[Product Testing] Mr. Crunchy: Cara Baru Nyemil Rengginang

Pernah kepikirian nyemil makanan tradisional dengan cara modern? Kalau melihat tren dunia jajanan akhir-akhir ini, kita bisa tengok booming keripik singkong super pedas dengan berbagai merek itu. Pasarnya pasti anak muda yang notabenenya sudah jarang makan cemilan tradisional. Dengan berbagai cara, beragam cemilan tradisional seperti keripik singkong itu di modifikasi dengan berbagai rasa dan dipasarkan dengan kemasan yang sangat menarik. Salah satu yang ikut meramaikan dan menaikkan pamor cemilan tradisional lainnya adalah MR. Crunchy. MR disini bukan hanya disebut 'Mister' melainkan juga singkatan dari mini rengginang. Yes, kalau kalian terlahir dari keluarga di daerah Jawa Barat pasti hapal dengan cemilan ringan nan krenyes-krenyes bernama rengginang atau rangginang. Makanan ringan yang terbuat dari beras ini kalau di daerah asalnya rasanya 'kampung' sekali plain atau asin. Rengginang sudah pasti jarang ditemui di kota-kota besar seperti Jakarta, saya juga jarang melihatnya di jual di toko-toko kue. Paling banyak rengginang memang masih dibuat sendiri sebagai cemilan rumah di beberapa daerah di Jawa Barat seperti kampung saya, Serang - Pandeglang.

Bagi saya sendiri, rengginang itu cemilan yang cukup enak dan mengenyangkan apalagi kalau digoreng sangat garing. Nah, untuk membuat orang-orang makin mengenal cemilan tradisional ini, MR. Crunchy membuat gebrakan baru memodifikasi cemilan 'kampung' ini menjadi lebih punya 'rasa'. Dengan tagline 'The Fun is Yours', cemilan yang berasal dari ide bisnis empat orang mahasiswa Prasetya Mulya Business School ini mengajak anak muda Indonesia untuk lebih fun menikmati cemilan tradisional ini dengan rasa baru. Rasa yang coba ditawarkan oleh MR. Crunchy yaitu rengginang rasa pedas, keju, sapi, cokelat dan yang terbaru rasa rainbow alias rengginang warna-warni dengan rasa yang berbeda di tiap warna.

Lucky me, saya mendapat kesempatan mencicipi cemilan kesukaan saya ini dalam model barunya. MR. Crunchy rasa Rainbow yang pertama kali menggoda saya dengan warna-warninya. Hadir dalam kemasan premium atau di dalam toples, MR. Crunchy Rainbow ini terdiri dari 6 warna dan 6 rasa, yaitu Ungu – Grape, Pink- Strawberry, Biru – Bubble Gum, Hijau – mint, Kuning – lemon, dan Orange – Jeruk. Saat baru pertama membuka toplesnya, harum cokelat aneka rasa itu langsung menguar dan menjilat-jilat hidung saya. Yang paling kuat itu aroma bubble gumnya! Manis kayak marshmallow! Cokelat pada rengginangnya menempel dengan baik, cukup pekat dan rasa buahnya terasa berbeda di setiap warna. Untuk yang bubble gum, mint dan lemon, rasanya sangat mirip dengan saat saya mengunyah permen karet, makan daun mint dan lemon, sedangkan yang lainnya cenderung kuat di aromanya saja dan ketika saya mencoba rasanya hanya manis saja. Rengginangnya juga masih crunchy lho walau sudah bersalut cokelat pekat begitu! Rasanya saya seperti tidak nyemil rengginang lagi kalau begini sih. Enyaak...enyaaaak!


Sedangkan, MR. Crunchy Rasa Sapi hadir dengan family package dalam plastik dan dus serta rasa versi asin dan rasa sapi yang tidak terlalu pekat. Rengginang ini bersalut bumbu rasa sapi yang menurut saya kurang 'greget'. Hanya terasa di awal gigitan pertama, selanjutnya saya mendapati after taste rasa rengginang yang asin seperti normalnya. 


Begitu juga dengan MR. Crunchy Rasa Pedas, bumbu pedasnya menurut saya juga belum terlalu pedas. But it's okay karena mereka belum memiliki tingkatan kepedasan seperti keripik singkong yang terkenal sebelumnya itu. 


Overall, saya suka dengan gebrakan baru ini. Rengginang yang biasa saya makan berukuran besar-besar itu kini hadir dalam bentuk mini dan mudah dimakan. Tekstur yang garing dan rasa yang beragam juga membuat pecinta cemilan seperti saya makin demen nyemil hehehe...Mungkin MR. Crunchy bisa terus mengembangkan rasa rengginangnya dan membuat bumbu-bumbunya lebih pekat sehingga walaupun yang dimakan rengginang, penikmat cemilan ini tetap bisa merasakan sensasi makan rengginang yang tidak biasa. Hmmm...saya berpikir bagaimana kalau saya nyobain rengginang bersalut cokelat dengan rasa durian atau rasa pizza. Sounds good, ya hehehe...


Anyway, thank MR. Crunchy for sending me the sampler. Success for your business dan mari melestarikan cemilan ASLI INDONESIA!

MR.Crunchy team

P : 0818 068 74594
t : @myMRCrunchy 
talktomr.crunchy@yahoo.com

No comments