Warung Sego Nusantara: Mencicipi Nikmatnya Aneka Nasi Khas Nusantara di Bandung


Siapa yang suka nasi campur ngacuung? Aku salah satu yang suka banget sama aneka nasi khas Nusantara. Biasanya di setiap daerah itu ada nasi campur khas-nya, kayak Bali yang punya Nasi Campur Bali, Semarang yang punya Nasi Ayam, Cirebon dengan Nasi Lengko-nya atau Bandung dengan Nasi Kuning-nya. Semua-nya terasa lezat dan pasti jadi inceran tiap kulineran di daerah tersebut. Tapi gimana dong kalau tiba-tiba lagi kepengen Nasi Ayam Semarang tapi nggak ada bujet buat ke Semarang? Kayak aku nih tau-tau pengen Nasi Lengko Cirebon tapi susah kan nyari-nya di Jakarta...


Guuys, kaleeem, aku kasih kamu satu tempat baru di Bandung yang bisa ngasih kamu semua aneka nasi khas Indonesia yang kamu suka. Yup, namanya Warung Sego Nusantara. Dari namanya aja udah keliatan kan kalau warung ini menjual "sego" a.k.a nasi dan serunya bukan sembarang nasi, melainkan aneka nasi khas Nusantara seperti Nasi Ayam Semarang, Nasi Gandul Pati, Nasi Uduk Purwakarta dan Nasi Lengko Cirebon. Yeaaay, akhirnya nggak perlu jauh-jauh ke Cirebon kaaan...


Warung Sego Nusantara ini berlokasi di Jalan Karapitan 44A. Warungnya berupa ruko yang cukup luas, ada area outdoor-nya juga buat yang mau ngadem sore-sore sambil nyego. Warung ini memang hanya buka di jam 5 sore hingga jam 10 malam. Jadi, tahan dulu ya kalau siang-siang kepengen Nasi Ayam Semarang hihihi...Di Warung Sego Nusantara ini kamu bisa melihat langsung pembuatan aneka nasi khas Nusantara tsb karena mereka punya meja prasmanan dimana kamu juga bisa memilih aneka menu tambahan seperti sate usus, sate telur puyuh, aneka gorengan sampai ke telur gulung yang hits banget itu!


Yuk lihat menu rekomendasi aku disini:

Nasi Lengko Cirebon

Kalau yang udah pernah ke Cirebon dan nyobain Nasi Lengko ini pasti tau deh enaknya kayak apa. Nasi Lengko ini adalah nasi yang disiram saus kacang dengan potogan tahu, tempe, kecambah, semur telur, makin nikmat jika ditambah kecap manis. Rasanya seperti makan gado-gado pakai nasi tapi dengan versi lebih ringan sausnya. Di Warung Sego Nusantara ini rasa bumbu kacang dan penyajian-nya sudah sangat mirip dan komplit seperti pada umumnya Nasi Lengko di Cirebon.


Nasi Ayam Semarang

Nasi Ayam kalau di Semarang terkenal banget dijajakan malam hari di tenda-tenda pinggir jalan. Jangan bayangkan makan nasi dengan ayam goreng ya, kalau di Semarang,  nasi ayam ini adalah nasi yang dimakan bersama sayur opor manis, tahu dan telur opor, suwiran ayam dan diguyur kuah opor kuning. Nasi-nya sendiri bukan nasi biasa melainkan nasi yang sudah dimasak dengan santai dan rempah-rempah seperti daun salam dan serai. 


Sayangnya, di Warung Sego Nusantara ini tidak menyajikan krecek, padahal aslinya nasi ayam di Semarang pasti khas menggunakan krecek sebagai pelengkap. Tapi jangan salah, meskipun tanpa krecek, Nasi Ayam Semarang ini sangat enak dinikmati kok, apalagi dengan rasa gurih dan manisnya, bikin kamu jadi kangen deh sama Semarang! Oiya, kalau kamu nggak suka manis, kamu bisa request kok menambahkan sambal supaya kuah sayurnya jadi lebih pedas. 

Nasi Gandul Pati

Nah sejujurnya aku belum pernah nih nyobain Nasi Gandul khas kota Pati. Jadi nggak tahu seperti apa rasa aslinya. Kalau dilihat presentasinya sih nasi ini seperti nasi semur, soalnya disiram semur daging kuah yang pekat dan manis ditambah potongan telur dan tempe goreng garing. Hmmmm, benar rasanya seperti makan nasi dengan semur daging guys. Manis gurih gitu. Enjoyable banget buat kamu yang suka semur daging. 


Kesemua menu di atas di jual seharga 15 RIBU saja per porsi lho! Wah, asik banget kan bisa makanan makanan khas Nusantara dengan harga terjangkau. Selain aneka nasi di atas, jangan lupa juga cobain Nasi Uduk Purawakarta, Nasi Rawon Surabaya, Nasi Rendang Padang atau Nasi Soto Bandung. Semuanya dijamin bikin perut kenyang, hati senang! 

Warung Sego Nusantara
Jalan Karapitan No. 44 A 
Bandung 
(sebrang Rumah Lezat Simplisio)
Jam buka: 5 sore - 10 malam (sampai habis)


No comments