Pempek Megaria

Lagi asyik-asyiknya ngobrol sama teman yang suka kuliner juga, tau-tau ia menawarkan untuk mencicipi pempek Megaria yang tersohor itu. Saya sebenarnya sudah sering mendengar ada pempek enak disana, tapi saya pikir apa sih istimewanya pempek, kalau nggak yang asli banget Palembang sudah barang pasti rasanya sama aja disemua tempat. Namun, segitu keukehnya teman saya merayu saya untuk mencobanya, radar food blogger saya langsung menyala. Sepertinya memang patut dicoba kalau semua orang saja sudah bilang pempek Megaria itu juaranya pempek di Jakarta.

Then, I arrived at pempek Megaria which is located inside the area of Metropole XXI theater, dulu orang menyebutnya Megaria. Hanya ada satu kedai pempek disini, jadi nggak akan bingung kalau mencari si pempek Megaria ini. Sepintas kedai ini memang terlihat kedai lama, terlihat dari dinding dan lantainya yang mencerminkan kedai tanpa renovasi sejak pertama kali didirikan. Dapurnya pun masih terlihat kuno. Tempatnya juga kecil hanya berkapasitas sekitar 25 orang mungkin. Namun, pas saya datang kesini penuh banget sama yang ingin makan.

Namun, saya nggak berharap rasa pempeknya menjadi baru, justru saya mencari pempek otentik khas si pempek Megaria yang sudah berdiri sejak tahun 1949. Pempek yang ditawarkan disini ada banyak jenis, tiga yang terkenal adalah pempek kapal selam, lenjer dan pempek adaan. Langsung saja saya memesan pempek kapal selam, lenjer dan bulat. Yang membuat saya terkejut adalah ukuran pempeknya yang besar dan harganya cuma Rp12.000 saja!

Testur pempeknya empuk banget, lembut, dan rasa ikannya sangat terasa bahkan saya sampai mencium bau ikannya, tapi tidak amis. Dengar-dengar enaknya rasa pempek ini karena pemilihan ikannya juga. Mereka menggunakan ikan tenggiri yang segar dnegan sagu Tani yg terkenal mahal, dan penggunaan santan disaat pempek mulai digoreng. Cukanya pun tidak terlalu tajam, terasa gurih, manis, dan pedas yang meresap sampai ke dalam pempeknya. Yang lebih serunya di dalam pempek kapal selam ada telur yang benar-benar besar bukan hanya potongan-potangan saja. Wuaahh, benar-benar kenyang perut saya makan satu biji pempek aja!




Saya merasa puas banget dengan hasil rekomendasi teman saya ini. Mungkin bagi kalian pecinta pempek sudah hapal bagaimana rasa pempek pada umumnya, tapi pasti berani bilang beda saat mencicipi pempek asli Palembang disini. Apalagi untuk mendapatkan pempek sebesar ini dengan harga dan rasa yang ditawarkan, rasanya cukup sulit di Jakarta. Sepertinya saya pun akan kembali kesini, mencicipi menu pindang patin yang katanya juara juga....aaahh how I adore Indonesian food!

Psstt...katanya pempek Megaria ini bersaing juga dengan Pempek Pak Raden ya...ada yang udah pernah coba? Lemme know ya lebih enak pempek Megaria atau Pak Raden hihi...


Pempek Megaria

Komplek Bioskop Metropole
Jl. Diponegoro, Senen
Jakarta Pusat
Telp. (021) 3910921

1 comment

  1. Wah luar biasa ulasannya.. Pasti temannya sangat knowledgeable dalam hal kuliner di Ibukota ya

    ReplyDelete