7 Tips Mendekati Rusa di Ranca Upas, Ciwidey, Bandung


Nama Ranca Upas sudah sering aku dengar jauh sebelum sering ke Bandung. Lokasi wisata ini terkenal di kalangan kaum pecinta alam karena lokasinya memang berupa hutan terbuka yang dijadikan tempat berkemah a.k.a camping ground. Belakangan ini Ranca Upas makin terkenal bukan hanya karena lokasi camping-nya tapi penangkaran rusa-nya yang bikin orang berbondong-bondong kesana, plus jadi spot foto prewedding yang kece. Beberapa influencers juga aku lihat ada yang mengambil foto-foto kece mereka berlatar gunung dan hutan yang cantik. 


Wuih, jadilah aku pengen kesana kan sekalian ngenalin Arga sama rusa di tempatnya langsung. Kalau dari kota Bandung kita hanya tinggal naik tol menuju kota Soreang. Dari Soreang tinggal ambil arah ke Ciwidey. Sejak dibukanya tol Soreang, perjalanan dari tengah kota Bandung ke Ciwidey dapat ditempuh hanya dengan 1.5 jam saja dari sekitar 2,5 jam sebelum ada tol. Lokasi Ranca Upas atau Kampung Cai Ranca Upas berada disebelah kanan jalan, 100 meter setelah Kawasan Wisata Kawah Putih. Masuk Ranca Upas dikenakan biaya 20 ribu per orang saja. Area hutannya luas banget dan terhitung lengkap fasilitasnya , mulai dari camping ground dengan pemandangan langsung ke danau dan gunung, kolam renang mini, lapangan tembak, penangkaran rusa, dan warung-warung makan.


Penangkaran Rusa-nya sendiri lokasi-nya agak masuk ke area dalam dekat dengan area menembak. Untuk masuk kesini tidak dikenakan biaya lagi, cukup membeli pakan rusa berupa wortel atau kangkung seharga 10 ribu (kangkung dapat 3 ikat, wortel seikat isi 5). Area penangkarannya cukup luas dengan beberapa jenis rusa jantan dan betina, yang bertanduk dan tidak berkeliaran sebebasnya. Jumlahnya nggak banyak menurut aku sih, sepertinya hanya 1/2-nya dari populasi rusa di Istana Bogor deh. Mungkin karena penangkaran ini dikhususkan untuk rusa-rusa jenis tanduk yang besar-besar ya (kalau di Istana Bogor kan banyakan rusa kecil ya, CMIIW)


Nah, kemarin pas aku posting foto bersama rusa bertanduk yang lagi duduk manis nan syantiik di Instagram banyak banget yang nanya "kok bisaa?" "emang nggak diseruduk?" "kok bisa rusanya nurut dan diem di foto?" hahaha banyak pertanyaan lucu yang masuk ke komen sampai bingung jawabnya. Hmmmm, mungkin rusanya emang suka melihat cewek cantik jadi dia nurut aja sama aku hahaha *kidding. Sebenarnya nggak ada trik khusus sih hanya butuh sedikit usaha buat membuat rusa-rusa itu "berdamai" dan mau diajak foto sama kita. Berikut aku rangkum tips dan trik mendekati rusa di Ranca Upas berdasarkan hasil pengamatan dan pendekatan aku langsung sama mereka:

Rusa di Ranca Upas itu banyak tapi nggak semuanya berkelompok. Beberapa rusa bertanduk besar terlihat lebih senang menyendiri di pojokan *kasian nggak punya temen wkwkwk atau duduk-duduk manis di pinggir kubangan air. Diantara sekian banyak rusa, nggak kelihatan mana yang galak atau enggak. Menurut aku mereka sih nggak galak, tapi agresif kalau liat orang bawa pakan. 

1. SODORKAN PAKAN LANGSUNG DI DEPAN MUKANYA

Supaya Rusa mendekat ke kita sodorkan pakan-nya di depan mukanya TAPI jangan langsung depan mulut. Itu Rusa KEMARUK SUMPAH!! 🤣 Adik aku nyodorin seiket kangkung depan mulutnya langsung lah dilahap itu seiket!!  RAIB lah 10 ribu pertama (kebayang kan kalau kamu beli 10 iket x 10 ribu terus habis dalam 3 detik. si Mama langsung heboh pas melihat rusa-rusa tsb disodorin kangkung bisa langsung makan satu ikat hahaha, mendingan bawa kangkung sendiri dari rumah katanya hahaha). Begini contoh cara ngasih kangkungnya:


2. SODORKAN PAKAN PAKAI GAYA TARIK ULUR

Sodorin depan muka rusa pakan-nya pakai gaya TARIK ULUR macam kamu mau ngegaet gebetan yee kaan. Trik ini berhasil soalnya semakin kita ngiming-ngimingin itu rusa sama makanan, dia bakalan mendekat ke kita. Nah supaya lebih irit pakan, aku pakai trik ngasih kangkungnya satu batang per rusa (hahaha pelit banget, tapi kan daripada 1 rusa dikasih 1 iket, bisa-bisa 100 ribu habis buat pakan rusa, bisa buat bikin sayur kangkung 1 bulan itu dirumah hahaha jiwa ibu-ibunya keluar). Atau kalau pakai wortel potong jadi 2 aja. As simpel as that, si rusa tetap semangat kok melihat makanan yang kita tawarkan.



