[TRAVEL REVIEW] VIETNAM #2 HALONG BAY TRIP

Letak Halong Bay

Halong Bay atau Teluk Halong merupakan salah satu UNESCO World Heritage Site yang terletak di Provinsi Quang Ninh, Vietnam bagian Utara sekitar 170 km pusat kota Hanoi atau kurang lebih 4 jam berkendara dengan mobil. Teluk yang dalam bahasa Vietnam berarti Teluk Naga yang sedang turun ini memiliki 1.969 pulau-pulau batu kapur yang menjulang spektakuler di laut dan sebagian besarnya memiliki gua dengan stalaktit dan stalagmit yang juga tak kalah menariknya. Saat ini Halong Bay sudah menjadi destinasi utama bagi setiap turis yang hendak ke Vietnam ditambah kini semakin banyak travel agent yang menawarkan paket trip dengan menginap di cruise mulai dari kelas bawah sampai kelas atas. Penjelajahan Halong Bay dapat dinikmati 2 hari 1 malam ataupun 3 hari 2 malam, untuk yang punya waktu terbatas one day trip pun bisa jadi cara yang singkat untuk sekedar mengunjungi situs warisan dunia ini.



Mata Uang

Mata uang yang dipakai di Vietnam pastinya Vietnam Dong atau VND. Nilai tukarnya sangat rendah, lebih rendah dari Rupiah. 1 Rupiah = 0, 45 VND. Usahakan menukarnya langsung di Vietnam, di pusat kota (jangan di bandara, lebih mahal) karena harganya lebih rendah dari di Indonesia. Di Indonesia, karena jarangnya mata uang ini, nilai tukarnya bisa mencapai 1 Rupiah = 0.75-0,95 VND

Perbedaan Waktu

Vietnam dan Indonesia untungnya tidak memiliki perbedaan waktu. Jadi kita serasa berada di Negara sendiri.

Visa

Untuk penduduk Indonesia, tidak diperlukan Visa untuk mengunjungi Vietnam.

Waktu Terbaik Kunjungan

Bagian Utara Vietnam termasuk Hanoi dan Halong Bay terbagi dalam dua musim, hot and rainy season antara April-September dan cool dry season antara Oktober – Maret. Waktu terbaik untuk mengunjungi Halong Bay tentu saat cool dry season karena di bulan ini temperature dan kelembaban udaranya lebih baik dari bulan-bulan lainnya, cuaca cerah dan anginnya juga tidak kencang. Di bulan September – Desember juga waktu paling baik karena sudah akhir domestic tourist season.


Cara ke Halong Bay

Saat ini sudah tersedia banyak maskapai dengan direct flight Jakarta-Hanoi seperti Vietnam Airlines, Garuda Indonesia, atau Malaysian Airlines dengan harga tiket yang cukup mahal untuk return-nya sekitar 5-10 juta. Untuk yang ingin bakpacking, pilihlah budget airlines seperti Air Asia atau Jetstar hanya saja harus ke Ho Chi Minh City dulu kemudian disambung dengan penerbangan dengan pesawat yang sama. Dengan budget airlines Anda bisa mendapatkan harga tiket murah mulai dari 900 ribu – 1,5 juta in return. Dari Ho Chi Minh City ke Hanoi pun harganya hampir mirip sekitar 1 – 1,5 juta in return dengan waktu tempuh masing-masing dua jam perjalanan.

Dari No Bai International Airport, Hanoi menuju pusat kota Hanoi dapat menggunakan taksi atau mobil jemputan dari hotel. Ada beberapa reliable taxi seperti Airport Taxi (873 3333), Hanoi Taxi (853 5353), Mai Linh Taxi (822 2666), dan Taxi CP (824 1999). Anda akan dikenakan USD10-USD12 untuk menuju pusat kota Old Quarter dimana mayoritas turis tinggal. Ada juga bus local tapi sangat tidak disarankan untuk turis karena rute-nya yang berputar-putar dan penuh sesak dengan orang local apalagi Negara ini terkenal dengan scam city-nya. Lebih baik menggunakan taksi atau minta hotel Anda untuk menjemput dengan biaya biasanya USD10-12.


