[RECIPE] SCHOTEL TAHU KEJU PANGGANG


Resep ini merupakan resep all-time favorit keluarga saya kalau lagi bingung mau masak apa sih hehehe. Biasanya sih mama saya menyebutnya pepes tahu karena beliau membuatnya dikukus menggunakan daun pisang, namun saya membuatnya dengan versi lebih modern plus ditambhakan melted cheese kesukaan anak saya (soalnya apapun yang dibuat dengan keju pasti dilahap habis sama Arga hihihi). Respenya saya dapat original dari mama dengan tambahan sesuai selera saya. Yuk ibu-ibu masak lagi!

Bahan:

1 buah tahu cina besar, haluskan
1 buah wortel, cincang halus
100 gr daging sapi cincang atau sesuai selera
2 butir telur kocok lepas
1 buah bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
100 ml susu full cream
Merica bubuk secukupnya
Garam secukupnya
Kaldu ayam bubuk secukupnya (saya pakai Alsultan yg non MSG)
100 gr keju cepat leleh (untuk adonan dan taburan)

Cara Membuat:
- Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum lalu masukkan wortel dan daging masak hingga setengah matang,sisihkan
- Campur bahan tumisan di atas dengan susu, telur, tahu, keju dan garam serta merica. aduk rata dan cicipi rasanya sesuai selera
- Masukkan ke pinggan tahan panas dan panggang dalam suhu 150 dercel selama kurang lebih 45 menit. Tes tusuk untuk memastikan dalamnya sudah matang.
- Taburkan keju cepat leleh di 15 menit terakhir biar ga gosong soalnya cepat leleh sekali
- Angkat dan dinginkan

FYI, foto yang ada di postingan ini saya buat nggak lama setelah schotel tahunya selesai dipanggang dan langsung saya potong jadi masih terlihat lembek dan basah. Aslinya, kalau didiamkan dulu sekitar 30 menit akan jadi lebih padat hihihi dan schotel tahu ini tahan hampir 1 minggu di kulkas lho. Jadi, lumayan kan irit bahan makanan, tinggal keluarin dari kulkas, hangatkan, santap deh. Selamat mencoba!




No comments