot sumsumnya langsung memenuhi mulut saya dengan rasa yang khas banget. Enaak, apalagi kuahnya yang super gurih!

Sate Sumsum




Ini lebih unik lagi, potongan sumsum di satukan dalam tusuk sate kemudian di bakar sebentar dan disiram bumbu kacang. Bumbunya pekat dan rasanya kacangnya cukup berasa dan sumsumnya jadi agak empuk seperti tetelan daging. It's better buat kamu yang nggak suka sumsum yang terlalu lembek. 

Iga Sapi Bakar




Beuh, yang ini juara banget juga buat saya. Iga sapinya empuk banget dagingnya. Bahkan pas dagingnya diiris langsung dari tulangpun gampang banget diirisnya. Dilengkapi bumbu kecap yang meresap banget sampai ke dalam daging. Plus aroma khas bakaran yang menjadikan iga bakar ini jadi mirip daging barbeque.


Sumsum Goreng




Sensasi lain makan sumsum nih. Sumsum dicampur sedikit terigu, dibentuk bola, dan digoreng. Jadinya seperti tahu goreng lho! Tapi tekstur sumsumnya nggak ilang sama sekali. Renyah diluar, lembut di dalam!


Es Teh Sereh





Es teh dicampur potongan sereh ini bener-bener segeeerr banget buat siang-siang panas gini! 


Es Kelapa





Ini juga ga usah diragukan lagi deh. Minum es kelapa pas banget buat menetralisir perut yang ga terlalu familiar dengan rasa sumsum yang sedikit membuat perut eneg.

Selain menu diatas, ada banyak varian menu lain tersedia disini seperti sate kambing dan sapi, paket nasi bakar sumsum, sop buntut, sop iga, soto ayam, dll. Sedangkan untuk minumannya ada bermacam-macam jus, es kelapa bandrek yang jadi khas disini, sekoteng dan aneka soft drink.

Untuk masalah harga gak perlu takut juga, harga makanan disini cukup terjangkau kok. Untuk aneka sop dan soto harganya mulai Rp19.000 – 21.000; aneka sate Rp17.000; iga bakar Rp23.000; aneka paket nasi mulai dari Rp.13.000 – 29.000; dan aneka minuman mulai dari Rp.3.000 – 13.000.

Jam buka restoran ini dari jam 10.00-21.00 weekday dan weekend. Parkirannya cukup luas, jadi jangan takut ga dapet parkir buat kamu yang bawa mobil. So, buat kamu penggila sumsum atau pecinta kuliner yang ingin merasakan sensasi lain makan sumsum, silahkan mampir di resto ini.

Opini:

Saya memang bukan penggila sumsum, tapi nyobain sumsum dengan cara uni dan dimasak model baru seperti sate sumsum dan sumsum goreng bikin saya nggak nyesel nyobain kuliner Indonesia ini. Suasana restonya pun homey, pelayannya ramah-ramah dan cepat. Serunya lagi mereka juga nyedian spot buat kita foto-foto dengan standing banner bertuliskan dan berlogo Rumah Sumsum. Langsung deh narsisnya saya dan teman-teman keluar hehehe...



Rumah Sumsum

Jl. Lawang Gintung No.21
Batutulis, Bogor

Telp. (0251) 8314759

5 comments

  1. Waah..baru tau ada restoran ini di Bogor..padahal tiap wiken selalu pulang ke Bogor...cari ahk..thanks yaah..

    ReplyDelete
  2. hihihi...maksi mengunjungi blogku...aku uda liat blog kamu juga waah keren bangett,,,jadi keliatan aku yg amatiran hihihi...

    ReplyDelete
  3. ga pernah LiaD.
    pdhL sering mampir batutuLis...


    pengkoLan mana yak...
    hmmmm

    ReplyDelete
  4. hai irvan thanks for visiting, haha ini di pengkolan setelah nagaswara radio lhoo kalo dari arah ekalokasari abis jalan berbelok dari nagaswara keliatan kok disebelah kanan warna ijo restonya....

    ReplyDelete
  5. kalau ke bogor harus nyobain yang ini ah... :)

    ReplyDelete