Semua keberangkatan ke Halong Bay baik dengan jasa travel atau bus akan dimulai di pagi hari, biasanya pukul 8. Jadi, jika penerbangan Anda tidak pagi-pagi sekali, kemungkinan Anda akan bermalam di Hanoi sebelum esoknya berangkat ke Halong Bay. Ada beragam pilihan hotel dan hostel di pusat turis Old Quarter. Salah satu hostel yang terkenal reliable dengan fasilitas bintang 3 adalah Little Hanoi Hostel  di Hang Ga, Le Thai To dan Bat Dan Street. Harga per malam-nya untuk kamar double USD11 per orang sedangkan untuk dormitory USD6 per orang. Untuk hotel-nya bisa coba Royal Palace Hotel di Quan Su Street dengan rate USD13-25 per orang.

Sementara, dari Hanoi ke Halong Bay sangat disarankan menggunakan jasa travel karena akan lebih murah biayanya. Anda bisa mencari paket trip Halong Bay di berbagai situs operator wisata ataupun di operator wisata yang tersedia diseantero Hanoi atau paket trip di hotel Anda menginap. Biasanya paket trip tersebut sudah termasuk penjemputan Anda di hotel menginap di Hanoi dengan bus ataupun mobil khusus travel serta kapal yang akan digunakan untuk berkeliling Halong Bay ataupun bermalam disana.

Bagaimana Memilih Paket Trip dan Cruise untuk Menikmati Halong Bay

Sangat disarankan jika Anda memang punya cukup waktu, ambilah paket bermalam di Halong Bay baik 2D1N atau 3D2N karena jika hanya mengambil one day trip Anda hanya akan menghabiskan waktu dan tidak bisa mengunjungi banyak tempat karena waktunya sangat terbatas. Biasanya paket trip 1 day hanya berlangsung sekitar 4 jam di Halong sisanya lama diperjalanan. Untuk paket 1 day trip Anda lebih baik memesannya langsung di hotel Anda menginap atau di berbagai tour & travel operator seperti The Sinh Tourist. Jenis kapal pun biasanya hanya kapal junk sederhana dengan harga mulai dari USD20-45 plus makan siang yang biasanya buffet seafood ala kadarnya.

Untuk paket tur bermalam dengan cruise yang paling pertama harus dicari dan dipilih adalah jenis kapalnya. Karena pada setiap jenis kapal sudah termasuk paket tur keliling Halong Bay dengan tujuan wisata yang bervariasi tiap kapal. Kapal atau cruise yang melintasi Halong Bay ada banyak sekali mulai dari USD80 hingga USD400 per orang untuk 2D1N atau 3D2N. Beda harga murah dan mahalnya tergantung pada ukuran kapalnya. Biasanya yang murah terbuat dari kayu dan jumlah kamar sedikit sekitar 5-10. Makannnya juga tidak sepenuhnya di kapal, biasanya akan dibawa ke resto dalam perjalanan ke Hanoi, sedangkan kapal yang mahal terbuat dari paduan besi dan kayu dan jumlah kamarnya sekitar 20-30 dengan makanan full course di kapal bahkan ada light snacks setiap kali penumpang selesai mengunjungi salah satu objek wisata.


Saran saya dalam memilih kapal, jangan sekedar cari yang murah karena ada rupa ada harga. Pilihlah minimal cruise yang 3 star jika bujet Anda terbatas, jika bujet Anda berlebih bisa upgrade ke kapal 4 atau 5 star. Kapal 3-5 star biasanya memiliki kabin di atas 6, malah ada yang hingga 32 kabin dan rata-rata memiliki dek banyak antara 3-4 dek, 2 lantai untuk kamar, 1 lantai untuk ruang makan, dan 1 lantai lagi untuk viewing gallery atau ruang duduk santai. Kesemua kapal tersebut sudah termasuk paket tur mengunjungi tourist attractions yang bervariasi seperti Sung Sot Cave atau Ti Top Island, mobil atau bus antar jemput dari dan ke , guide berbahasa Inggris serta tambahan fasilitas lain seperti kayaking atau swimming di spot-spot tertentu.

