Segarnya Es Teler & Kopyor 'Pak Min'



Mengobati ketidakpuasan saya akan makanan di Blok S beberapa waktu lalu, saya mencicipi lagu kuliner lain di sini yaitu es teler. Siang-siang terik nan panas, kawasan Blok S di hari Jumat terlihat tidak terlalu ramai. Ada sebuah gerai es teler terletak sebelum gerai Bakso Mustika yang pernah saya review sebelumnya. Gerai es teler ini seperti pada umumnya gerai di sepanjang Blok S berupa gerai terbuka dengan bangku dan meja panjang berwarna putih yang dilapisi dengan plastik lak berwarna hijau lengkap dengan gerobak es teler yang terpajang apik di sisi sebelah kiri gerai. Es Teler ‘Pak Min’ begitu orang menyebut gerai ini, yang memang dibuktikan dengan tulisan di Es Teler Pak Min di sebuah papan mika di atas gerai tersebut.




Gerai yang sudah berdiri sejak 25 tahun yang lalu ini digawangi oleh sepasang suami istri yang sudah terlihat berumur sekali. Sejak berpuluh-puluh tahun itu juga gerai ini tidak banyak perubahan kata si pemilik. Bentuk dan isi gerobak es-nya pun tidak jauh beda, bertuliskan menu-menu es yang dijual seperti kelapa, alpukat, kopyor, dan beberapa pajangan botol soda dan botol minuman ringan menandakan tidak ada menu yang berubah dari gerai es ini.




Gerai es ini memang mengkhususkan menunya berupa varian minuman dan yang paling terkenal disini adalah Es Kopyor dan Es Teler. Ada juga Es Alpukat, Es Kelapa, Es Teh Manis, Soda Susu, dan aneka minuman ringan seperti Teh Botol dan softdrink. 




Karena yang paling tersohor disini adalah Es Kopyor dan Es Telernya, maka saya memesan kedua menu tersebut.


Es Kopyor - 20K




Wuaahh…saya sudah lama sekali nggak makan es kopyor, yang saya tau es kopyor enak karena tekstur kelapanya. Namun, si Pak Min ini nggak hanya mengemas kopyornya menjadi yang paling enak, tapi air esnya juga enak bangeeet. Es kopyor ini terbuat dari campuran air kelapa kopyor, sirup Sarangsari rasa Moka, dan sedikit gula. Es yang disajikan di gelas tinggi ini menghadirkan sensasi manis susu dengan rasa moka yang begitu kental seperti rasa caramel. Benar-benar segar banget di tenggorokan saya plus manisnya pas! Bahkan ada sedikit rasa kopi terasa di lidah saya. Ditambah tekstur kelapa kopyornya yang empuk dan gerinjel-gerinjelnya itu lhoo yang bikin nagih, secara beda banget dari daging kelapa pada umumnya. SUPERB! MANTAB ENAKNYA!

Es Teler - 14K




This one is also the best! Okaay saya akui es teler di salah satu gerai es teler ternama dengan label angka dobel itupun kalah enak sama yang ini! Sumpah you have to try this es teler. Coba pandangin deket-deket gambarnya, bohong banget kalau nggak ngiler ngeliatnya hehehe….Seporsi es teler ini disajikan dengan mangkuk beling dan berisikan nangka, kelapa, dan alpukat. Kuahnya sendiri perpaduan gula merah dan susu. Rasa kuahnya itu yang nggak kalah enak sama si kopyor, manis gula merahnya pas dan sensasi segarnya berasa banget ditenggorokan. Belum lagi nangkanya yang nggak kira-kira porsinya. Wangi nangkanya itu lho yang ngegoda banget hehehe…sumpah ngiler ini saya nyeritainnya. Coba deh rasain sendiri sensasinya, eatersuntildiee!

Price

Harga yang ditawarkan di gerai ini variatif, menurut saya sih cukup mahal untuk kelas kaki lima namun rasanya worthed kalau melihat rasa dan porsinya, sih! Misalnya seporsi Es Teler dibanderol seharga Rp17.000, sedangkan Es Kopyor Rp20.000, es yang lainnya dibanderol mulai dari Rp3500 – 15.000. 

Service

Walaupun gerai kecil tapi penjualnya sangat ramah dan sigap melayani pelanggan lho! Bahkan si ibu pemilik gerai ini dengan baiknya menjelaskan pada saya ingredients si Es Kopyor yang saya Pesan dan menjawab segala pertanyaan saya tentang gerai ini dengan semangat hehehe…Es Kopyor dan Es Teler yang saya pesan pun nggak sampai 15 menit sudah terhidang di meja saya. 

So, buat Eateruntildiee yang haus akan minuman-minuman segar dan menggoda, nggak ada salahnya menjelajah Blok S buat menemukan varian es teler dan es kopyor yang tiada duanya!

Notes: entah mengapa harga buat saya menjadi masalah hehehe…karena ini pasarnya kaki lima, kalau orang yang sekedar mencari minuman dikala siang butuh kesegaran, harga segitu rasanya terlalu mahal, mending beli teh botol murah, tapi bagi orang yang memang tau kuliner enak itu harganya pasti setimpal dengan rasa mungkin saja tetap akan membayarnya. Ya, sebenernya sih tergantung selera masing-masing orang, Cuma kemahalan aja kalau kalau kelas kaki lima dihargai di atas 15 ribu. 


Es Teler 'Pak Min'


Area jajanan tenda makan kaki lima Blok S
Jakarta Selatan

2 comments

  1. Duh nulisnya bagus tapi ga pake alamat tempatnya ... -_-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dibagian bawah ada mas alamatnya hehe...di Blok S ini lokasinya..di deretan tenda2 jajanan Blok S

      Delete