[RECIPE] TRIPLE CHOCO BROWNIE


Tomorrow is my third little sister birthday and I'm thinking about making simple cakes for her. Berhubung cuma ada sisa bahan-bahan ovo-brownie kemarin, jadilah saya bikin lagi browniesnya hahaha....but now, saya ganti cokelatnya dengan choco chips dan tengahnya saya tambahkan lelehan selai cokelat Mariza, jadi hasilnya fudgy dan ada melted chocolatenya gituuu hehehe...Resepnya sama seperti ovo-brownies yang sudah saya posting disini. Hanya ada sedikit penambahan teknis saja. Yuk bikin brownies!

Bahan

6 butir telur
400 gr gula pasir 
200 ml minyak goreng
1 sdt vanila bubuk
200 gr coklat blok atau dark cooking chocolate (DCC), cincang dan lelehkan, sisakan sedikit untuk hiasan di bagian atas kue
400 gr tepung terigu protein sedang ( saya pake tepung segitiga biru)
50 gr coklat bubuk (saya pake Java)
1 sdt baking powder
Selai cokelat secukupnya, lelehkan biar nggak terlalu pekat (saya pakai Mariza)
Choco chips untuk taburan di dalam dan di atasnya

Cara membuat
1. Panaskan oven 190 C. Alasi loyang dengan kertas roti, sisihkan.
2. Kocok telur, gula pasir, vanila dengan mixer kecepatan rendah, berhubung saya nggak punya mixer jadi saya pakai hand-whisker dan aduk sampai rata saja. 
3. Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk dan baking powder. Tambahkan ke adonan sedikit demi sedikit sambil aduk rata ngaduknya, saya pakai spatula cuma sekitar 4x aduk sampai rata aja semuanya. Pokonya jangan kelamaan ngaduk nanti ngembang banget kayak kue bolu hehehe....
4. Tuangkan coklat DCC leleh, aduk rata dengan spatula. 
5. Masukkan minyak, aduk rata lagi
6. Tuangkan setengah adonan ke loyang. Lalu, tuangkan lelehan selai cokelat ke bagian tengah secara memanjang, taburkan choco chips kemudian tutup dengan sisa adonan lagi. Tuangkan sisa DCC ke bagian atas sambil membuat motif sungai. Taburkan lagi choco chips di atasnya.
7. Panggang di rak atas selama 25 menit untuk mendapatkan shiny crust yang cantik. Setelah 25 menit, segera pindahkan ke rak bawah dan turunkan suhu menjadi 150 C. Panggang lagi selama 20-25 menit. Angkat dan dinginkan.

Btw, resep di atas adalah 2x dari resep saya sebelumnya karena kali ini saya menggunakan loyang kotak ukuran 24x24 yang lebih besar dari loyang panjang brownies standar. Jadi adonannya pun harus 2 resep, nggak boleh lebih nggak boleh kurang loh harus semuanya di kalikan dua hehehe...


Tadaaa ini hasilnya hahaha...agak-agak melenceng dari perkiraan soalnya sungai cokelatnya jadi berantakan karena saya nuanginnya asal-asalan hihihi...tapi kue-nya tetap fudgy dan melted di dalam. Saya lupa memotret bagian tengahnya karena kalau dipotong semuanya besok kasian adik saya dong, kuenya nggak surprise lagi hehehe....Anyway, til my next baking!


Comments