Untuk memesan paket tur tersebut gunakanlah operator tur dan travel yang terpercaya dan ada baiknya dipesan sebelum Anda sampai ke Vietnam karena menurut saya harganya sama saja. Jika, memang Anda menemukan yang lebih murah di hotel Anda, pastikan mereka memeliki footo-foto kapal yang lengkap sehingga Anda punya gambaran seperti apa kapal yang akan Anda tumpangi.

Website operator tur dan travel yang terpercaya salah satunya www.vietvaluetravel.com atau www.thesinhtourist.vn.  Disana tersedia gambaran lengkap tentang kapal yang dapat Anda pilih mulai dari bintang 3-5 ataupun kapal untuk one day trip dan harganya pun paling murah even dari harga kapal di website resminya. Kapal-kapal yang recommended biasanya juga dapat dilihat dari website-nya yang well-maintenance seperti Bhaya Cruise, Victory Star, Indochina, Oriental Sails, Halong Phoenix, dll. Saat saya mengunjungi Halong Bay, saya memesan cruise melalui website vietvaluetravel.com, staff-nya sangat helpful bahkan sampai saat saya bangun pagi di hotel pun saya di sms agar tidak kesiangan karena tim penjemput akan menjemput saya di hotel pagi-pagi hehe. Saya menggunakan Oriental Cruise 3 star dengan 10 kabin dan 3 dek, pelayanan dan fasilitasnya sangat lumayan untuk harga USD99 per orang. Tripnya mengelilingi Halong Bay, mengunjungi fishing village, Sung Sot Cave, Ti Top Island, dan kayaking di depan Sung Sot Cave. Fasilitas kamarnya lengkap seperti hotel bintang 3, semua amenities disediakan, makanannya pun enak dan cocok dengan lidah Indonesia.

Rekomendasi Jenis kapal dan Operator Tur & Travel

Berikut saya pilihkan beberapa jenis kapal dan tur & travel terpercaya yang bisa jadi pertimbangan Anda jika ingin bermalam di Halong Bay. Anda bisa langsung cek di website-nya masing-masing tapi saran saya booking-lah melalui travel karena harganya jauh lebih murah daripada booking di website resmi cruienya.

Cruise 4-5 Star
- Victory Star www.victorystarcruisehalong.com
- Paradise Luxury Cruise www.paradisecruises.vn
- Indochina Sails www.indochina-junk.com
- The Au Co www.aucocruises.com
- Treasure Junk www.treasure-junk.com

Cruise 3 Star
- Oriental Sails www.orientalsails.com
- Halong Phoenix Cruiser www.halongphoenixcruiser.com (available 1 day trip)
- Huong Hai Junks www.huonghaijunks.com

Cruise for 1 day Trip
- Bai Tho Junk www.baithojunk.com

Operator Wisata
- Viet Value Travel www.vietvaluetravel.com
- The Sinh Tourist www.thesinhtourist.vn
- Indochina Travel www.indochinalegend.com
- South Pacific  http://www.southpacifictravel.com.vn (untuk 1 day trip)


Makanan

Makanan yang wajib Anda coba saat mengunjungi Vietnam pastinya mie beras yang terkenal-nya yang disebut Pho. Jika punya waktu sebelum ke Halong, Anda bisa mencicipinya di berbagai kedai pinggir jalan yang katanya lebih enak dibanding di restoran, harganya pun lebih murah namun kebanyakan non halal. Cicipi juga Spring Roll yang jadi cemilan khas negara ini. Kalau mau lebih simple, ada banyak fastfood seperti KFC atau Lotteria tersebar di Old Quarter dekat Hoan Kiem Lake. Namun, jika Anda memutuskan stay di kapal, Anda pasti akan menikmati makanan yang disediakan di kapal dan mayoritas seafood, tapi ada juga cemilan seperti Spring Roll khas Vietnam dalam menu mereka. Mayoritas masakan Vietnam masih masuk di lidah orang Indonesia, kok. Jadi tenang saja Anda tak perlu takut soal makanan disini.

