[Product Testing] : Cemilan Kampung Naik Kelas by Desanesia

Hayo, ngaku siapa yang nggak kenal rangginang dan keripik bayam, ngacung?! Kalau kenal berarti kalian pemakan sejati hahaha…Yup, kalau yang masa kecilnya tinggal di kampong terutama daerah Jawa Barat pasti tau deh cemilan yang namanya Rangginang atau Rengginang yang terbuat dari nasi yang dikeringkan. Kalau keripik bayam sudah pasti banyak sekali dijual di toko snacks malah awalnya dulu terkenal banget sebagai oleh-oleh khas dari Puncak hihihi…

Beberapa waktu lalu saya mendapatkan kesempatan untuk testing produk-produk Desanesia, sebuah merk dagang dibawah naungan Innovation for Community Development Center Indonesia. Produk-produk tersebut berupa Rangginan Mini yang merupakan hasil pemberdayaan wanita di Desa Cikoneng, Kabupaten Bandung dan Keripik Bayam hasil pemberdayaan wanita tani di Desa Cikidang, Kecamatan Lembang.

Rangginang Mini hadir dengan 3  varian rasa yaitu original, pedas, keju dan cokelat. Yang paling menarik hati saya adalah kemasannya yang sangat eye-catchy berupa kotak berbentuk persegi dengan tutup segitiga dan berwarna kuning! Dari luarbenar-benar tak terlihat kalau ini cemilan tradisional. Very good marketing idea!


Saya mencicipi varian Rangginang Mini rasa keju dan pedas. Rangginang Mini rasa keju dibalut dengan lelehan keju diatasnya beserta sprinkles warna-warni. Rasa kejunya menurut saya tidak seperti rasa keju asli, lebih seperti cokelat leleh dengan rasa asin dan manis namun membuat rangginang ini jadi beda dari kebanyakan rangginang. Rasa plain berpadu dengan rasa manis dan asin menghadirkan senasi nyemil rengginang yang unik!


Kalau Rangginang Mini rasa pedas lebih gurih dan sangat terasa pedasnya. Saya lebih suka ini karena masih mengangkat rasa asli si rangginang yang asin dan gurih dan mengingatkan saya akan rangginang asli orang Sunda. Ah saya jadi kangen tanah Pandeglang, kampung tercinta saya hihihi...


Sementara, Keripik Bayam hadir dengan dua rasa, Original dan Spicy. Keduanya dikemas dengan kemasan yang juga unik berbentu seperti tas jinjing berwarna hijau untuk yang original dan merah tua untuk yang spicy. 


I love both the original dan spicy. Keripiknya masih renyah sekali meskipun dikemas dan tanpa bahan pengawet loh! Rasa yang Original gurih dan sedikit asin sedangkan yang spicy pedas sekali tapi nagih hehehe...


Keripik Bayam Original

Keripik Bayam Spicy

Rasanya senang sekali bisa turut mendukung produk-produk handmade lokal sekarang ini. Meskipun belum terlalu luas pasarannya, saya yakin produk Rangginang Mini dan Keripik Bayam dari Desanesia bisa semakin dikenal banyak orang dan mampu bersaing dengan produk sejenis.

Untuk kamu-kamu yang suka nyemil dan ingin mendapatkan produk Desanesia ini bisa langsung menghubungi distributor dan reseller-nya. Sampai saat ini kebanyakan masih berdomisili di Bandung. But hey you can shop online anytime right now hehehe...Untuk lebih jelasnya silahkan buka daftar distributor dan reseller mereka disini.


Yuk, dukung produk-produk cemilan lokal kita dan makin cintai makanan Indonesia! 

Desanesia
Jl. Butik Kumeli 80A
Bandung, Jawa Barat
Cp. 081322335195
Twitter: @desanesia
email: desanesia.info@gmail.com


No comments