Resep Mpasi 8m+ Pudding Oat Kabocha

Mulai usia 8 bulan, saya mencoba mengenalkan oat atau havermut kepada bayi saya. Sebenarnya oat sudah boleh diberikan kepada bayi sejak usia 6 bulan. Banyak pakar kesehatan menyebutkan kalau oat lebih baik daripada beras. Oat memiliki banyak sekali kandungan serat, zat besi, magnesium dan seng yang baik untuk pencernaan bayi sehingga cocok untuk mencegah sembelit atau membantu bayi yang sedang sembelit. Jenis oat pun ada beragam, ada yang instan dan ada yang dimasak terlebih dahulu. Kalau saya lebih suka memakai old fashioned rolled oat karena kandungannya serat-nya lebih tinggi dari oat instan. Karena tekstur rolled oat biasanya bijinya masih besar-besar, biasanya saya ngeblend ulang hingga menjadi agak halus. 


Oat untuk MPASI bisa diolah menjadi bubur oatmeal atau sebagai bahan campuran makanan lainnya. Kalau saya suka membuat cemilan dengan oat seperti Puding Oat Kabocha ini. Ini resep cemilan yang bisa buat sarapan juga karena oat cukup mengenyangkan. Alhamdulillah resep ini berhasil bikin #babySakha buka mulut dan abis 1/2 cup, sisanya sama dia dibuat mainan macam playdough ya lumayan hitung-hitung sensory play sekalian 😂
.
Bahan:
1/2 potong buah labu kabocha/butternut pumpkin
1 telur ayam kampung
30gr oat (2 sdm)
secukupnya keju cheddar parut/keju Belcube
sedikit cinnamon powder

Cara membuat:
- Potong dadu kabocha lalu kukus selama 20 menit
- Lumatkan kabocha sampai halus
- Blender oat menjadi tepung
- Kocok telur di wadah terpisah
- Lalu masukkan tepung oat, kabocha, dan telur aduk sampai rata
- Susun keju parut di bagian bawah cetakan aluminium foil, lalu tutup dengan adonan kabocha dan taburi keju parut di atasnya (punyaku jadi 3 cup). Saya pake Belcube dan karena keju ini sangat melted dan susah diparut jadi saya cuil-cuil kecil-kecil hahaha...jadinya jelek deh bagian atasnya 😂
- Taburi cinnamon powder sedikit aja buat menambah aroma
- Kukus selama 20 menit.
- Sajikan dalam keadaan hangat dan penuh cinta 🤩

No comments