A Little Story about Some Interesting Places in Halong Bay

Halong Bay, Tempat Bersemayamnya Para Naga

Alkisah di jaman dahulu, bangsa Vietnam yang tengah terancam oleh pasukan Cina, memanjatkan doa, memohon keselamatan. Para dewa di surga yang mendengar doa mereka lalu mengirimkan naga-naga ke Bumi. Naga-naga tersebut kemudian memuntahkan batu-batu zamrud dan permata ke dalam laut. Batu-batu tersebut secara ajaib tumbuh menjadi pulau-pulau kecil yang menjulang tinggi, menciptakan benteng alam yang menahan laju armada Cina. Setelah berhasil melaksanakan tugas tersebut, naga-naga itu memutuskan untuk menetap di wilayah perairan yang kini disebut Halong Bay.

Sepenggal kisah unik tersebut makin membuat saya seolah mengunjungi makam para naga tersebut saat melintasi bebatuan menjulang disepanjang Halong Bay yang rupanya memang menyerupai bentuk punggung naga yang sedang turun ke bumi. Disepanjang deretan bukit kapur yang menjulang tersebut juga banyak bukit kapur terpisah yang mempunyai bentuk unik hingga diberi nama unik pula, seperti Fighting Cock, bukit kapur yang bentuknya mirip seperti dua ayam sedang bertarung sambil saling mematuk; Incense Burner, bukit kapur yang dindingnya seperti hangus terbakar; atau Dog Rock yang dinding batu kapurnya menerupai seekor anjing. Saat saya kesini dibulan April, cuaca sedang sangat berangin dengan kelembapan cukup tinggi namun tidak hujan. Kabut cukup tebal menyelimuti sore hari sehingga saya tidak bisa melihat sunset disini. Untungnya, meskipun lembab dan dingin, di siang hari cuaca tetap cerah sehingga saya bisa puas memandangi indahnya dinding batu kapur tersebut yang membuat saya seolah dibawa masuk ke dunia lain hihihi…


Desa Terapung

Selain berkeliling Halong Bay, paket-paket trip yang tersedia juga akan membawa wisatawan ke spot-spot wisata tertentu yang ada disini, salah satu yang unik adalah mengunjungi Ba Hang Fishing Village. Di desa ini penduduknya memang tinggal dirumah apung, mereka tinggal, bekerja hingga sekolah disini. Mata pencaharian penduduknya rata-rata nelayan dan penjual makanan dengan cara menjajakan makanannya dengan perahu kepada kapal-kapal turis yang melintasi Halong Bay.


Sung Sot Cave

Sung Sot Cave atau Cave of Surprises merupakan gua terbesar di Halong Bay. Gua ini berlokasi di Bo Hon Island. Menurut sejarah, gua ini mendapatkan namanya dari seorang laksamana Prancis yang terkejut akan ukuran gua ini saat ia menemukannya. Untuk mencapai gua ini, pengnjung diharuskan menaiki sekitar seratus anak tangga batu. Gua ini memiliki dua chamber . Chamber pertama mirip dengan ruang teater besar dengan beribu stalaktit menggantung tinggi di langit-langit gua. Untuk mencapai chamber kedua, kita diharuskan melewati lorong sangat sempit yang hanya muat untuk satu orang. Sisanya, sepanjang menelusuri gua dengan ketinggian 30 meter dan luas 10.00 m2 ini, Anda akan disuguhkan dengan bukti dari penciptaan alam yang spektakuler selama jutaan tahun yang lalu. Yang membuat gua ini semakin menakjubkan adalah tata cahaya lampu yang berbeda disetiap sudut yang membuat seolah-olah bebatuan di gua ini memiliki warna seperti hijau, merah, kuning, ungu dan jingga.


