[NEW SPOT] BAN-DA RAMEN, CIBADAK, BANDUNG


Heyhooo pecinta makanan Jepang, kali ini aku akan ngebahas restoran Jepang yang baru di buka di Bandung nih, namanya Ban-Da Ramen. Lokasinya di Jalan Cibadak, tepatnya di area kuliner Cibadak yang tersohor itu. Agak surprise pas tau ada restoran cantik ini 'nyempil' di antara para pedagang street food yang ramai menjelang malam dan senangnya lagi, aku taunya daerah Cibadak ini pusatnya kuliner non halal, eh ternyata Ban-Da Ramen ini semua makanannya NO PORK, NO LARD & NO ALCOHOL lho!


Area restorannya cukup besar dengan nuansa abu-abu dan cream dan cokelat dan warm light yang bikin betah berlama-lama disini. Untuk memesan makanan, kita diharuskan mengantri langsung ke depan open kitchen-nya. Asik banget selain bisa melihat langsung proses masaknya, kita nggak perlu menebak-nebak seperti apa makanan yang ditawarkan. 


Ada beberapa pilihan ramen disini, seperti Cheese Ramen, Tori Paitan Ramen (Rich Chicken Broth), Tan Tan Ramen (Spicy Sesame Seed), Butter Tonyu Ramen (Butter with Soymilk) dan Gyusohu Ramen. Favorit disini adalah Tori Paitan Ramen dengan kuah kaldu ayam yang digodok selama 10 jam sehingga tidak heran kuahnya super kental dan gurih! Selain ramen, ada juga Chicken Yakitori, Gyudon dan Okonomiyaki yang bisa kalian coba. Yuk intip menu favorit aku disini apa aja:

Tori Paitan Ramen - 45K

Memang benar ramen ini jadi yang favorit disini, kuahnya dimasak selama 10 jam sampai kental, gurih namun tidak "giung" (eneg) kalau kata orang Sunda. Ci Hanny sang pemilik Ban-Da Ramen yang menyempatkan waktunya ngobrol sama saya disela-sela makan, bercerita betapa cintanya dia akan dunia kuliner terutama masakan Jepang. Cita-citanya ingin menawarkan ramen Jepang yang beda dari kebanyakan namun dengan harga yang terjangkau dan terus membuat ornag ingin kembali lagi. 


Tori Paitan Ramen ini memang pasti akan membuat orang ingin kembali kesini, selain kuahnya yang super nagih, isian ramen-nya pun very generous. Potongan ayam yang besar dan empuk, ajitsuke tamago (Japanese style soft-boiled egg), nori, wakame, dan sawi hijau. Sukaaa banget sama kuahnya plus porsinya pas. Oiya, kmau juga bebas pilih mie ramen-nya disini, ada yang original, tipis atau tipis dengan charcoal. Aku sendiri lebih suka yang tipis soalnya nggak gampang bikin kenyang hehehe...


Yakitori - 4,5K per pcs

Salah satu yang WAJIB banget coba kalau makna disini nih guys. Yakitori disini ada 3 pilihan: Chicken Yakitori, Uzuranotamago (telur puyuh) dan Reba & Sunagimo (ati dan ampela ayam). Untuk Chicken Yakitori-nya pun tersedia dalam 3 rasa: manis, asin dan pedas. Aku cobain semua chicken yakitori-nya dari yang manis, asin sampai pedas. Dan asiknya potongan sate ayamnya disini gede-gede banget! dan harganya cuma 4 ribu per tusuk. Gila sih, murah banget menurut aku. Favorit aku yang manis dan asin pastinya hehehe...dagingnya juicy dan nagihin banget lah pokoknya! 4 tusuk aja kenyang gila hehehe...


Gyudon (plus rice) - 38K

My hubby's fav. Suprisingly, beef gyudon-nya juicy dan bumbu-nya meresap banget. Dimakan hangat-hangat dengan nasi, beuh mantap deh!


Okonomiyaki - 18 K


Kalau nggak pengen makan berat tapi pengen kenyang, bisa nih cobain Osaka's style Okonomiyaki. Pancake khas Jepang yang sudah terkenal banget di Indonesia ini disajikan seperti aslinya di Osaka, Adonan tepungnya nggak terlalu padat namun kenyal dengan isian lengkap mulai dari kol, daging, dan ditaburi mayonnaise, katsuobushi dan nori. Nyam nyam!


Desserts - Soft Serve Ice Cream (available in Matcha, Vanilla atau Mix) - 8K

Ini nih yang asik dari Ban-Da Ramen, mereka punya es krim matcha yang susah banget aku cari di restoran Jepang sekarang ini hehehe...Surprisingly, porsinya gede, es krim-nya juga enyaaak...Suka banget sama matcha-nya, lembut, berasa banget green tea-nya dan wanginya itu lho, menggoda euy! Buat yang suka vanilla, ini juga wajib coba atau mix vanilla dan matcha biar gak rebutan sama temen kamu hehehe...


Overall, aku super puas makan disini. Selain pilihan-nya banyak, harga-nya pun masuk kantong banget. Servis cepat dan suasana restoran-nya pun nyaman untuk berlama-lama. Aku yakin deh Ban-Da Ramen ini bakalan jadi tempat nongkrong yang diperhitungkan di tengah ramainya kuliner Cibadak yang mostly masakan Chinese dan Indonesia. Yuk, yang lagi kepengen banget makanan Jepang sila mampir ke Ban-Da Ramen.

Ban-Da Ramen

Jalan Cibadak 111
Bandung
IG: @bandaramen

No comments