Ayam Betutu khas Gilimanuk

Ayam Betutu khas Gilimanuk boleh dibilang sebagai makanan wajib dicoba saat mengunjungi Pulau Dewata Bali. Ya, walaupun cabangnya kini ada di Jakarta, namun saya tetap penasaran dengan masakan yang dimasak asli sama orang Bali-nya. Akhirnya, berbekal kesasar di sekitaran Kuta dan Tuban, saya menemukan resto ini yang ternyata lokasinya sangat kelihatan di pinggir jalan.

Resto Ayam Betutu khas Gilimanuk ini memiliki area yang sangat luas. Mungkin bisa menampung sekitar 100 pengunjung lebih. Interiornya sih siederhana saja. Cenderung seperti kedai tradisional dengan meja dan kursi panjang dari kayu. Suasananya sangat ramai dan panas, tidak ada AC sama sekali. Saking ramainya bahkan memanggil pelayan saja susah sekali.

Singkatnya, saya mencicipi Ayam Betutu dengan porsi setengah. Di resto ini kita bebas memilih ukuran ayamnya, bisa satu ekor, setengah atau seperempat ekor. Selang beberapa menit, masakan khas Bali itu sudah hadir di meja. Tipikal penyajian ayam betutu ini yaitu disajikan dengan plecing kangkung dan kacang sangrai serta sambal matah.

Saya terkejut saat melihat penampilan si ayam betutu ini yang garang dengan siraman bumbu yang mencolok. Ayam betutu ini disiram dengan bumbu genep (lengkap) yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe hijau dan merah, kunyit dan rempah-rempah lainnya yang luar biasa pedasnya! Tekstur daging ayamnya sendiri lembut dan empuk. Di ungkep sempurna sehingga bumbunya meresap sampai ke dagingnya. Sayangnya, saya sangat tidak menikmati karena pedasnya bumbu cabe hijau tersebut. Jadinya, hanya makan beberapa suap saja, setelahnya nyerah haha! Plecing kangkungnya juga biasa saja, hanya kangkung tumis yang sedikit pedas dan gurih, lumayan buat pengganti pedasnya si ayam betutu.


Selain ayam betutu ini, resto Ayam Betutu Khas Gilimanuk juga menyajikan aneka masakan berbahan dasar ayam seperti ayam goreng, ayam bakar, bebek betutu, sate lilit, nasi campur Bali, dll. Oh ya khusus untuk nasi campur Bali, ternyata mereka menjual hanya di pagi hari lho! Jadi jangan heran saat malam hari kesini kamu nggak bisa mencicipi nasi campur Bali khas restoran ini.

Harga makanan disini bervariasi, untuk ayam betutu sendiri per porsinya harganya juga berbeda. Untuk yang ¼ porsi harganya Rp24.000; ½ porsi harganya Rp30.000; 1 ekor Rp36.000. Sedangkan untuk makanan lainnya mulai dari Rp20.000 – 78.000.

Overall, rasa penasaran saya akan masakan Bali dengan bumbu khasnya tersampaikan walau tak terpuaskan, karena ah lagi-lagi I’m not a spicy food lover. Will be back someday buat nasi campur Balinya yang katanya tersohor juga, tapi mungkin nyobain yang di Jakarta saja ya hehehe….

Ayam Betutu khas Gilimanuk
Jl. Raya Tuban No. 2X
Kuta, Bali
Telp. (0361) 757535

3 comments

  1. Salam kenal, salam persaudaraan, dan salam persahabatan. Numpang lewat gan, apa kabarnya? Terima kasih artikelnya bagus Ayam Betutu khas Gilimanuk, harganya juga terjangkau, bikin laper lagi nih. Kalau ada waktu senggang silahkan berkunjung ke: OBYEKTIF.COM trims.

    Salam kompak:
    Obyektif Cyber Magazine
    (obyektif.com)

    ReplyDelete
  2. Hai obyektif magz, thanks for visiting...kabar saya baik masih suka makan pastinya hahaha....salam kenal!

    ReplyDelete