Di beberapa operator wisata, Anda akan ditawarkan fasilitas kayaking di depan gua ini. Suasananya yang teduh karena tertutupi beberapa batuan tinggi dan hijaunya air Halong Bay membuat acara kayaking menjadi sangat mengasyikkan. Saya sendiri yang baru kali ini kayaking langsung kegirangan mendayung perahu kayak yang hanya muat dua orang. Senang rasanya bisa membawa diri saya ke tengah-tengah pulau yang berudara sejuk, berair hijau dan tenang sambil menikmati lebih dekat dinding-dinding kapur Halong Bay yang misterius itu.


Mendaki Ti Top Island

Untuk mendapatkan salah satu spot fotografi landscape Halong Bay terbak, pilihlah operator wisata yang memasukkan Pulau Ti Top atau Ti Top Isalnd ke dalam program wisatanya. Pulau ini memiliki pasir berwarna putih kekuningan yang sangat halus dan menara pandang 360 derajat dipuncaknya yang harus dicapai dengan mendaki kurang lebih 500 anak tangga! Lelahnya pendakian langsung terbayar lunas saat saya berada di puncak Ti Top. Landscape Halong Bay yang cantik, hijau dan misty terhampar dengan indahnya di depan saya ditambah dengan beberapa kapal yang melintas disini, ah rasanya seperti berada di Raja Ampat, Indonesia. Trust me you don’t want to miss this!


Tips Penting
·  Di kapal, minuman tidak termasuk dalam paket makan. Jadi, kita harus bayar minum lagi. Untuk menghemat, bawalah air mineral dari luar dan masukkan kedalam ransel. Karena ada beberapa kapal yang menerapkan sistem charge jika pengunjung ketahuan membawa minuman dari luar. Jika biaya sangat terbatas dan nggak membawa air mineral sendiri, pilihlah teh manis atau air mineral di kapal, harganya sekitar USD1-2 daripada tidak minum sama sekali hehe…
·      Siapkan uang untuk memberi tip kepada awak kapal dan guide. Jumlahnya tergantung keikhlasan masing-masing, tapi normalnya untuk awak kapal dan guide sebesar USD3-5.
·   Bawa jaket juga disarankan karena meskipun dalam dry cool season, angin Halong Bay tetap membuat badan menggigil.
·    Diperjalanan menuju Halong Bay, operator wisata akan membawa kita untuk beristirahat sejenak di sentra kerajinan tangan khas Vietnam yang mayoritas handicraft-nya merupakan buatan para korban perang Vietnam. Jika Anda tak berniat belanja atau tak mempunyai uang banyak, jangan berbelanja souvenir atau makanan disana. Karena harganya sangat mahal sekali. Lebih baik beli souvenir di pusat kota Hanoi, toh barang dan kualitasnya sama saja.
·      Sebelum memilih operator wisata, baik di website atau di hotel, pastikan mereka menyediakan guide yang benar-benar bisa berbahasa Inggris. Karena meskipun beberapa guide bisa berbahasa Inggris, mereka tetap menggunakan dialek Vietnam yang justru membuat turis nggak mengerti dia mengucapkan kata apa. 
·    Pastikan juga operator yang Anda pilih menjemput dan mengantarkan Anda kembali tepat di depan hotel Anda menginap.
·   Makanan di kapal baik yang one day trip atau bermalam mayoritas seafood, mintalah pada operator wisata untuk tidak menyediakan makanan yang pantang bagi Anda, misalnya jika Anda alergi udang, bilang saja pada operator atau guide bahwa Anda tidak makan udang. Biasanya sih, guide yang benar itu akan menanyakan kepada setiap peserta tur makanan apa saja yang menjadi pantangan mereka.
·    Jika ingin lebih private dan jauh dari keramaian, pilihlah kapal yang memiliki itinerary berlayar ke Bai Tu Long Bay. Bai Tu Long Bay merupakan teluk di sebelah selatan Ha Long Bay, hanya saja operator wisata/kapal yang berlayar kesini hanya beberapa, seperti Treasure Junk atau Bhaya. Rute ke Bai Tu Long Bay lebih sepi dari kapal-kapal turis normal yang melewati Halong Bay. Biasanya operator yang berlayar kesini juga memasukkan Cat Ba Island sebagai tempat kunjungan dimana disana terdapat resort dan pantai pasir putih yang cantik.


