[TRAVEL REVIEW] Butterfly Garden, Terminal 2, Changi Airport Singapore


It's been so many years I've not pay a visit to Singapore, padahal negara tetangga ini deket banget sama Indonesia tercinta dan tiketnya pun udah kayak beli kacang rebus, murah-meriah lebih murah daripada ke Raja Ampat atau ke Bali pas peak season. Nggak heran tiap wekend Singapura isinya orang-orang Indonesia yang either cuma pengen belanja, makan atau sekedar apmer foto di depan Merlion hahaha...lebih aneh lagi orang Indonesia macam aku yang ke Singapura cuma main-main di aiport-nya bhahaha macam OKB banget yeee kaan! But honestly, last week, aku ke Singapura memang beneran cuma numpang transit di Changi Airport terus pulang lagi demi pekerjaan *cieee 
Jadi ceritanya aku dan beberapa teman-teman influencer dapat project untuk ngereview Changi Airport gitu, aku kebagian ngereview street food mereka. Nah berhubung waktunya singkat dan aku pun cuma berdua sama temen kantor yang rela menemani (kecuups basah @saikofebi) jadilah aku nggak extend di Singapura. Bingung juga sih soalnya bingung aja mau kemana hihihi...


 



Anyway, di sela-sela kejar-kejaran waktu review restoran sana-sini, aku sempetin mampir ke salah satu transit attraction di Changi Airport. Ini nih yang aku suka dari bandara sekelas Changi Airport, selain di desain ala luxurious mal dengan pusat perbelanjaan dan makan yang lengkap, Changi Airport juga memanjakan siapapun yang terbang/mendarat/transit di Changi betah, jadi nggak ada tuh istilah "transit is the boring time ever" lagi kalau di Changi Aiport. Mereka punya fasilitas sangat lengkap untuk memanjakan penumpang yang transit disini, salah satunya taman tematik. Yup, taman tematik ini hampir tersedia diseluruh area terminal mulai dari T1-T4 dengan tema yang berbeda-beda, ada Sunflower Garden, Butterfly Garden, dll. Berhubung pesawatku Lion Air dan mendarat di Terminal 3, aku hanya sempat mengunjungi Butterfly Garden. 


Butterfly Garden atau Taman Kupu-Kupu ini berlokasi di Level 2 & 3, Transit Area Terminal 3. Jadi. pastikan saat kamu mendarat di Terminal 3, jangan keluar imigrasi dulu. Pergilah menuju area Singapore Food Street Food Court di Lantai 2 (setelah Louis Vuitton store), lalu jalan sampai ke ujung area food court-nya, di sebelah Seven Elevan ada pintu masuk Butterfly Garden (ada petunjuk-nya juga kok, nggak usah takut tersesat disini hihihi). Posisi pintu di lantai 2 ini sebenarnya bersebelahan dengan Ambassador Lounge in case kamu bingung mencari pintu dari arah Singapore Food Street. Butterfly Garden ini buka dari jam 7 pagi - 9 malam, tapi lebih baik mampir kesini di siang hari hehehe...

Pas masuk kesini aku langsung disambut udara dingin dengan suara gemericik air terjun yang membuat aku seolah berada di hutan, beneran nggak berasa deh kalau ini di bandara. Pepohonan hijau dan bunga-bunga yang berwarna-warni langsung menghangatkan mataku. Duuuh, indah banget deh ini taman. Karena aku masuk dari lantai 2, jadi aku harus menuruni tangga melingkar menuju taman di bawahnya, disepanjang tangga banyak banget kupu-kupu cantik yang hinggap...iiih pengen aku comot aja!


Sampai di lantai 1, aku lebih amaze lagi karena berasa dikerubutin kupu-kupu hihihi...nggak heran sih, soalnya di taman kecil begini ada sekitar 1.000 kupu-kupu tropis dari sebanyak 40 spesies yang berbeda-beda tiap musimnya. Di beberapa spot juga sengaja ditanam nanas madu untuk memancing kupu-kupu hinggap, jadi puas banget deh liat kupu-kupu berkerumun begitu....


Yuk, lihat hasil jepretan saya, agak susah sih memang memotret hewan terbang ini, aku harus extra hati-hati karena sebentar-sebentar terbang hihihi...

 
Cantik-cantik kaaan kupu-kupunya! Puas banget deh spent time beberapa menit di dalam taman kupu-kupu ini. Bisa fotoin kupu-kupu cantik, belajar singkat tentang populasi kupu-kupu atau sekedar berselfie ria. So, kalau kamu punya waktu transit yang cukup lama, atau baru mendarat di Changi tapi nggak pengen buru-buru keluar bandara, sempetin deh 10 menit saja ke Butterfly Garden ini, apalagi kalau bawa anak-anak, pasti mereka seneng banget! 

See you on the next Changi Aiport review, guys! 

Butterfly Garden
Departure Transit Lounge Level 2-3
Changi Airport, Singapore

How to get there:
- Dari T3 bisa langsung menuju area departure lantai 2 dekat Singapore Food Street Food Court
- Kalau kamu mendarat di T2, pastikan kamu masih di area arrival/transit, jangan keluar imigrasi dulu. Ada sky train di dalan transit area T2 menuju ke T3
- Kalau kamu mendarat di T1, kamu harus menggunakan sky train menuju T3. Tapi kalau dari T1, kamu harus naik sky train menuju T2 dulu, lalu dari sky train T2 lanjut naik sky train lagi ke T3.
- Waktu tunggu masing-masing sky train hanya sekitar 5 menit bahkan less than itu kok. 

No comments