Kwetiaw Sapi 78 Mangga Besar

Beberapa waktu lalu saya diajak seorang teman saya yang juga pecinta kuliner Indonesia ke daerah Mangga Besar. Disana katanya ada kwetiaw siram yang sudah berdiri lebih dari 20 tahun. Saya bukanlah orang pecinta kwetiaw hanya penikmat. Namun, diiming-imingi dengan kuah siram yang sepertinya menggiurkan, akhirnya


Terdamparlah saya di salah satu area yg disebut-sebut red distric-nya Jakarta.


Kwetiaw Sapi 78 Mangga Besar nama restorannya. Lokasinya dipinggir jalan raya Mangga Besar, seberangnya Lawson. Mungkin ini bukan restoran, lebih mirip rumah makan namun berukuran besar dan sederhana. Rumah makan yang di dominasi spanduk-spanduk 78 berwarna kuning ini sangat ramai malam itu. Di depannya terdapat penjual sekoteng pontianak dan penjual aneka kue kering. Di sebelah kanan pintu masuk terlihatlah dapur terbuka dengan beberapa tukang masak dan pelayan sibuk dengan kegiatannya melayani pengunjung. RM punya dua area di dalam atau di luar ruangan, tapi keduanya sama-sama indoor. Hanya saja di bagian luar lebih terasa luas dan tidak pengap.


Saya memilih Kwetiaw Siram Seafood dan Sapi serta Es Kacang Hijau untuk menu makan malam kali ini.


Kwetiaw Siram Sapi  ini disajikan dengan kuah kental gurih. Kuahnya terbuat dari campuran sagu dengan rasa gurih dan sedikit asin menyatu sempurna dengan potongan daging sapi yang empuk.  Kwetiaw-nya bertekstur pas, tidak terlalu kenyal atau terlalu lembek. Jika suka bisa menambahkan sambal buatan sendiri yang rasanya asam-pedas.






Sedangkan Kwetiaw Siram Seafood rasa dan tekstur kwetiawnya sama dengan Kwetiaw Siram Sapi bedanya hanya diisi dengan seafood dan sayuran. Hanya saja si kuah untuk kwetiaw siram seafood ini lebih asin dari kwetiaw siram sapi.




Setelah menikmati panasnya kwetiaw siram, saya menyegarkan kerongkongan dengan Es Kacang Hijau Pontianak. Es yang dibuat dari sari kacang hijau asli ini sangat menyegarkan tenggorokan dan ampas kacang hijaunya pun tidak terlalu terasa di tenggorokan.




Selain kwetiaw siram, Kwetiaw Sapi 78 Mangga Besar juga menyajikan aneka makan siram lainnya dan rata-rata berbahan dasar mie, seperti  mie siram, bihun siram, dan locupan (spaghetti a la Tiongkok) siram. Ragam isi mie dan bihunnya pun beragam, mulai dari sapi, ayam, seafood, sayuran dan lainnya.


Harga yang ditawarkan disini juga cukup pas untuk porsinya yang lumayan besar yaitu Rp25.000 untuk aneka kwetiaw/mie/bihun siram. Aneka minuman dibanderol Rp5.000-8.000 saja.


Saya suka sekali dengan pelayanan mereka yang sigap saat saya datang. Pelayan disana memang cukup banya dan siap membantu mencarikan tempat duduk yang kosong dan menawarkan menu sesuai pesanan. Makanan tersaji 20 menit di meja saya dan itu cukup bisa ditoleransi untuk ukuran rumah makan yang ramai pengunjung namun memiliki tukang masak terbatas. Suasana rumah makannya cukup nyaman walaupun memang berisik saking ramainya plus ada banyak penjaja makanan kecil yang hilir mudik meja ke meja menawarkan dagangannya.





Overall, saya suka makan di sini. Will be back someday untuk nyobain mie atau bihunnya.

Kwetiaw Sapi 78 Mangga Besar

Jalan Mangga Besar Raya No. 78D
Jakarta Barat

No comments