3. GET YOUR CAMERA READY

Saat berniat berfoto sambil ala-ala ngasih makan rusa, kamu juga harus bersiap dengan kameramu. Kalau bisa sih ya teman kamu yang pegang kamera. Jadi, pas rusa sudah mendekat dengan dua trik yang aku kasih di atas, saat mereka masih terlena dengan rayuan tarik ulur kamu, siapin deh kamera sampai itu rusa sudah mendekati kita dan hap! cekrek! jadi deh foto sama rusanya hehehe...


4. JANGAN LENGAH

JANGAN LENGAH sodara-sodara saat bawa pakan terutama kangkung yang terlihat "menjuntai-juntai". Rusa itu penciumannya tajam dan matanya jeli. Ngeliat kangkung menjuntai di tanganku aja, langsung dong aku dikejar 😁😁 (beneran dikejar guys dan aku ampe LARI!). Tips aku, jangan lari pas kamu dikejar karena itu rusa bakalan lari ngejar kamu juga (tapi ga kenceng sih larinya, I mean mungkin mengikuti terus bahasa halusnya haha). Pas dikejar, langsung umpetin pakannya. Pasti langsung nyerah deh itu rusa.


6. FOTO RUSA SAMBIL DUDUK

Ini sebenernya untung-untungan sih. Kalau kamu nyuruh rusa duduk rasanya mustahil. Tapi kalau kamu nyuruh Rusa lagi duduk terus diam ditempat BISA. Kebetulan aku ketemu rusa besar yang lagi malas-malasan,  terus aku deketin sambil di elus-elus. Ealaaaah murahan banget itu rusa di elus-elus manjyaah aja dia diem dan dapet deh foto manja-manjaan ama Rusa sambil duduk 😁😁 .


7. FOTO dengan KAWANAN RUSA

Gampang! Sebar aja pakan-nya sebanyak-banyak-nya di depan kawanan rusa. Niscaya mereka semua FREEZE tidak bergerak kemanapun. (Aku ngeliatin crew foto prewedding sih ini, mereka ngelempar potongan wortel kecil-kecil buat ngegiring rusa berkumpul di depan si calon manten hehehe). Nih contoh toto adikku dengan beberapa rusa di depannya. Sebelumnya aku lempar wortel kecil-kecil di bawah kaki adikku, dan semua rusa langsung berkerumun di dekat adikku hehehe...


Well, segitu aja tips singkat dari aku buat kamu yang berniat foto dengan rusa tapi masih merasa takut-takut. Semoga bermanfaat untuk menambah koleksi fotokamu sambil menutup tahun 2018 ini ya kan hihihi...Happy Holiday ya guys!

Kampung Cai Ranca Upas
Jalan Raya Ciwidey - Patengan KM 11
Patengan, Rancabali
Bandung, Jawa Barat
Telp: +62 227808996

6 komentar:

  1. Bolavita Agen Tangkas Online Terbesar & Terpercaya Di indonesia !!
    Promo Terbaik & Bonus CASHBACK Terbesar.. Setiap Minggu :)

    Game Terbaik:
    • Sabung Ayam • Togel Online • Bola
    • Casino
    • Tembak Ikan
    • Poker
    • SLOT (Play1628)
    • WM Casino

    Semua Dapat Di Mainkan Via Android & iOs !!
    Hanya di www(.)bolavita(.)fun

    Info Lebih Detail Dapat Berkunjung Kontak di bawah.
    BBM : BOLAVITA a
    WA: 0812-2222-995

    BOLAVITASPORTS PREDIKSI SKOR TERPERCAYA DAN TERAKURAT

    JADWAL SABUNG TERLENGKAP agen adu ayam terbesar sejak 2014

    ReplyDelete
  2. AYO Bergabung Bersama AJOQQ | Menawarkan Berbagai Jenis Permainan Menarik.
    1 ID untuk 8 Permainan Poker, Domino, Capsa Susun, BandarQ, AduQ, Bandar Poker, Sakong, Bandar66 ( NEW GAME!! )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    - Bonus Cashback 0.3%. Dibagikan Setiap hari SENIN
    - Bonus referral 20% SELAMANYA
    - Minimal Deposit dan Withdraw hanya 15 rb Proses Aman & cepat
    - 100% murni Player vs Player ( NO ROBOT )
    Pin BB: 58cd292c
    website : AJOQQ.INFO

    ReplyDelete
  3. Mencari Situs Judi Taruhan Ayam Terpercaya?

    Tenang saja, kini Agen BOLAVITA menyediakan Judi Taruhan Ayam yang sangat lengkap yang bisa Anda coba daftar dan mainkan.

    Daftar sekarang untuk dapatkan bonus new member 10% dan bonus setiap harinya 5%.

    Minimal Deposit dan Withdraw adalah 50.000.

    Permainan ini bisa dimainkan dimana dan kapanpun juga, baik di pc/laptop atau Handphone.

    Daftar sekarang juga di www.bolavita.ltd !!!!

    Baca juga =
    1. Cara Membuat Akun dan Bermain di Situs S128
    2. Promo Promo BOLAVITA

    Untuk info selanjutnya, bisa hubungi kami VIA:
    BBM : BOLAVITA / D8C363CA
    Whatsapp : +62812-2222-995
    Livechat 24 Jam

    ReplyDelete
  4. IONQQ**COM
    agen terbesar dan terpercaya di indonesia
    segera daftar dan bergabung bersama kami.
    p1n bb:*58ab14f5

    ReplyDelete

 
  • Eating Until Die © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes
    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...