9 comments

  1. Richard Sylvain Insamodra4 July 2014 at 19:20

    Nice treat, bro.. Helpful banget buat gw karena emang rencanya mau kesana bulan Agustus ini sama tunangan :)
    Mau nanya sedikit nih bro.. Gw kayaknya mau pake jasanya Indochina.. sarannya lebih baik booking on the spot ya daripada booking by online?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas, maap banget udah jarang buka blog karena lagi hamil sibuk sama kehamilan jd jarang update...

      jujur nggak ada info apakah lebih baik via on the spot atau online, hanya saja dari hasil review aku di beberapa travel advisor lebih better booking online. saya waktu ke Halong jg booking kapalnya via online dan semuanya baik-baik saja, apalagi kapal sekelas Indochina, udah pasti terpercaya kok...better sih online biar gak ribet dan kebagian kamar kali yah hehehe...

      Delete
    2. bulan agustus itu musim apa ya cuacanya?

      Delete
  2. tambahan, saya kemarin pakai kapal Oriental Cruise yg saya pesan dari www.vietvaluetravel.com, harganya lebih murah daripada situs sejenis atau situs yg punya kapalnya menurut saya dan staffnya sangat helpful banget! monggo dicek deh...indochina jg bisa dipesan lewat situs ini kok...

    ReplyDelete
  3. what a great place , nice . im going to there , only a few hours from my place

    ReplyDelete
  4. mas mau tanya dong, itu aku liat ada paket 88 usd uda sama antar jemput dr hotel ga yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah yg mana ya?setau saya sih hampir semua paket cruise itu ada antar jemput hotel. Saya juga dulu ambil Oriental Cruise USD99 dapet antar jemput hotel

      Delete
  5. halo mbak,

    aku read ini di tahun 2018, aku suka tipsnya yang harus cari travel yg ke ti top island, itu ga semua travel kesana ya mbak ? kalo misalnya mau one day trip bisa kesana juga ga ya ? kalo kayaking itu udah pasti semua ya ? thank youu

    ReplyDelete
  6. Salam kepada semua warga negara Indonesia dan seluruh ASIA, nama saya Ny. Ririn Syafrida, tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia, Malaysia, dan seluruh Asia, terutama saudara dan saudari Indonesia untuk Berhati-hatilah dengan pemberi pinjaman di internet, Allah benar-benar mendukung saya melalui ibu yang baik, Ibu Carmela Pedro

    Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp14.755.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda setelah membayar beberapa biaya dan tidak mendapatkan pinjaman.
    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Carmela, yang merupakan Direktur sebuah perusahaan TEXCO, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari Ny. Carmela, jadi saya mengumpulkan keberanian dan hubungi Ny. Carmela.
    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp850.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan melalui transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp850 juta. Saya sangat senang bahwa Allah akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya.
    Mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.

    Semoga ALLAH memberkati Ny. Carmela Pedro untuk membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ny. Carmela melalui email: (carmelapedro24@gmail.com) untuk pinjaman Anda atau melalui nomor WhatsApp: +1-585 -326-2165

    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai hasrat egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, mohon berhati-hati terhadap orang-orang ini.

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati dalam hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Allah akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya Ririn Syafrida, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut via email saya: ririnsyafrida4@gmail.com

    ReplyDelete